LINGKAR WARNA: " rumah minimalis " sebuah dilema ke - arsitektur - an!!! " rumah minimalis " sebuah dilema ke - arsitektur - an!!! ~ LINGKAR WARNA -->

Tuesday, September 29, 2015

desain maksimalis

desain maksimalis
Arsitektur secara umum berbicara mengenai bangunan dari sisi engineering, fungsi dan estetika. Kata arsitektur sendiri merujuk kepada bidang yang lebih luas sehingga perlu di bagi lagi untuk memudahkan dalam mempelajarinya. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai arsitektur kaitannya dengan rumah dan minimalis.




lihat juga
PENTING! ARSITEK BIASAKAN BEKERJA DENGAN KONTRAK KERJA
ENTREPRENEUR ARSITEKTUR
ARSITEK MAKASSAR JASA DESAIN RUMAH GRATIS
SIPTB ( Surat Izin Perencana Teknis Bangunan)
PAMERAN INDOBUILDTECH MAKASSAR
DISKUSI ARSITEK MAKASSAR
STANDAR BIAYA PERENCANAAN RUMAH TINGGAL IAI SULSEL
PORTAL BERITA ARSITEKTUR MAKASSAR
ARSITEK MAKASSAR BANGKIT DAN HADIR BERKARYA
ARSITEK MAKASSAR MEMULAI KEBIASAAN POSITIF 
TAHAP DEMI TAHAP MENDIRIKAN BIRO ARSITEK BERBADAN HUKUM
CERDAS MENYIKAPI UNDANG UNDANG ARSITEK
SALAHKAH MEREKA YANG COPY PASTE 

Ada beberapa hal yang dengan sendirinya akan selalu terasosiasikan dengan arsitektur itu sendiri, baik di sengaja maupun tidak di sengaja. Misalkan kata "rumah" maknanya sangat luas dan tidak selalu terasosiasikan dengan arsitektur, bisa saja dengan permasaalahan lain, atau kata "minimalis" sebagaimana kata rumah maknanyapun sangat luas tidak selalu terasosiasikan dengan arsitektur itu sendiri, tetapi apabila kedua kata ini di sandingkan menjadi "rumah minimalis" maka mau tidak mau, sengaja atau tidak sengaja maka kata ini akan terasosiasikan dengan Arsitekur itu sendiri, seperti juga yang lainnya misalnya rumah klasik, rumah mediteranian, rumah modern dan yang lainnya akan otomatis terasosiasikan dengan arsitektur. Apasih maksudnya terasosiasikan? terasosiasikan maksudnya kata kata kunci ini mau tidak mau akan mewakili definisi definisi arsitektur kepada halayak ramai.

Emhh baiklah! terus ada apa dengan itu? apakah ada yang salah? saya pikir itu oke-oke saja!!!

Tidak ada yang salah dengan itu!!! yang salah adalah ternyata kata-kata tersebut dewasa ini tidak lagi mewakili definisi definisi arsitektur dan menyebabkan kesalahan konsepsi mengenai rumah seperti apa yang seharusnya di sebut minimalis? lets put this in context

silahkan pergi ke google, ketikkan kata kunci rumah minimalis, dan lihat apa yang mewakili kata itu dewasa ini, mengagumkan!!! hahahaha ternyata tidak satupun yang menjelaskan secara arsitektural tentang apa yang di maksud dengan rumah minimalis itu sendiri!! sebuah fakta tapi itulah yang di konsumsi oleh masyarakat kita dewasa ini.  Menurunkan nilai profesi arsitek?? yah absolutly ini menurunkan nilai profesi secara langsung maupun tidak langsung.

Selanjutnya kurang arif kiranya  saya tidak membahas mengenai definisi rumah minimalis dari sudut pandang saya pribadi sebagai seorang arsitek dari apa yang saya dapatkan selama berkuliah arsitektur dan berpraktek secara profesional.

Yang pertama. minimalis berarti minim dari segi bentuk, konsekuensinya adalah penggunaan detail  profil, lekukan bangunan, penebalan dinding dan permainan permainan bentuk yang sifatnya dekoratif belaka di minimalkan penggunaannya.

Yang kedua. minimalis berarti minim tekstur dan warna, desain minimalis sejatinya menggunakan maksimal dua jenis pelapis dinding sudah termaksud cat dan teksture, penggunaan tiga jenis bahan pelapis bisa di toleransi dengan batas batas kuantitas tertentu.

Yang ketiga. minimalis bisa berarti minim biaya atau mudah dalam pelaksanaan konstruksinya.

Yang keempat.  minimalis berarti minim maintenance dalam artian mudah dalam maintenance

Pada kesempatan ini kami mengajak rekan rekan!! Ayok rebut kembali definisi-definisi yang terasosiasikan dengan profesi arsitektur!!! caranya sangat mudah, gemar menulis dan membahas item item tersebut diatas atau yang lainnya, publish and share just it.

Akhirnya demikian dahulu pembahasan kita kali ini,semoga bermanfaat!! jangan lupa untuk like and share, ini mungkin bisa menjadi langkah awal untu kita bersama. (cnk)




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days