LINGKAR WARNA: Menyeruak lagi! tahukah kita gedung gedung tertinggi di dunia itu menyisakan masalah?? Menyeruak lagi! tahukah kita gedung gedung tertinggi di dunia itu menyisakan masalah?? ~ LINGKAR WARNA -->

Thursday, November 12, 2015

Burj khalifa dan U.S Bank tower adalah dua bangunan yang memiliki permasalahan tersebut paling besar. Bangunan tidak lagi di buat untuk mewadahi aktifitas manusia sebanyak mungkin tetapi bangunan telah di buat bagaimana agar bisa setinggi mungkin. Bagian lantai lantai teratas bangunan ini di buat agar bagaimana bangunan bangunan ini bisa setinggi mungkin dan sayangnya tidak pernah digunakan. 

ilustrasi: image courtesy by kingdomtower






Council of tall buildings and urban environments “CTBUH”sebuah organisasi non profit telah memantau bangunan bangunan tinggi ini, baru saja telah merilis data tentang ruang ruang yang tidak di gunakan pada gedung gedung tinggi.

image courtesy by dailymail

Mereka menyimpulkan bahwa gedung gedung tertinngi tersebut tidak seharusnya begitu tinggi jika mengikuti aktifitas fungsinya. Dengan ketinggian 830 meter, sebagian besar ruangannya tak ber isi, bahkan sampai dengan ketinggian 244 meter. Jika ketinggian 244 meter ini dipisahkan menjadi satu bangunan gedung yang baru, gedung tersebut masih masuk dalam 11 besar gedung tertinggi di eropa.

image courtesy by architectureadmirers

Tidakkah kita menyadari ada sebuah permasalahan yang pelik di situ?? sebagai seorang arsitek tentu ini sebuah pilihan yang sulit bagi sebagian orang, namun mungkin cukup mudah bagi sebagian lainnya. Ada sebuah loyalitas terhadap profesi di situ tapi disisi lain ada sebuah kebanggaan. Tidak perlu pada desain bangunan tinggi di dunia, anda akan di pertemukan dengan kondisi kondisi seperti ini selama berpraktek profesi. Bagi sebagian arsitek sulit di putuskan bagi sebagian lainnya cukup mudah, pertanyaannya bagaimana dengan kita??





Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days