LINGKAR WARNA: Sebentar lagi bandung mungkin akan memiliki sungai cantik dan alami seperti pada tiga negara ini!!! Sebentar lagi bandung mungkin akan memiliki sungai cantik dan alami seperti pada tiga negara ini!!! ~ LINGKAR WARNA -->

Sunday, December 27, 2015

Bukan tidak mungkin, optimisme ini bisa tercapai mengingat sang "arsitek" kota bandung sekarang adalah seseorang yang bisa sangat di percaya untuk mewujudkan mimpi tersebut. Sebagai seorang arsitek saya penulis pikir tidak ada yang meragukan bapak yang satu ini Ridwan Kamil dapat mewujudkan hal tesebut. Melihat arah dari perencanaan kota bandung secara awam dapat kita pahami hal ini bisa saja akan segera terwujud, insya allah!!

image courtesy by cleanthames


Yang pertama. Cheonggyecheon River di Seoul, Korea Selatan di desain oleh SeoAhn Total Landscape, selesai di kerjakan tahun 2005 

Sebelum menjadi tempat berinteraksi sosial paling utama bagi masyarakat korea di tahun 2005, sungai ini memiliki tingkat polusi yang sangat tinggi , di mana airnya tercampur dengan air air limbah gedung di sekitarnya. Mengalir membelah kota, kiri kanan sungai ini memiliki elevasi yang lebih tinggi terhadap sungai sehingga area ini kurang terlihat dan di perhatikan.


Revitalisasi sungai ini di lakukan sepanjang kurang lebih 11 km, desainnya tidak hanya di tujukan untuk membenahi sungainya tetapi juga mengajak kembali masyarakat kota Seoul untuk memiliki hubungan interaksi dan emosional terhadap sungai ini.

Yang kedua. Manzanares river di Madrid, Spanyol di desain oleh West 8, selesai di kerjakan pada tahun 2011


Sebelum selesai di kerjakan pada tahun 2011, Manzanares river di selimuti oleh jalan jalan dengan tingkat keramaiaan yang sangat tinggi sehingga sangat sulit untuk mengakses sungai tersebut. Desainnya bertujuan untuk mengkreasikan kembali akses tersebut, yang tadinya sangat sulit di dapatkan menjadi lebih mudah dan tertata dengan sangat baik, arsiteknya memastikan agar sungai ini kembali memiliki peranan penting bagi kota tersebut.

Desain lampu kreatif berbentuk awan  
3D dan Arsitektur
Stadion nasional jepang 2020 oleh Zaha Hadid
Kata arsitek Renzo Piano
Pemikiran sederhana presentasi dan negosiasi

Yang ketiga. Seine river “Berges de seine” Paris

image courtesy by parismamanetmoi
Paris merupakan salah satu kota terpadat di dunia, dan UNESCO telah memasukkan kawasan sepanjang Seine River menjadi salah satu warisan kebudayaan dunia. Di era 60 an kawasan sepanjang sungai ini di gunakan sebagai koridor mobil nanti pada tahun 2001 pemerintah setempat memperkenalkan cara sementara untuk mengembalikan sungai tersebut menjadi bagian terpenting bagi kota sebelum akhirnya menjadi seperti sekarang ini.

Lingkar Warna Indonesia
Sayembara desain arsitektur terbaru 2016
Undang undang arsitek
Desain guest house modern minimalis
Desain masjid mungil minimalis


Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days