LINGKAR WARNA: Sayembara desain gedung wayang orang Sayembara desain gedung wayang orang ~ LINGKAR WARNA -->

Wednesday, October 05, 2016


05 oktober 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sayembara desain gedung wayang orang

Latar Belakang

Sesuai Perda no 1 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Surakarta, ditetapkan kawasan Sriwedari sebagai Kawasan Strategis Sosial Budaya. Taman Sriwedari adalah sebuah ruang publik yang memiliki nilai historis. Letak Taman Sriwedari sangat strategis karena berada di tepi Jalan Brigjen Slamet Riyadi yang merupakan pusat aktivitas dan kegiatan Kota Surakarta. Taman Sriwedari dibangun atas perintah Pakubuwono X dan mulai berfungsi sejak tahun 1901 hingga saat ini. Tujuan awal pembangunan Taman Sriwedari adalah sebagai tempat rekreasi yang penuh dengan unsur–unsur kesenian dan kebudayaan serta peristirahatan bagi keluarga kerajaan yang terinspirasi dari mitos keberadaan sebuah taman di surga. Hingga saat ini, Taman Sriwedari menjadi salah satu aset Kota Surakarta karena memiliki nilai historis dan nilai budaya yang tinggi.Taman Sriwedari juga dapat dikatakan sebagai ruang budaya di Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

image courtesy by surakarta

 



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

Pada dokumen Perencanaan Kawasan Strategis Taman Sriwedari Kota Surakarta oleh BAPPEDA 2015, fasilitas yang perlu dibangun kembali adalah Gedung Wayang Orang. Gedung Wayang Orang menjadi salah satu bangunan penanda dimana terdapat pementasan wayang orang yang rutin dilakukan untuk melestarikan budaya yang ada. Kondisi terkini bangunan tersebut sudah saatnya untuk dilakukan pembaruan mengingat secara fisik sudah terdapat banyak kerusakan.

Berdasarkan kondisi tersebut agar pengalokasi anggaran lebih bermanfaat untuk jangka panjang maka kegiatan pementasan wayang orang harus diwadahi kembali dengan gedung baru yang lebih representatif. Gedung baru tersebut direncanakan tidak hanya menampung kegiatan Wayang Orang tetapi juga pertunjukan seni yang lain.

Ribuan orang lainnya juga meng-KLIK informasi ini:
Sayembara desain masjid surakarta 
Sayembara desain gedung convention dan expo
18 ide desain pintu pagar rumah minimalis 
Inspirasi pagar dengan tanaman 
Memanfaatkan batu sebagai pagar rumah

Jadwal Sayembara

Pendaftaran : Rabu, 5Oktober2016s/dJum’at, 11 November 2016
Penjelasan Sayembara (aanwijzing) : Rabu, 12 Oktober 2016
Batas Akhir Pemasukkan Karya Perancangan :Jum’at, 25 November 2016
Penilaian /Penjurian: Senin,28November 2016 s/d Rabu, 30 November 2016
Pengumuman Pemenang :Jum’at, 2 Desember 2016

Hadiah Sayembara 

Setelah melalui proses penjurian, akan ditentukan 3 (tiga) peringkat terbaik dengan hadiah sebagai berikut:
Peringkat I : Rp. 60.000.000,-
Peringkat II : Rp. 30.000.000,-
Peringkat III : Rp. 20.000.000,-
(*Pajak ditanggung oleh pemenang


Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!

Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days