8 Inspirasi rumah minimalis dengan atap minimalis ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Monday, 30 January 2017



31 Januari 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Inspirasi rumah minimalis dengan atap minimalis

Pembahasan kita kali ini kami masukkan kedalam kategori desain atap karena memang konten pembahasan lebih kepada pembahasan mengenai desain atap kaitannya dengan minimalis. Adapun mengenai rumah minimalis secara khusus anda bisa kembali pada tulisan tulisan kami dengan kategori rumah minimalis atau desain minimalis untuk pembahasan lebih luas lagi.

image courtesy by threecarchitect
1. Atap serong dengan kanopi yang di tekuk

Atap minimalis kita yang pertama, atap serong dengan kanopi yang di tekuk di sisi jurai atau jatuhan airnya. Masih cukup amam namun apa yang harus di perhatikan ketika menggunakan atap seperti ini adalah area dinding yang memikul posisi bumbungan atap (area kanan pada gambar di atas), karena posisi ini cenderung terbuka dan sangat mudah di terpa hujan, maka sebaiknya tidak membuat bukaan pada area ini.





Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

image courtesy by pinterest
2. Atap flip flap

Atap yang kedua serong dengan susunan flip flap atau selang seling berlawanan dimana posisi jurai atau jatuhan air berada di tengah bangunan. Tidak jauh berbeda dengan jenis atap kita yang pertama namun pada penggunaan atap seperti ini perlu perencaan sirkulasi air yang spesifik karena desain ini rawan dengan kebocoran karena volume air menjadi lebih besar ketika bertemu di kedua jurai jatuhan air atap.

image courtesy by houzz
3. Atap serong berbentuk L

Atap yang ketiga kita kali ini masih beratap serong dengan denah atap berbentuk L dimana kaki L nya merupakan posisi jurai atau jatuhan airnya. Atap seperti ini umumnya mengikuti model denahnya, yang perlu di perhatian dalam penggunaan atap ini adalah kemiringan atap yang digunakan sebaiknya cukup landai agar tidak menciptakan dimensi yang tidak proporsional antara dinding pemikul bumbungan atap dan dinding pemikul jurai atap.

image courtesy by mexzhouse
4. Atap serong dengan dinding di ujung jurainya

Atap ke empat, atap serong dengan dinding di ujung jurainya atau jatuhan airnya, memiliki masalah yang hampir serupa dengan atap bermodel flip flap meskipun volume airnya cenderung lebih sedikit, namun tirisan air bisa saja menerpa dinding secara terus menerus dan dapat menyebabkan rembesan bahkan kebocoran,  apalagi  jika material pelapis dinding di aplikasikan kurang baik.

Ribuan orang lainnya juga meng-KLIK informasi ini:
Berbagai inspirasi atap unik untuk ide rumah anda!
Atap Sebuah Pengantar
22 jenis tanaman pengisi yang biasa di gunakan pada taman vertikal  bagian ketiga
22 jenis tanaman pengisi yang biasa di gunakan pada taman vertikal  bagian kedua
22 jenis tanaman pengisi yang biasa di gunakan pada taman vertikal  bagian 1

image courtesy by 1roofhousing
5. Atap pelana tanpa over stage

Kelima atap pelana tanpa over stage, Hal yang perlu di perhatikan ketika mengguanakan desain atap bermodel ini adalah pertemuan antara atap dan dinding, inilah titik rawan kebocoran. Di indonesia umumnya ketika menggunakan model desain ini para arsitek memilih mengaplikasikannya dengan material beton secara keseluruhannya  sehingga kebocoran tidak terjadi. Tidak seperti contoh kita di atas, umumnya model ini lebih tepat di bangun di daerah daerah dengan curah hujan rendah.

image courtesy by dotproperty
6. Atap datar atau flat roof

Ke enam atap datar, "Atap datar" bisa saja atap itu memang benar benar hampir datar dengan menggunakan aplikasi beton, namun bisa juga atap itu sebenarnya memiliki kemiringan namun tersamarkan dengan luasnya area atap dan posisi atap yang jauh lebih tinggi dari titik mata penikmat bangunan tersebut. Apa yang hatus di perhatikan ketika menggunakan medel atap ini?? jenis material atap menjadi isu utama pada model ini.

image courtesy by freshome
7. Atap datar dengan green roof

Ke tujuh atap datar dengan green roof, aplikasi teknologi konstruksi, drainase dan maintenace menjadi isu utama pada bangunan bangunan yang menggunakan desain ini, Kami tidak menyarankan bagi anda penggunaan jenis atap ini jika tidak memiliki kebiasaan yang disiplin untuk perawatannya.

image courtesy by kreasirumah
8. Atap serong dengan jatuhan air ke arah depan

Ke delam atap serong dengan jatuhan air ke arah depan bangunan, penggunaan atap seperti ini menurut kami adalah yang paling aman dari segala sisinya, dan memang di indonesia atap seperti ini menjadi salah satu yang terpopuler, yaitu menjatuhkan air di depan dan di belakang bangunan.

Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!



Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016


Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Komunitas Nasional

 
Model Rumah Minimalis 2019
Grup Tertutup · 51.887 anggota
Gabung dengan Grup
tempat berbagi informasi ter uptodate dan terbaru mengenai desain rumah, tips dan trik membangun rumah, pengalaman membangun, trategi membangun rumah,...
 

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time