LINGKAR WARNA: Ketahui 13 jenis skema tangga berikut ini!!! Ketahui 13 jenis skema tangga berikut ini!!! ~ LINGKAR WARNA -->

Friday, June 30, 2017

30 juni 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Ketahui berbagai jenis skema tangga berikut ini!!!

Mengetahui berbagai jenis skema tangga akan menjadi starting yang baik sebelum memulai merencakan atau mendesain sebuah tangga. Dalam pembahasan kali ini setidaknya ada 13 model skema tangga yang akan menjadi materi ulasan kita, yang darinya akan lahir berbagai model desain tangga lagi. Skema skema ini merupakan layout dua dimensional dari apa yang kita kenal sebagai denah tangga yang merupakan olahan area pijakan atau antrede dan bordes.

Perlu di pahami bahwa pembahasan kita Kali ini murni membahas skema, denah atau layout tangga dan yang berkaitan langsung dengannya, hal ini dimaksudkan agar pembahasan bisa lebih detail dan terperinci, adapun pembahasan mengenai definisi, elemen desain pembentuk sebuah tangga,desain review dan informasi lainnya mengenai tangga ini, anda dapat mengetahuinya dengan kembali pada artikel artikel kami sebelumnya pada kategori desain tangga.


13 jenis skema tangga berikut
jenis skema tangga berikut





Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

1. Tangga lurus


Layout tangga lurus ke Arah vertical, horizontal atau yang selainnya, Cirinya semua anak tangga berorientasi pada arah yang sama dari pijakan awal sampai dengan pijakan puncak atau sebaliknya. Biasanya di aplikasikan pada bangunan dengan denah memanjang dan pipih pada kondisi ini penggunaan tangga lurus akan sangat mengefektifkan lebar bangunan yang cenderung pipih atau sempit. Tangga sebaiknya didesain menggunakan bordes untuk mengurangi efek stress akibat pemandangan tangga yang tampak menjulang.

tangga lurus
tangga lurus

2. Tangga berbentuk L


Layout tangga berbentuk L, dengan bordes di sudutnya atau tanpa bordes di sudutnya. Bentuk L bisa dicapai dengan sisi horizontal dan vertikal dari denah tangga sama panjang ataupun tidak sama panjang antara satu dengan yang lainnya semuanya boleh boleh saja untuk di aplikasikan di sesuaikan dengan kebutuhan atau kondisi existing bangunan. Denah tangga berbentuk L lebih cocok digunakan pada ruang yang cukup Luas dengan tanpa sekat yang membatasi ruang tangga.

Tangga berbentuk L
Tangga berbentuk L

3. Tangga berbentuk U


Layout tangga berbentuk U, dengan bentuk U yang sempurna atau tidak sempurna. Biasanya memiliki dua buah bordes yang terletak di setiap sudutnya, atau memiliki satu buah bordes memanjang yang mempertemukan dua buah sudut tangga, atau dapat juga di aplikasikan tanpa bordes sama sekali. Ruang yang di gunakan pada skema denah U ini cenderung efektif dimana Ruang bawah tangga dapat di gunakan maksimal sebagai gudang atau kamarmandi.

Tangga berbentuk U
Tangga berbentuk U

4. Tangga berbentuk T


Denah tangga berbentuk T, lebih proportional apabila tangga berbentuk T sempurna dengan jumlah anak tangga yang sama di setiap bagian tangganya. Biasanya rumah atau hotel dengan hall yang besar lebih cocok untuk di aplikasikan desain tangga berbentuk T ini. Railing tangga sangat memungkinkan untuk di ekspose sempurna dan gaya desain classic sangat cocok untuk skema tangga ini. Tidak di rekomendasikan untuk ruang yang kecil karena akan sangat menyita luasan ruang yang tentunya menjadikan ruang tidak efektif.

Tangga berbentuk T
Tangga berbentuk T

5. Tangga berbentuk P


Layout tangga berbentuk P, merupakan kombinasi tangga lurus dan tangga melingkar. Skema tangga sangat menarik begitu juga dengan proyeksi tiga dimensionalnya. Denah tangga seperti ini bisa saja terjadi secara insidentil namun ketika kita dengan sengaja hendak menghadir tangga dengan skema yang demikian maka sebaiknya memperhatikan ketersediaan ruang yang cukup untuk area tangga tersebut. Model tangga seperti ini lebih cocok tanpa bordes dari sisi bentuknya namun harus tetap memperhatikan kenyamanan pengguna.

Tangga berbentuk P
Tangga berbentuk P

6. Tangga berbentuk J


Skema tangga berbentuk J, merupakan kombinasi bentuk tangga lurus dan tangga seperempat lingkaran. Seperti halnya tangga berbentuk P sebelumnya, tangga ini juga akan tampil lebih sempurna tanpa bordes. Sebaiknya model tangga seperti ini di gunakan bukan sebagai penghubung lantai lantai utama melainkan lebih kepada tangga mezzanine atau tangga split level pada bangunan.

Tangga berbentuk J
Tangga berbentuk J

7.  Tangga berbentuk Z


Bentuk denah tangga berbentuk Z, bentuk tangga seperti ini tidak cocok bagi umumnya ruang, dan faktanya tangga berbentuk Z desainnya bersifat insidentil atau tidak terencana dengan baik. Namun ini tidak berarti model tangga seperti ini tidak dapat di aplikasikan hanya saja perlu perhatian lebih dan pertimbangan yang akurat dalam perencanaannya sehingga tangga bisa berfungsi efektif pada fase penggunaanya.

Tangga berbentuk Z
Tangga berbentuk Z

8. Tangga berbentuk O


Tangga berbentuk O bukan tangga melingkar, akan lebih mudah dipahami dengan melihat gambar di bawah ini. Tangga dengan skema seperti ini umumnya disebabkan karena jarak tempuh tangga yang cukup jauh atau ketinggian lantai per lantai yang cukup tinggi, memiliki 4 buah bordes lebih di rekomendasikan, sebagai mana telah di ketahui bordes berfungsi juga sebagai area beristirahat sejenak pada tangga apalagi dengan ketinggian bangunan yang tidak biasanya.

Tangga berbentuk O
Tangga berbentuk O

9. Tangga berbentuk lingkaran sempurna


Tangga berbentuk lingkaran sempurna 360 derajat, tangga dengan denah seperti ini umumnya tidak memiliki bordes, sangat cocok digunakan ketika kita hendak menghemat penggunaan ruang. Struktur tangga terletak di poros lingkaran, lebar anak tangga minimal selebar 1 m, kurang dari ini tidak kami rekomendasikan karena alasan keamanan dan kenyamanan.

Tangga berbentuk lingkaran sempurna
Tangga berbentuk lingkaran sempurna

10. Tangga setengah lingkaran 


Lyout tangga berbentuk setengah lingkaran yaitu 180 derajat. Pada kasus tangga dengan diameter selebar anak tangganya saja maka penggunaan tangga ini hanya cocok di aplikasikan pada bangunan dengan perbedaan level lantai yang tidak significant atau standard antara 3 m sampai dengan 3,6 m. Adapun pada kasus bangunan yang lebih tinggi dari ini maka diameter tangga perlu di perbesar dan itu berarti perlu akan ruang yang lebih besar pula.

Tangga setengah lingkaran
Tangga setengah lingkaran 

11. Tangga seperempat lingkaran


Tidak jauh berbeda dengan tangga berbentuk setengah lingkaran tangga seperempat lingkaran biasanya di gunakan untuk penghubungkan lantai utama dengan lantai mezzanine atau dengan area split level pada bangunan. Namun apabila akan digunakan untuk menghubungkan lantai lantai utama maka cukup dengan memperbesar diameter tangga saja, sebagai konsekuensinya dibutuhkan ruang yang cukup Luas untuk area tangga ini.

Tangga seperempat lingkaran
Tangga seperempat lingkaran

12. Tangga berbentuk busur


Tangga berbentuk busur atau kurang dari seperempat lingkaran, tangga seperti ini bersifat dekoratif dan sangat cocok di kombinasikan dengan tangga berbentuk T, mengekspos tangganya bisa menjadi keputusan yang sangat tepat pada penggunaan model tangga ini. Tangga ini juga sangat cocok apabila menggunakan satu buah bordes di tengahnya walaupun demikian pertimbangan untuk tidak menggunakan bordes masih sangat berpeluang untuk di lakukan.

Tangga berbentuk busur
Tangga berbentuk busur

13. Tangga berbentuk dinamis atau tidak beraturan.


Pada akhirnya aplikasi tangga bisa dicapai dengan bentuk yang tidak melulu formal sebagai mana telah kita ketahui. Bentuk bentuk dinamis tidak beraturan sangat munchkin untuk di lakukan, namun perlu diperhatikan bentuk dinamis memiliki komposisi yang unik yang apabila Salah dalam perencanaannya maka akan menyebabkan desain tampak disorientasi atau tanpa karakter. Dalam kasus ini kami menyaranka pendampingan arsitek yang ahli dalam perencanaannya.

Tangga berbentuk dinamis
Tangga berbentuk dinamis

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2019
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892 
untuk berbagai contoh desain lainnya:
DAFTAR LENGKAP DESAIN RUMAH MINIMALIS TERBARU

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days