LINGKAR WARNA: Ketahui 13 jenis skema tangga berikut ini!!! bagian ke-2 Ketahui 13 jenis skema tangga berikut ini!!! bagian ke-2 ~ LINGKAR WARNA -->

Saturday, July 01, 2017

01 juli 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Ketahui 13 jenis skema tangga berikut ini!!!

Artikel kita Kali ini merupakan tulisan ke dua dan wacana lanjutan dari artikel kita sebelumnya dengan judul serupa Ketahui 13 jenis skema tangga berikut ini!!! . Kita telah membahas setidaknya 6 buah model skema, lyout atau denah tangga pada artikel tersebut yang di tampilkan beserta gambar ilustrasinya. Dan masih ada tujuh pembahasan tersisa untuk menggenapi judul kita ini, inilah juga yang menjadi alasan mengapa pembahasan ini langsung di mulai dengan poin ke tujuh.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 UNTUK JOIN !!!!

jenis skema tangga
jenis skema tangga
Sedikit mereview kembali mengenai manfaat dari mengetahui berbagai skema dan denah tangga ini, dengan mengetahui berbagai model skema ini setidaknya seseorang telah memiliki fariasi ide sebelum mendesain sebuah tangga. Fariasi ide ini kemudian mendorong kepada persiapan ruang tangga di fase merencanakan. Merangsang ide ide kreatif ketika merencanakan ruang ruang dengan tangga di dalamnya dan pastinya kesemuanya itu akan meberikan kemudahan pada fase konstruksinya nanti.





Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

7. Tangga berbentuk Z
Bentuk denah tangga berbentuk Z, bentuk tangga seperti ini tidak cocok bagi umumnya ruang, dan faktanya tangga berbentuk Z desainnya bersifat insidentil atau tidak terencana dengan baik. Namun ini tidak berarti model tangga seperti ini tidak dapat di aplikasikan hanya saja perlu perhatian lebih dan pertimbangan yang akurat dalam perencanaannya sehingga tangga bisa berfungsi efektif pada fase penggunaanya.

Tangga berbentuk Z
Tangga berbentuk Z
8. Tangga berbentuk O
Tangga berbentuk O bukan tangga melingkar, akan lebih mudah dipahami dengan melihat gambar di bawah ini. Tangga dengan skema seperti ini umumnya disebabkan karena jarak tempuh tangga yang cukup jauh atau ketinggian lantai per lantai yang cukup tinggi, memiliki 4 buah bordes lebih di rekomendasikan, sebagai mana telah di ketahui bordes berfungsi juga sebagai area beristirahat sejenak pada tangga apalagi dengan ketinggian bangunan yang tidak biasanya.

Tangga berbentuk O
Tangga berbentuk O
9. Tangga berbentuk lingkaran sempurna
Tangga berbentuk lingkaran sempurna 360 derajat, tangga dengan denah seperti ini umumnya tidak memiliki bordes, sangat cocok digunakan ketika kita hendak menghemat penggunaan ruang. Struktur tangga terletak di poros lingkaran, lebar anak tangga minimal selebar 1 m, kurang dari ini tidak kami rekomendasikan karena alasan keamanan dan kenyamanan.

Tangga berbentuk lingkaran sempurna
Tangga berbentuk lingkaran sempurna
10. Tangga setengah lingkaran 
Lyout tangga berbentuk setengah lingkaran yaitu 180 derajat. Pada kasus tangga dengan diameter selebar anak tangganya saja maka penggunaan tangga ini hanya cocok di aplikasikan pada bangunan dengan perbedaan level lantai yang tidak significant atau standard antara 3 m sampai dengan 3,6 m. Adapun pada kasus bangunan yang lebih tinggi dari ini maka diameter tangga perlu di perbesar dan itu berarti perlu akan ruang yang lebih besar pula.

Tangga setengah lingkaran
Tangga setengah lingkaran 
11. Tangga seperempat lingkaran
Tidak jauh berbeda dengan tangga berbentuk setengah lingkaran tangga seperempat lingkaran biasanya di gunakan untuk penghubungkan lantai utama dengan lantai mezzanine atau dengan area split level pada bangunan. Namun apabila akan digunakan untuk menghubungkan lantai lantai utama maka cukup dengan memperbesar diameter tangga saja, sebagai konsekuensinya dibutuhkan ruang yang cukup Luas untuk area tangga ini.

Tangga seperempat lingkaran
Tangga seperempat lingkaran
12. Tangga berbentuk busur
Tangga berbentuk busur atau kurang dari seperempat lingkaran, tangga seperti ini bersifat dekoratif dan sangat cocok di kombinasikan dengan tangga berbentuk T, mengekspos tangganya bisa menjadi keputusan yang sangat tepat pada penggunaan model tangga ini. Tangga ini juga sangat cocok apabila menggunakan satu buah bordes di tengahnya walaupun demikian pertimbangan untuk tidak menggunakan bordes masih sangat berpeluang untuk di lakukan.

Tangga berbentuk busur
Tangga berbentuk busur
13. Tangga berbentuk dinamis atau tidak beraturan.
Pada akhirnya aplikasi tangga bisa dicapai dengan bentuk yang tidak melulu formal sebagai mana telah kita ketahui. Bentuk bentuk dinamis tidak beraturan sangat munchkin untuk di lakukan, namun perlu diperhatikan bentuk dinamis memiliki komposisi yang unik yang apabila Salah dalam perencanaannya maka akan menyebabkan desain tampak disorientasi atau tanpa karakter. Dalam kasus ini kami menyaranka pendampingan arsitek yang ahli dalam perencanaannya.

Tangga berbentuk dinamis
Tangga berbentuk dinamis

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2019
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892 
untuk berbagai contoh desain lainnya:
DAFTAR LENGKAP DESAIN RUMAH MINIMALIS TERBARU


Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days