15 Desain Pintu Besar Minimalis ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Monday, 2 October 2017

3 september 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

15 Desain Pintu Besar Minimalis

Pintu adalah salah satu elemen terpenting sebuah bangunan yang berfungsi sebagai media sirkulasi akses masuk dan keluar bangunan. Biasanya berbentuk kotak  dengan ketinggian  melebihi tinggi badan manusia umumnya.  Dilengkapi dengan  alat-alat  pengamanan  seperti  Grendel dan kunci. Model-model desain pintu kini berkembang sangat pesat tidak hanya sebagai elemen fungsional namun kini pintu juga menjadi bagian pembentuk estetika yang cukup vital pada sebuah bangunan. 

image curtesy by pinterest
Berikut adalah beberapa desain inspiratif pintu dengan dimensi-dimensi besar dan tidak biasa,  melalui beberapa contoh berikut ini definisi baru mengenai pintu itu bisa sangat terasa dan mudah untuk dipahami.  Pintu yang besar selain berfungsi sirkulasi manusia juga berfungsi untuk menyatukan dua ruang yaitu antara ruang luar dengan ruang dalam atau ruang dalam dengan ruang dalam.  Berbeda dengan pintu umumnya pintu-pintu besar lebih memberikan kesan yang menyatu antara dua ruang yang dihubungkannya. 





Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

image curtesy by archdaily
Pintu-pintu tersebut bisa berbahan,  berwarna atau bertekstur apa saja,  bisa terbuat dari bahan kayu,  kaca,  baja,  metal,  besi,  bahan komposit, kombinasi dari beberapa bahan dan lain sebagainya,  tentu hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kesesuaiannya terhadap desain bangunan secara keseluruhan. Ukurannya yang besar dan tidak biasa mengharuskan eksekusi teknis yang tidak biasa pula pada pelaksanaannya,  kekuatan strukturnya menjadi isu yang sangat utama dalam penggunaan pintu ini.

image courtesy by aecweb
Penggunaan engsel pivot lebih kami rekomendasikan daripada penggunaan engsel biasa atau yang biasa kita kenal dengan sebutan engsel kupu-kupu sehingga Potensi terjadinya lendutan akibat berkurangnya daya ikat engsel dapat di hindari.  Jikalau pun tuntutan desain menginginkan penggunaan engsel kupu-kupu sebagai pengikat daun pintunya maka pemilihan bahan yang terbaik serta teknis pemasangan yang disiplin harus di perhatikan. Tentu kita tidak menginginkan pintu yang sulit dibuka ataupun ditutup karena teknis pemasangan atau bahan engsel yang kurang baik. 

image courtesy by architecturedesign
Dan dari contoh-contoh kita kali ini semuanya menggunakan engsel pivot sebagai pengikat daun Pintu nya. Pintu-pintu bisa terdiri dari 1 daun pintu saja atau dua daun pintu atau lebih dari itu di mana tentu setiap pilihan memiliki pertimbangan-pertimbangan nya. Tidak kalah pentingnya untuk diketahui bawa penggunaan pintu besar membutuhkan ruang yang besar pula untuk rotasi daun pintunya di mana pada area rotasi pintu tidak memungkinkan untuk meletakkan atau menjadikan area tersebut sebagai area fungsional. 

image courtesy by decorfacil
Meletakkan engsel pivot tepat di tengah daun pintu bisa menjadi pilihan untuk meminimalkan area atau ruang yang terpakai sebagai area rotasi pintu. Namun konsekuensi dari peletakkan ini menyebabkan pintu tidak terlihat benar-benar maksimal dari sisi luasan bukaannya. Melihat dua kondisi di atas maka bisa kita simpulkan meletakkan pivot pada posisi tiga perempat Bentang pintu menjadi pilihan yang sangat tepat untuk pintu pintu besar seperti pada contoh-contoh kita kali ini. 

image courtesy by archiproduct
beberapa desain pintu juga coba menjawab permasalahan lain dari penggunaan pintu-pintu besar ini di mana peletakkan pintu kecil di tengah daun pintu besar mencoba memberikan alternatif pada kondisi ruang yang terhubung oleh pintu-pintu besar yang cenderung menghilangkan kesan privasi pada ruang,   di waktu-waktu tertentu pintu besar tetap tertutup dan pintu kecil digunakan sebagai media sirkulasi Utama. Dengan begitu privasi antara dua ruangan yang terhubung tetap terjaga. 

image courtesy by pinterest
Penggunaan pintu pintu besar ini kembali kepada anda sang pemilik bangunan itu sendiri jika anda merasa cocok dengan kesan ruang yang diberikan-nya dan juga bajet anggaran cocok, karena tentunya dari segi bajet penggunaan pintu pintu ini memjadi jauh lebih mahal dari pada pintu pintu biasa umumnya.

image courtesy by corinthian

Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!

Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur terbaru




Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

rumah minimalis

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time