LINGKAR WARNA: Atap Sebuah Pengantar Atap Sebuah Pengantar ~ LINGKAR WARNA -->

Saturday, January 28, 2017

29 Januari 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Atap Sebuah Pengantar

Atap, siapa yang tidak mengenal atap? merupakan bagian tidak terpisahkan dengan perkembangan peradaban manusia, khususnya kaitannya dengan hunian atau tempat perlindungan buatan yaitu rumah. Bahkan kalau kita menelisik perkembangan sejarah arsitektur maka perdaban lebih dulu mengenal atap di bandingkan dinding dan yang lainnya, bukti bukti ini bisa kita temukan dengan melihat tempat tempat perlindungan kuno yang umumnya hanya menggunakan atap.

teori perencanaan sebuah atap
image courtesy by spatiulconstruit
Secara filosofis hunian sangan identik dengan naungan, dan atap merupakan interprestasi utama dari naungan, baru datang setelahnya makna perlindungan atau pertahanan yang dimana makna ini lebih identik dengan dinding. Melihat kondisi ini juga maka dapat kita pahami manusia lebih dahulu membutuhkan naungan kemudian perlindungan, dan dua kebutuhan ini yaitu naungan dan perlindungan merupakan syarat pokok yang harus dipenuhi oleh sebuah hunian.





Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

teori perencanaan sebuah atap
image courtesy by panoramio
Menurut kamus besar bahasa indonesia atap dapat di definisikan sebagai penutup rumah (bangunan) sebelah atas; benda yang dipakai untuk menutup atas rumah: -- rumah itu dari seng;-- rumbia (ijuk) perabung upih, pb barang yang baik bercampur dengan barang yang buruk; -- joglo atap rumah berbentuk limas terpancung yang biasanya terdapat di Jawa; -- langsung lapisan batuan yang langsung berada di atas lubang bukaan tambang bawah tanah yang berfungsi sebagai atap; -- limasan atap rumah berbentuk limas milik keluarga yang menganggap dirinya keturunan penduduk asli atau yang berasal dari lapisan masyarakat paling atas; -- mutlak kumpulan lapisan yang berada di atas lapisan batu bara; -- serotong bentuk atap rumah orang kebanyakan atau lapisan masyarakat bawah.

teori perencanaan sebuah atap
image courtesy by americancustomcontractor
Berdasarkan bentuk dasarnya maka hanya ada beberapa bentuk atap saja di antaranya Atap plana atau prisma, atapPrisai, atap Kubah, atap piramid, atap datar, atap serong, atap Kerucut, atap lengkung dan dinamik roof atau atap dinamis dari bentuk dasar inilah atap atap kemudian ditransformasikan menjadi bentuk bentuk yang lebih fariatif dan beragam, kita akan membahas mengenai bentuk bentuk atap ini secara spesifik pada artikel kita selanjutnya.

teori perencanaan sebuah atap
image by google search engine
Dewasa ini eksplorasi terhadap bentuk atap sangat berkembang, hal ini sangat di pengaruhi oleh ikut berkembangnya teknologi konstruksi yang memungkinkan bentuk bentuk atap baru di eksplorasi dan di bangun secara konstruktif.

teori perencanaan sebuah atap
image courtesy by marvelsbuilding
Kini funsi atap selain sebagai naungan dan perlindungan juga memiliki peran sebagai salah satu elemen estetis pada bangunan, dimana capaian estetis dari sebuah bangunan bisa di lakukan dengan menolah bentuk atap ini secara khusus. Persyaratan utama bagi atap tentunya haruslah kokoh dan dapat mengalirkan air dan udara yang menerpanya serta menjadi filter yang baik terhadapa cahaya.

teori perencanaan sebuah atap
image courtesy by mipedia

akses terus ribuan informasi arsitektur terupdate!
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG !!!!






Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days