Atap Sebuah Pengantar ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Saturday, 28 January 2017



29 Januari 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Atap Sebuah Pengantar

Atap, siapa yang tidak mengenal atap? merupakan bagian tidak terpisahkan dengan perkembangan peradaban manusia, khususnya kaitannya dengan hunian atau tempat perlindungan buatan yaitu rumah. Bahkan kalau kita menelisik perkembangan sejarah arsitektur maka perdaban lebih dulu mengenal atap di bandingkan dinding dan yang lainnya, bukti bukti ini bisa kita temukan dengan melihat tempat tempat perlindungan kuno yang umumnya hanya menggunakan atap.

image courtesy by spatiulconstruit
Secara filosofis hunian sangan identik dengan naungan, dan atap merupakan interprestasi utama dari naungan, baru datang setelahnya makna perlindungan atau pertahanan yang dimana makna ini lebih identik dengan dinding. Melihat kondisi ini juga maka dapat kita pahami manusia lebih dahulu membutuhkan naungan kemudian perlindungan, dan dua kebutuhan ini yaitu naungan dan perlindungan merupakan syarat pokok yang harus dipenuhi oleh sebuah hunian.





Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

image courtesy by panoramio
Menurut kamus besar bahasa indonesia atap dapat di definisikan sebagai penutup rumah (bangunan) sebelah atas; benda yang dipakai untuk menutup atas rumah: -- rumah itu dari seng;-- rumbia (ijuk) perabung upih, pb barang yang baik bercampur dengan barang yang buruk; -- joglo atap rumah berbentuk limas terpancung yang biasanya terdapat di Jawa; -- langsung lapisan batuan yang langsung berada di atas lubang bukaan tambang bawah tanah yang berfungsi sebagai atap; -- limasan atap rumah berbentuk limas milik keluarga yang menganggap dirinya keturunan penduduk asli atau yang berasal dari lapisan masyarakat paling atas; -- mutlak kumpulan lapisan yang berada di atas lapisan batu bara; -- serotong bentuk atap rumah orang kebanyakan atau lapisan masyarakat bawah.

image courtesy by americancustomcontractor
Berdasarkan bentuk dasarnya maka hanya ada beberapa bentuk atap saja di antaranya Atap plana atau prisma, atapPrisai, atap Kubah, atap piramid, atap datar, atap serong, atap Kerucut, atap lengkung dan dinamik roof atau atap dinamis dari bentuk dasar inilah atap atap kemudian ditransformasikan menjadi bentuk bentuk yang lebih fariatif dan beragam, kita akan membahas mengenai bentuk bentuk atap ini secara spesifik pada artikel kita selanjutnya.


Ribuan orang lainnya juga meng-KLIK informasi ini:
22 jenis tanaman pengisi yang biasa di gunakan pada taman vertikal  bagian ketiga
22 jenis tanaman pengisi yang biasa di gunakan pada taman vertikal  bagian kedua
22 jenis tanaman pengisi yang biasa di gunakan pada taman vertikal  bagian 1
Konsep taman rumah dengan taman penuh bunga
Mengenal element pembentuk taman

image by google search engine
Dewasa ini eksplorasi terhadap bentuk atap sangat berkembang, hal ini sangat di pengaruhi oleh ikut berkembangnya teknologi konstruksi yang memungkinkan bentuk bentuk atap baru di eksplorasi dan di bangun secara konstruktif.

image courtesy by marvelsbuilding
Kini funsi atap selain sebagai naungan dan perlindungan juga memiliki peran sebagai salah satu elemen estetis pada bangunan, dimana capaian estetis dari sebuah bangunan bisa di lakukan dengan menolah bentuk atap ini secara khusus. Persyaratan utama bagi atap tentunya haruslah kokoh dan dapat mengalirkan air dan udara yang menerpanya serta menjadi filter yang baik terhadapa cahaya.

image courtesy by mipedia

Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!




Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016

Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

rumah minimalis

 
Model Rumah Minimalis 2019
Tertutup group · 50.096 anggota
Gabung dengan Grup
tempat berbagi informasi mengenai desain rumah, tips dan trik membangun rumah, pengalaman membangun, trategi membangun rumah dan lainnya
 

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time