LINGKAR WARNA: Apasih arsitektur itu? Apasih arsitektur itu? ~ LINGKAR WARNA -->

Wednesday, November 04, 2015

Apasih arsitektur itu
sd.keepcalm-o-matic


Telah banyak kami menyinggung dalam berbagai tulisan kami sebelumnya mengenai apasih arsitektur itu, tulisan tulisan tersebut menginspirasi kami untuk membuat sebuah tulisan mengenai hal ini secara terpisah. Hal ini kami anggap perlu mengingat begitu berkembangnya pemaknaan dari arsitektur itu sendiri dan mencoba memberikan penggambaran kondisi kekinian mengenai definisi definisi itu sendiri. Melalui pembahasan ini kami berharap didapatkan penggambaran baru mengenai arsitektur itu sendiri dalam konteks kekinian.

Bagi kami sendiri arsitektur bukanlah sesuatu yang pakem atau maknanya tidak akan berubah, bagi kami arsitektur adalah sesuatu yang fleksibel mewakili seluruh definisi yang di ungkapkan para pelaku aktifitas kearsitekturan dan membatasinya bukanlah sesuatu yang bijak tetapi kebablasan dalam memaknainya juga bukanlah yang menjadi harapan bagi kami. Hal ini menunjukkan bahwa ada sebahagian dari semangat arsitektural itu sendiri yang tidak akan pernah berubah yaitu di antaranya adalah fungsionalitas, prinsip keamanan dan prinsip kenyamanannya. Lalu bagaimana definisi definisi ini sekarang berkembang berikut beberapa kutipan mengenai definisi arsitektur itu.

Apasih arsitektur itu?





Menurut kamus besar bahasa indonesia arsitektur adalah seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan, jembatan dan sebagainya. Penjelasan lainnya arsitektur adalah metode dan gaya rancangan sebuah konstruksi bangunan.

Di kutip dari wikipedia arsitektur adalah  seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Menurut rancangan UU Arsitek, Arsitektur adalah wujud hasil perencanaan dan perancangan di bidang jasa konstruksi meliputi tata ruang, tata bangunan dan lingkungan, yang memenuhi kaidah fungsi, konstruksi dan estetika mencakup faktor keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan.

Video berikut ini juga mencoba menjelaskan apa itu arsitektur



 Apasih arsitektur itu?

Bjarke ingels pendiri BIG bjarke ingels group menjelaskan bahwa arsitektur adalah sebuah viksi yang di hadirkan kedalam dunia nyata, menghadirkan mimpi kedunia nyata dalam bentuk bata dan semen, dia kemudian menjelaskan lebih lanjut bahwa arsitektur adalah sebuah kanvas untuk mengungkapkan sejarah kehidupan umat manusia.

Norman foster dari norman foster+partner menjelaskan bahwa arsitektur adalah ilmu mengenai menciptakan ruang, ruang yang akan di gunakan oleh orang orang, bisa saja ruang yang berada di dalam sebuah bangunan bisa juga ruang yang terbentuk dari shape atau bentuk sebuah bangunan, bisa berupa apa saja yang terdapat aktifitas kehidupan, dan harapan dari sebuah karya arsitektur adalah untuk meningkatkan kualitas hidup lingkungannya.

Santiago calatravo, menjelaskan bahwa arsitektur adalah sebuah abstraksi normal dari seni secara keseluruhan, arsitektur mengumpulkan berbagai disiplin ilmu, di mulai dari seni lukis, sculpture seperti yang terdapat pada fasade katedral misalnya dan seterusnya, bahkanpun ilmu sosial, sampai dengan  aspek aspek yang bersifat murni teknis, seperti transportasi, pergerakan, parkir dan seterusnya. Tetapi pada arsitektur anda masih bisa merasakan nilai seni pada karya tersebut hanya seperti lukisan dan yang lainnya.

 Apasih arsitektur itu?

Masih banyak lagi definisi yang telah di ungkapkan oleh para arsitek mengenai ini, dan begitu beragam definisi definisi yang di hasilkan. Kita telah menuliskan definisi arsitektur menurut kamus besar bahasa indonesia, menurut rancangan UU Arsitek, dan menurut beberapa arsitek di dunia. Mungkin anda bertanya tanya mengapa tidak ada kutipan definisi arsitektur dari arsitek lokal indonesia??? ingin sekali kami tampilkan pula di sini sebenarnya tapi browsing sana sini kami tidak mendapatkan satupun informasi yang jelas mengenai itu.

Perlu juga kita pahami bahwa diluar indonesia secara khusus di eropa dan amerika, para arsitek memiliki banyak wadah dan channel untuk merepresentasikan dirinya dan kebiasaan mendefinisikan kembali arsitektur dari sudut pandang individu arsitek adalah bagian yang biasa di lakukan. Kembali kepertanyaan awal kita, Jadi apasih arsitektur itu??? jika anda seorang arsitek, maka jangan ragu untuk mendefinisikannya sendiri.

Demikian dahulu pembahasan kali ini, semoga bermanfaat (cnk)





Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days