3d dan arsitektur ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Tuesday, 3 November 2015



pencarian google: 3d arsitektur

3d identik dengan gambar tiga dimensional yang di kerjakan menggunakan software tertentu dengan berbagai tujuan adapun arsitektur di zaman sekarang memiliki makna yang jauh lebih luas dimana maknanya akhir akhir ini lebih dekat dengan perencana, pengatur, penyusun, pembuat dan lain sebagainya yang semakna, namun ketika kedua kata ini bertemu 3d dan arsitektur maka maknanya pastilah merujuk kepada makna desain 3d presentasi arsitektur bangunan.

Desain stadion nasional jepang 2020
Kata arsitek Renzo Piano
Pemikiran sederhana teknik presentasi dan negosiasi
Sampah desain
Sekolah arsitektur Frank Loyd wright

3d atau gambar tiga dimensional sendiri sebenarnya sebuah produk gambar yang memberikan efek dimensional kepada gambar dimana penggambaran bentuk model ataupun suasana ruang itu lebih realistik atau lebih mudah di rasakan di banding dengan gambar  dua dimensional misalnya. Teknik yang di gunakan untuk mencapai efek fisual ini bisa dengan berbagai cara diantaranya bisa dengan sketsa tangan, pengecetan atau painting dan yang paling populer di zaman ini adalah menggunakan software atau komputerisasi.





3d dan arsitektur

Secara prinsip gambar 3d  mencoba menampilkan atau merepresentasikan beberapa hal dan di antara yang paling utama adalah bentuk dan dalam konteks pembahasan ini adalah bentuk bangunan. Interprestasi bentuk sendiri sangat di pengaruhi oleh cahaya, cahaya ketika berbenturan dengan sebuah model geometri maka akan menghasilkan dua elemen ini, yaitu bayangan dan bias cahaya, nah perpaduan dua elemen inilah yang kemudian menginterprestasikan bentuk secara utuh. Masih ada penjelasan penjelasan yang lebih detail lagi mengenai bayangan dan bias cahaya ini tetapi kita tidak akan membahasnya pada kesempatan ini.

Berikutnya pembahasan yang tidak kalah penting untuk di ketahui adalah teksture dan sifat benda. Teksture lebih condong kepada bentuk permukaan objek atau model dan sifat benda sendiri lebih kepada sifat fisis objek itu sendiri misalnya padat, solid atau transparan, flat, mengkilap atau semi mengkilap, bersih,kotor atau karatan dan lain sebagainya yang semisal.

3d dan arsitektur

Jadi bisa disimpulkan bahwa 3d dan arsitektur memiliki hubungan yang sangat erat, dimana 3d sebagai sebuah metode penampilan gambar bisa sangat membantu seorang arsitek dalam mengungkapkan ide ide arsitekturnya secara detail dan spesifik. 
Ada berbagai macam software 3d yang di gunakan dewasa ini yang paling umum di antaranya adalah google sketchup, autodesk 3ds max, archicad dan lain sebagainya. Perlu di pahami bahwa di dalam penggunaan software software 3d kita mengenal apa yang disebut dengan render engine. Render sendiri adalah sebuah proses finishing dalam rangkaian panjang work flow pengerjaan sebuah gambar 3d adapun toolsnya inilah yang disebut dengan render engine. Ada beberapa render engine yang umum di gunakan di antaranya adalah vray, mentalray, atlantis, corana dan cinema 4d.







Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

rumah minimalis

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time