LINGKAR WARNA: 16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai + tampak depan 16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai + tampak depan ~ LINGKAR WARNA -->

Sunday, December 22, 2019

22 desember 2019

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Denah rumah ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai + tampak depan


Gambar denah rumah minimalis kita kali ini adalah denah dengan ukuran lahan lebar 9 meter dengan panjang 18 meter  dengan 5 buah kamar tidur dan pada 2 lantai bangunan.


1.  Denah luas 186 m2


Denah kita yang pertama memiliki luas total bangunan 186 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 106 m2 untuk luasan lantai satu dan 80 m2 untuk luasan lantai dua. Denah lantai  satu di mulai dengan sebuah carport di sudut kiri depan lahan berukuran 3x5 meter. Kemudian di sisi kanannya terdapat taman dengan ukuran 5x6 meter, di lantai satunya denah ini di bagi menjadi 3 bagian yaitu sisi kiri, tengah dan kanan, dan ini merupakan pembagian yang lumrah untuk rumah dengan lebar antara 7 sampai 10 meter.

Ruang tamu di letakkan di bagian tengah bangunan dengan ukuran 3x3 meter yang kemudian di ikuti dengan ruang keluarga yang cukup luas dan terus ke belakang adalah ruang makan yang di sisi kirinya berhubungan langsung dengan taman kecil berukuran 3x4 meter. Area sisi kiri denah dari depan di isi dengan garasi mobil berukuran 3x5.5 meter yang di ikuti oleh dapur berukuran 3x3 meter dan di sudut kiri paling belakang adalah kamar pembantu. Di sisi kanannya dari depan kita memiliki kamar tamu berukuran 3x3.5 meter kemudian di ikuti dengan tangga menuju lantai dua yang di bawahnya terdapat kamar mandi berukuran memanjang 1x2.75 meter.

Di lantai dua, pada penghujung tangga terdapat ruang multy berukuran 2x6 meter, ruang ini menghubungkan 3 buah kamar di lantai dua yang terdiri dari 1 buah kamar utama berukuran 3.5x6 meter, kamar tidur ini juga telah di lengkapi dengan kamar mandi di dalam bangunan berukuran 2x2.5 meter dan 2 kamar lainnya mmerupakan kamar anak dengan ukuran masing masing 3x3 meter dan 3x4 meter, 2 kamar anak ini menggunakan kamar mandi yang sama berukuran 2x2 meter.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 UNTUK JOIN !!!!

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 


Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

Tampak depan untuk denah ini bergaya desain modern minimalis dengan model atap serong kebelakang. Over stage pada atap bagian depan di buat sedikit menonjol dengan penggunaan dua tiang bulat sebagai penyangganya. Dua tiang ini selain berfungsi sebagai tiang penyangga atap juga berfungsi sebagai aksen paling menonjol dari bangunan. Untuk finishing dindingnya tampak pada fasade ini selain cat juga menggunakan batu tempel berwarna hitam pada aksen dindingnya.


16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

2. Denah luas 158 m2


Denah kita yang ke dua memiliki luas total bangunan 158 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 77 m2 untuk luasan lantai satu dan 81 m2 untuk luasan lantai dua. Denah kita yang ke dua ini bisa di katakan model denah paling atraktif dari 16 referensi denah kita pada artikel ini dan juga merupakan denah dengan ukuran paling kecil di pembahasan ini. Denah ini di mulai dengan sebuah carport di sudut kanan depan lahan berukuran 3x5 meter, kalau pada denah denah kita lainnya di artikel ini umumnya juga memiliki garasi selain carport maka denah ini juga merupakan salah satu denah tanpa garasi di pembahasan ini, jadi memang denahnya bisa di katakan lebih simpel dari sisi kebutuhan ruangnya.

Dengan luas bangunan yang lebih kecil namun dengan ukuran lahan yang sama tentu menjadikan denah kita ini memiliki luasan taman yang lebih besar dari yang lainnya, baik taman di depan bangunan maupun taman di bekang bangunan. Adanya kelebihan lahan yang lebih luas ini pula menjadikan denah ini juga masih sangat mungkin untuk direnovasi atau di perluas. Denah ini memiliki teras depan memanjang dengan ukuran 1x4 meter, teras ini menghubungkan kita dengan ruang tamu di dalam bangunan dan ruang ruang lainnya. Yang menjadi poin kurang dari denah ini menurut kami dengan bentang 9 meter denah ini tidak memberikan kepada kita alternatif pintu lain untuk mengakses bangunan dari depan, itu artinya semua hal dalam berbagai situasi akan selalu melalui pintu depan dan ini tidak cocok untuk rumah dengan kategori cukup lebar ini.

Di lantai dua denah memiliki 3 buah kamar tidur, sama dengan denah denah kita lainnya namun dengan ruang multy yang cukup luas berukuran 4x4 meter, dan ini adalah ruang multy terbesar di referensi referensi denah kita kali ini. Penjelasan ini akan menjadi lebih masuk akal ketika rekan pembaca sekalian telah juga melihat dan membaca mengenai 15 referensi denah kita lainnya.
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

Tampak depan untuk denah ini bergaya desain modern minimalis dengan model atap pelana yang bersusun, arah jatuhan air atap ke depan dan ke belakang. Model atap seperti ini merupakan model atap paling aman dan fungsional untuk kebanyakan rumah rumah di perkotaan saat ini, dimana rumah rumah berdempet dan berjajar. Model atap seperti ini lebih meminimalkan potensi kebocoran selama pengerjaannya memang baik dan benar. Finishing fasade untuk denah ini bisa di bilang merupakan trend kebanyakan model model desain dimasa kini dan menurut kami rekan sekalian masih bisa mengeksplorasi lebih jauh untuk mendapatkan model desain yang lebih artistik lagi.

16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

3. Denah luas 145 m2


Denah kita yang ke tiga memiliki luas total bangunan 145 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 75 m2 untuk luasan lantai satu dan 70 m2 untuk luasan lantai dua. Denah kita ke tiga ini bisa di katakan cukup aman dari sisi pengelolaannya, memiliki dua buah akses masuk menuju bangunan dimana akses alternatifnya langsung menghubungkan kita dengan area servis atau kamar pembantu. Hal lainnya yang bisa di katakan cukup aman adalah pengelolaan area kamar tamu di bagian depan bangunan dimana tampak bahwa privasi kamar dan kamar mandi masih cukup terjaga, berbeda dengan denah denah kita lainnya di pembahasan ini.

Hal lainnya yang juga bisa di katakan cukup aman adalah menderet ruang TV, kemudian ruang makan dan dapur yang di hubungkan langsung dengan area taman belakang adalah ide yang cemerlang menurut hemat kami, dan kondisi ini juga memungkinkan kita mengatur lebih banyak cahaya untuk masuk di dalam bangunan. Hanya saja kekurangan dari desain ini adalah tidak adanya area yang dapat di gunakan sebagai area cuci dan jemur, itu artinya taman belakang bisa saja berubah menjadi area yang tidak tertata karena kehadiran area cuci jemur yang tidak terencana. Meskipun demikian area kamar pembantu bisa berubah menjadi area cuci jemur ketika pemilik rumah tidak memiliki seorang pembantu di rumah.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

Tampak depan untuk denah ini bergaya desain modern minimalis, sama dengan fasade pada denah kita sebelumnya juga menggunakan model atap pelana yang di susun. Komposisi fasade untuk bangunan ini bisa di katakan sangat solid dan berkesan kokoh. Bentang bangunan 9 meter tampak hanya di bagi menjadi dua bagian, bagian kamar utama dengan balkon dan bagian area tangga. Membagi fasade menjadi 3 bagian lebih kami rekomendasikan pada kasus seperti ini, ini di karenakan bentuk bangunan dengan bidang lebar cenderung lebih cepat memberikan perasaan bosan di banding dengan rumah dengan dinding atraktif.

16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

4. Denah luas 193 m2


Denah kita yang ke empat memiliki luas total bangunan 193 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 112 m2 untuk luasan lantai satu dan 81 m2 untuk luasan lantai dua. Denah ini di mulai dengan sebuah carport di sisi kri depan lahan dengan ukuran 3x5 meter. Area teras untuk denah ini sedikit menjorok keluar berbeda dengan denah denah kita sebelumnya atau bahkan dengan denah denah umumnya di pembahasan ini. Seperti halnya denah denah sebelumnya denah ini juga di bagi menjadi 3 bagian di lantai satunya dan 1 bagian di lantai dua nya. Uniknya jika kita melihat denah di lantai dua terasa bidang fasade seharusnya akan menjadi datar dan membosankan namundi sini kecerdikan dari sang arsitek engeksekusinya dengan gaya desain mediteranian.

Selain carport denah ini juga di lengkapi dengan sebuah garasi mobil berukuran 3x6 meter yang terhubung langsung dengan ruang makan di dalam bangunan, konsep ini menurut hemat kami lebih tepat di banding dengan beberapa denah kita sebelumnya yang menghubungkan garasi dengan dapur secara langsung. Dapur sendiri pada denah ini di letakkan di bagian paling belakang kiri bangunan, dimana biasanya kamar tidur pembantu di letakkan. Di denah ini kamar tidur pembantunya sendiri di letakkan di lantai dua, tepat di atas dapur dan ruang makan yang mana area ini juga di manfaatkan sebagai area cuci dan jemur. Konsekuensi dari ide ini tentunya membuat luas bangunan menjadi lebih besar yang juga berdampak pada biaya membangun.

Di lantai dua selain kamar tidur pembantu juga terdapat 3 buah kamar tidur lainnya yang terdiri dari 1 buah kamar tidur utama berukuran 4x9 meter dimana kamar utama ini juga telah di lengkapi dengan kamar mandi dan walkin close. 2 kamar tidur lainnya merupakan kamar anak dengan ukuran masing masing 3.5x3.5 meter. Terdapat juga 1 buah kamar mandi berukuran 2x2 meter yang dapat di gunakan secara bersama.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

Tampak depan untuk denah ini bergaya desain mediteranian dengan model atap perisai. Sebagaimana kita telah bahas sebelumnya bahwa model denah yang flat di lantai dua di selesaikan dengan sangat baik pada fasadenya sehingga bangunan terasa lebih atraktif. Pemilihan gaya desain mediteranian memungkinkan sang arsitek bermain dengan lebih banyak detail dan profil hal inilah yang menjadikan desain ini menjadi sangat keren dengan model denah yang cukup maksimal.

16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

5. Denah luas 155 m2


Denah kita yang ke lima memiliki luas total bangunan 155 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 101 m2 untuk luasan lantai satu dan 54 m2 untuk luasan lantai dua. Untuk model denah lantai satu pada denah kita ini bisa di katakan merupakan denah tipikal dari desain desain denah dengan spesifikasi judul kita kali ini. Hanya saja yang membedakan denah ini dengan denah denah kita lainnya adalah bentuk lyout dari lantai duanya yang di buat jauh lebih simple dengan 2 buah kamar tidur.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

Tampak depan untuk denah ini bergaya desain modern minimalis dengan model atap perisai yang di susun. Pada kasus rumah cluster seperti ini dimana rumah berderet saling berdampingan penggunaan model atap limasan atau perisai perlu memperhatikan desain talang air yang berada di kiri kanan bangunan, karena area ini menjadi area yang sering kali bocor dan menyebabkan rembesan pada ruang di bawahnya. Untuk mencegah terjadinya kebocoran sebaiknya desain di pertimbangkan dengan matang, kemudian ketika proses pembangunan sebaiknya area ini benar benar di beri perhatian, ketersediaan saluran atau drainase yang baik akan mencegah terjadinya kebocoran di kemudian hari.

16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

6. Denah luas 191 m2


Denah kita yang ke enam memiliki luas total bangunan 191 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 96 m2 untuk luasan lantai satu dan 95 m2 untuk luasan lantai dua. Model denah bisa di katakan cukup unik dengan sebuah taman kecil di bagian belakang bangunan, kita bisa melihat bagaimana area lantai satu keseluruhan atapnya di cor yang sebagiannya di gunakan sebagai ruang ruang berfunsi utama di lantai dua, dan sebagian area lainnya di manfaatkan sebagai tempat cuci jemur dan area atau ruang untuk bersantai.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

Tampak depan untuk denah ini bergaya desain artdeco atau kolonial, gaya desain ini kembali di populerkan oleh beberapa pengembang perumahan di indonesia namun dengan tampilan yang lebih fresh dengan sentuhan sedikit modernitas. Bukan tampa alasan gaya desain art deco memang sangat cocok untuk model desain rumah berkarakter mewah yang di kembangkan oleh beberapa pengembang.

16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

7. Denah luas 196 m2


Denah kita yang ke tujuh memiliki luas total bangunan 196 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 106 m2 untuk luasan lantai satu dan 90 m2 untuk luasan lantai dua. Sangat berbeda dengan umumnya denah denah kita di pembahasan ini denah kita yang ke tujuh ini memilih menempatkan ruang tamunya di sudut kanan bangunan hal ini menyebabkan olahan orientasi ruang dalam bangunan berdeda drastis dan hasilnyapun sangat jauh berbeda dengan denah denah lainnya. Namun menurut kami upaya ini tidak cukup positif, misalnya saja kebanyakan area di lantai dua menjadi tidak maksimal karena bentuk koridor  L yang menghubungkan ruang ruang yang sebenarnya dengan luasan bangunan yang hampir 200 m2 area seperti itu tidak mesti ada. Area tangga juga menjadi area yang gelap apabila tidak di desain menggunakan sky ligth atau pencahayaan alami dari atas bangunan.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

Tampak depan untuk denah ini bergaya desain modern minimalis dengan model atap perisai atau limasan. Desain fasade bangunan terasa simple rapih dan kokoh, ini di karenakan sang arsitek membagi zona zona desain nya dengan karakter yang solid dan jelas antara satu dengan lainnya, dengan kata lain tidak ada elemen desain yang overlaping satu dengan lainnya yang sering kali memburamkan bentuk bangunan secara utuh.

16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

8. Denah luas 181 m2


Denah kita yang ke delapan memiliki luas total bangunan 181 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 100 m2 untuk luasan lantai satu dan 81 m2 untuk luasan lantai dua. Denah lantai  satu di mulai dengan sebuah carport di sudut kiri depan lahan, carport cukup luas dengan kapasitas dua buah mobil atau berukuran 5x5 meter. Dari carport ini kita akan dapati sebuah teras besar memanjang dengan ukuran 1.2x6 meter, teras ini akan menghubungkan kita dengan ruang ruang di dalam bangunan di lantai satu. Konsekuensi dari carport yang lebih luas menyebabkan taman depan menjadi lebih kecil dari biasanya dengan ukuran 4x5 meter.

Selain carport, denah ini juga memiliki garasi dengan kapasitas satu buah mobil atau berukuran 3x6 meter. Dari garasi ini kita bisa mengakses area di dalam bangunan melalui sebuah pintu yang berhubungan langsung dengan dapur berukuran 3x4 meter. Untuk ruang tamu sendiri cukup luas dengan ukuran 4x4 meter, bersambung langsung dengan ruang makan yang juga berukuran 4x4 meter. Di sebelah kanan rung tamu adalah tangga menuju lantai 2 dengan sebuah kamar mandi di bawah bordesnya. Sebelum tangga ada sebuah ruang kecil berukuran 2x2 meter yang di gunakan sebagai ruang TV kecil.

Di lantai satu ini terdapat dua buah kamar tidur, 1 buah kamar tidur berukuran 3x3 meter yang merupakan kamar tamu dan  1 kamar lainnya berukuran lebih kecil yang merupakan kamar pembantu. Di lantai dua kita akan menemukan ruangan berbentuk L dengan luas kurang lebih 20 m2, ruang ini menjadi ruang penghubung kamar kamar di lantai dua. 1 buah kamar utama terletak di bagian depan denah dengan ukuran 3.5x5 meter, kamar utama ini juga di lengkapi sebuah kamar mandi berukuran 2x2.5 meter. 2 kamar tidur lainnya masing masing berukuran 3x3 meter dengan satu buah kamar mandi yang di gunakan bersama dengan ukuran 2x2 meter.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

9. Denah luas 174 m2


Denah kita yang ke sembilan memiliki luas total bangunan 174 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 97 m2 untuk luasan lantai satu dan 77 m2 untuk luasan lantai dua. Denah ini memiliki tipologi yang kurang lebih sama dengan denah kita sebelumnya pada poin 8 hanya saja ada beberapa perbedaan antara satu dengan lainnya. Perbedaan pertama ada pada area dapur di lantai satu yang memiliki ukuran lebih kecil, sehingga area kamar pembantu ikut tertarik kedepan dan menyisakan taman kecil di bagian bangunan selebar 1 meter.

Masih di area lantai satu perbedaan lainnya juga ada pada bentuk teras depan yang lebih pendek dari denah sebelummnya yang teras depannya memenuhi dinding di bagian depan bangunan. Perbedaan lainnya terdapat di lantai dua, dimana ruang penghubung di lantai dua yang pada denah sebelumnya berbentuk L di denah ini tampil lurus dengan luasan yang lebih kecil, dan perbedaan terakhir antara dua denah ini model lyout balkon yang lebih simple dari sebelumnya.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

10. Denah luas 178 m2


Denah kita yang ke sepuluh memiliki luas total bangunan 178 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 97 m2 untuk luasan lantai satu dan 81 m2 untuk luasan lantai dua. Untuk denah ini juga kurang lebih sama dengan denah kita di atas pada poin 9, perbedaan hanya pada luas area multy di lantai dua yang menghubungkan ruang ruang di lantai dua itu berukuran lebih besar, serupa dengan denah kita di poin 8 area ini berbentuk L dengan adanya ruang duduk atau ruang TV tepat di posisi L nya atau di depan anak tangga.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

11. Denah luas 177 m2


Denah kita yang ke sebelas memiliki luas total bangunan 177 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 100 m2 untuk luasan lantai satu dan 77 m2 untuk luasan lantai dua. Kalau pada denah sebelumnya perbedaan ada pada bentuk denah lantai duanya pada denah ini perbedaan justru ada pada lantai satunya, perbedaan ini bisa di katakan sangat kecil atau bisa di katakan tidak berarti yaitu di denah kita kali ini area di belakang kamar pembantu itu di buat memiliki lantai kerja yang bisa di gunakan sebagai tempat cuci dan jemur, kita ketahui pada denah kita sebelumnya di poin 9 denah ini dimanfaatkan sebagai taman atau kelebihan lahan saja tanpa lantai kerja.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

12. Denah luas 181 m2


Denah kita yang ke duabelas memiliki luas total bangunan 181 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 100 m2 untuk luasan lantai satu dan 81 m2 untuk luasan lantai dua. Untuk denah kita kali ini untuk luasan dan tipologi denah kurang lebih masih sama saja dengan denah kita di poin delapan, hanya saja untuk lantai duanya pada denah ini luasan 2 buah kamar anak di buat lebih besar, hal ini mungkin di lakukan dengan menghilangkan area duduk di lantai dua yang menjadikan area multy yang tadinya berbentuk L berubah menjadi berbentuk lurus. Perbedaan lainnya juga ada pada model balkon yang leebih atraktif, kal ini biasanya di pengaruhi oleh perbedaan bentuk fasade untuk masing masing desain denah.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

13. Denah luas 181 m2


Denah kita yang ke tigabelas memiliki luas total bangunan 181 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 100 m2 untuk luasan lantai satu dan 81 m2 untuk luasan lantai dua. Pada denah kita yang ke tiga belas ini tipologi denah secara umum sama saja dengan denah denah kita sebelumnya, terutama dengan denah kita sebelumnya di atas, hanya saja perbedaannya ada pada keberadaan ruang TV yang di letakkan memisahkan dua buah kamar anak, yang artinya pada denah ini ukuran kamar anak kembali berukuran standar namun dengan tambahan ruang santai atau ruang duduk di lantai dua.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

14. Denah luas 153 m2


Denah kita yang ke empat belas memiliki luas total bangunan 153 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 81 m2 untuk luasan lantai satu dan 72 m2 untuk luasan lantai dua. Denah lantai  satu di mulai dengan sebuah carport di sudut kanan depan lahan berukuran 3x5 meter. Di sisi kirinya terdapat taman berukuran 5x6 meter. Teras utama bangunan berada di bagian tengah dengan ukuran 1.2x3 meter. Selain car port denah ini juga memiliki garasi dengan kapasitas 1 buah mobil.

Area belakang lahan masih menyisakan area kosong dengan luas 28 m2 atau berukuran 4x7 meter. Ruang ruang di lantai satu dari depan bangunan di mulai dengan ruang tamu berukuran 2.5x3 meter kemudian ruang makan berukuran 3x5 meter. Di sisi kanan dari ruang makan ini ini adalah dapur yang di ukuti kamar pembantu berukuran 3x3 meter di area belakang bangunan. Adapun di sisi kirinya adalah ruang TV atau ruang keluarga yang juga berbatasan dengan tangga menuju lantai dua, dan kamar tamu berukuran 3x4 meter di lantai satu.

Di lantai dua ruang pertama yang akan kita temukan adalah sebuah ruang kecil berukuran 1.75x3 meter dimana ruang ini akan menghubungkan kita dengan 3 buah kamar tidur di lantai dua dan 1 buah kamar mandi bersama. Ruang tidur pertama merupakan ruang tidur  utama dengan ukuran 3.5x6 meter, kamar ini juga telah di lengkapi dengan kamar mandi berukuran 1.75x2 meter. 2 Kamar tidur lainnya masing masing berukuran 3x3.5 meter dan 3x4 meter. Di lantai dua juga terdapat area jemur yang cukup luas yang aksesnya bisa di capai melalui tangga putar di bagian belakang rumah.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

15. Denah luas 159 m2


Denah kita yang ke limabelas memiliki luas total bangunan 159 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 90 m2 untuk luasan lantai satu dan 69 m2 untuk luasan lantai dua. Denah lantai  satu di mulai dengan sebuah carport di sudut kanan depan lahan berukuran 3x5 meter yang kemudian di ikuti oleh sebuah garasi berukuran sama yaitu 3x5 meter. Dari garasi mobil ini juga kita dapat mengakses area di dalam bangunan melalui sebuah pintu yang terhubung langsung dengan dapur berukuran 2.75x3 meter. Terus kebelakang adalah kamar pembantu berukuran 3x3 meter dengan kamar mandi berukuran 1x2 meter, di area kamar pembantu ini terdapat tangga putar yang menghubungkan kita dengan area cuci jemur di lantai dua.

Di sisi paling kiri bangunan di isi dengan kamar tidur berukuran 3x3 meter, kemudian sebuah kamar mandi di bawah tangga  berukuran 1.5x2 meter dan di ikuti dengan tangga serta ruang TV atau ruang keluarga di sudut kiri paling belakang bangunan. Ruang keluarga ini berbatasan langsung dengan taman berukuran 4x6 meter, selain terhubung dengan ruang TV taman ini juga langsung terkoneksi dengan ruang makan yang letaknya berada di tengah bangunan. Dari ruang makan ke depan kita akan menemukan sebuah ruang tamu berukuran 3x4 meter dan teras yang menghubungkan kita dengan halaman depan rumah.

Di lantai dua ruang pertama yang akan kita temukan adalah sebuah ruang kecil berukuran 2x3 meter, dimana ruang ini akan menghubungkan kita dengan 3 buah kamar tidur di lantai dua. 1 buah kamar utama berukuran 3.75x7 meter dengan kamar mandi di dalam dan 2 buah kamar tidur lainnya masing masing berukuran luas antara 9 m2 sampai dengan 11 m2. Dua buah kamar ini berbagi kamar mandi yang sama dengan ukuran 2x2.3 meter. Salah satu dari dua kamar ini juga telah di lengkapi dengan sebuah balkon kecil berukuran 1x2 meter.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

16. Denah luas 153 m2


Denah kita yang ke enam belas memiliki luas total bangunan 153 m2 dengan komposisi pembagian luas bangunan 81 m2 untuk luasan lantai satu dan 72 m2 untuk luasan lantai dua. Denah lantai  satu di mulai dengan sebuah carport di sudut kanan depan lahan berukuran 3x5 meter. Di sisi kirinya terdapat taman berukuran 5x6 meter. Teras utama bangunan berada di bagian tengah dengan ukuran 1.2x3 meter. Selain car port denah ini juga memiliki garasi dengan kapasitas 1 buah mobil. Denah ini kurang lebih sama dengan denah kita sebelumnya yaitu denah ke 14 hanya saja di sini kami membedakan pembahasannya karena adanya sedikit perbedaan antara ke duanya terutama untuk di area dinding depan pembentuk fasade bangunan, oleh karena itu untuk pembahasan yang lebih lanjut rekan sekalian bisa kembali pada pembahasan kita di poin ke 14 di atas.

16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Denah rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

Tampak depan untuk denah ini bergaya desain modern minimalis dengan model atap pelana yang bersusun, jatuhan air ke depan dan ke belakang. Tampak bangunan terasa sangat solid dengan permainan list dan kanopi tebal yang di susun secara vertikal dan horizontal. Warna bangunan yang relativ simple dengan dominasi warna krem membuat fasade bangunan ini semakin terlihat kokoh, kekurangan dari metode finishing desain seperti ini menjadikan aksen bangunan tersamarkan atau tidak mudah di sadari keberadaannya.

16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai
16 Tampak depan rumah minimalis ukuran 9x18 meter 5 kamar tidur 2 lantai 

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2019
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892 
untuk berbagai contoh desain lainnya:
DAFTAR LENGKAP DESAIN RUMAH MINIMALIS TERBARU

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days