LINGKAR WARNA: 15 desain inspiratif rumah minimalis 2023 3 kamar tidur + DENAH 15 desain inspiratif rumah minimalis 2023 3 kamar tidur + DENAH ~ LINGKAR WARNA -->

Monday, May 01, 2023

 
desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

1 mei 2022

Bismillahirrahmanirrahim

15 desain inspiratif rumah minimalis 2023 3 kamar tidur + DENAH

Tahun 2023 telah 4 bulan berjalan dan telah memasuki hari pertama di bulan ke limanya, karena kesibukan dan lain hal kami baru bisa meng update referensi desain rumah yang biasanya rutin kami upload di website ini. Jika anda pertama kali mengunjungi website ini perlu kami informasikan bahwa website ini berisi ribuan desain rumah yang referensinya mulai kami upload sejak tahun 2014 atau sekitar 9 tahun yang lalu. Anda bisa menggunakan kolom pencarian pada bawah website ini untuk menemukan referensi desain yang anda inginkan atau menggunakan tag kategori yang bisa anda temukan pada menu di website ini.

Biasanya setiap tahun kita akan mengupdate beberapa contoh referensi desain rumah yang berkaitan dengan bilangan tahun, maknanya bisa berkaitan dengan trend desain dan atau berkaitan dengan desain rumah pilihan untuk tahun yang di maksud misalnya saja pada artikel ini  adalah rumah minimalis 2023.

Pembahasan kali ini akan cukup panjang dengan 11 sub bahasan yang akan mengulas 15 gambar referensi desain rumah yang tentunya akan sangat menarik untuk di simak tidak hanya ulasannya tetapi juga gambar gambar 3d yang di tampilkan. Sebagaimana judulnya referensi desain kali ini juga akan di lengkapi dengan layout desain denahnya jadi bisa di pastikan ulasannya akan sangat informatif dan cukup bagi anda yang sedang mencari referensi desain rumah!


1. Rekomposisi desain rumah

Sumber referensi desain dari website ini biasanya adalah berupa proyek desain rumah yang telah kami kerjakan, kemudian juga referensi desain dari sumber sumber website lain dan juga berupa desain rumah yang sengaja kami buat sebagai konten dengan meredesain atau merekonstruksi ulang sebuah desain rumah yang sudah ada kemudian merekomposisi fasad dan denahnya sehingga menjadi desain baru yang fresh dan tentu saja dengan penampakkan yang bisa di lihat dari berbagai sudut pandang.

Gambar di bawah ini merupakan gambar referensi yang kita jadikan inspirasi untuk memulai proyek ini yang kita beri judul rumah minimalis 2023. Tentu saja tidak hanya dengan satu gambar namun juga ada beberapa gambar lainnya yang tidak kami tampilkan di sini. 

desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

2. Desain rumah minimalis 1 lantai


Desain hasil rekomposisi ini memang di buat dengan dinding yang jauh lebih tinggi namun masih dengan 1 lantai bangunan saja. Untuk detailnya berapa tinggi dinding? tebal kanopi dan lainnya tidak kami ulas di sini yang pasti peninggian dinding di lakukan untuk mendapatkan penampilan bangunan yang lebih proporsional baik dengan lebar bangunan atau dengan berbagai elemen desain yang lainnya. Pengkomposisian yang rapih merupakan faktor utama yang menjadikan penampilan bangunan menjadi jauh lebih menarik untuk di lihat. Pengkomposisian sendiri tidak hanya identik dengan bentuk bangunan tetapi juga pada kombinasi dan pilihan warna.

desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

3. Desain rumah dengan bentuk atap limasan


Sebagaimana asal referensinya hasil rekonstruksi desain rumah ini masih mempertahankan bentuk atap limasan dengan kemiringan atap 35 derajat. Pemilihan kemiringan atap ini juga akan sangat identik dengan upaya arsitek untuk menemukan komposisi rancangan yang proporsional. Bentuk atap limasan sendiri memiliki beberapa penamaan lain misalnya atap perisai atau bahkan bentuk atap bungkus nasi. Gambar dan ulasan mengenai atap limasan ini natinya akan lebih lengkap di bahas pada poin 8 di artikel ini.

desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

4. Fasad rumah minimalis


Bentuk atap rumah minimalis ala indonesia dengan karakteristik permainan bidang bidang kotak atau balok yang di susun vertikal atau horizontal. Bidang bidang ini di dapatkan dari kolom dan tiang bangunan, kemudian kanopi teras dan jendela, list dan profil sampai dengan permainan ketebalan dinding. Permainan bidang ini kemudian di komposisikan sedemikian rupa sehingga menjadi satu desain yang menarik. Untuk memperkuat kesan, bidang bidang di cat dengan beberapa warna yang berbeda dan pada area tertentu di tutup atau di lapisi dengan batu alam.

desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

5. Rumah dengan kombinasi warna merah


Pada sebuah bangunan biasanya akan terdapat beberapa pengaplikasian warna, misalnya saja pada rumah ini warna merah menjadi warna aksen yang memberi karakter kuat pada keseluruhan tampilannya, warna aksen ini juga akan menjadi ciri pewarnaan yang dengannya bangunan akan di kenali. Warna putih di gunakan sebagai warna utama bangunan yang menutupi lebih dari 50 persen bagian dinding rumah, warna utama merupakan warna warna dengan karakter umum yang bisa di kombinasikan dengan berbagai warna lainnya misalnya putih, krem, abu abu dan lainnya. Kemudian warna abu abu menjadi warna sekunder atau warna pendukung yang di aplikasikan pada list dan profil dan yang terakhir adalah penggunaan batu alam untuk memberikan kesan yang lebih alami pada bangunan.

desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

6. Desain teras rumah minimalis


Pada desain denah dan pola sirkulasinya maka rumah ini di rancang dengan 2 buah pintu yang menghubungkan halaman depan bangunan dengan bagian interior bangunan. Pintu yang pertama merupakan main entrance atau pintu yang menghubungkan kita dengan ruang tamu dan pintu yang kedua adalah pintu alternatif atau servis yang menghubungkan kita dengan area dapur di dalam bangunan. Sebagai elemen pembentuk fasad bangunan pembahasan  mengenai desain teras ini akan sama dengan pembahasan mengenai konsep penampilan bangunan secara umum yang telah kita bahas pada poin poin sebelumnya yaitu berdesain sederhana dan minimalis.

desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

7. Tiang kolom teras minimalis


Dari dua buah teras rumah ini, salah satunya merupakan teras utama bangunan yang memiliki atap kanopi beton yang di topang oleh 3 buah tiang kolom teras. Biasanya kolom akan berpasangan memberikan kesan kaki kaki pemikul kanopi yang kokoh, namun pada desain ini tiang pemikul kanopi di susun dengan komposisi asimetris dimana dua kolom di letakkan di sisi kiri teras dan satu tiang lainnya di letakkan di sisi kanannya sehingga membentuk pola  dua satu. Dua kolom di kiri di desain bergandengan dan satu lainnya di desain memanjang atau melintang manampakkan bidang kolom yang lebih lebar.

desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

8. Bentuk atap rumah limasan


Pada poin sebelumnya kita telah menyinggung mengenai penggunaan bentuk atap limasan pada desain rumah ini, 4 buah gambar di bawah akan memberikan penampakkan bentuk atap limasan yang lebih jelas untuk desainnya yaitu berupa bentuk atap limasan sempurna tampa percabangan atap atau yang lainnya. Untuk bahan penutup atap sendiri genteng beton flat bisa menjadi pilihan yang sesuai dengan bentuk bentuk desain minimalis seperti ini.

desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

9. Kombinasi atap miring dan dak beton


Selain bentuk atap limasan penggunaan atap miring dan dak beton juga di aplikasikan pada desain ini sehingga konsep penampakan yang di inginkan tercapai. Penggunaan atap miring terletak di kiri kanan bangunan yaitu di atas area servis dapur, ruang setrika, kamar tidur 1, kamar mandi bersama dan area teras di bagian belakang rumah adapun penggunaan atap dengan dak beton di aplikasikan tepat di atas ruang cuci yang juga di fungsikan sebagai tempat penyimpanan tandon atau tangki air.

desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

10. Denah rumah minimalis 3 kamar tidur lebar 11 meter panjang 18 meter


Denah rumah ini memiliki luasan total lantai fungsional di luar teras adalah 86 m2, jika dengan memasukkan area teras dan area jemurnya maka denah memiliki luas total 117 m2. Luasan ini berdiri atau di desain di atas tanah dengan ukuran 11x18 meter. Terdiri atas 3 kamar tidur, carport, teras, ruang tamu, ruang TV, ruang makan, dapur, ruang setrika, ruang laundry, ruang jemur, gudang dan 2 buah kamar mandi. Bnetang lebar denah di bagi menjadi 4 bagian yaitu 2 meter untuk dapur, 3 meter untuk kamar tidur, 3 meter untuk ruang tamu dan 3 meter lainnya untuk kamar tidur.

desain rumah minimalis
desain rumah minimalis

11. RAB desain rumah


Dengan luasan 117 meter persegi rencana anggaran biaya yang di butuhkan untuk membangun rumah ini adalah Rp. 526.500.000,00- bisa lebih dari itu. Kurang dari ini memungkinkan namun mungkin dengan kualitas yang jauh lebih rendah

denah rumah minimalis
denah rumah minimalis

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar
Melayani seluruh indonesia
Hubungi WA:081241644892
untuk berbagai contoh desain lainnya:


Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days