31 Desain denah rumah minimalis dengan lebar 4 meter, 5 meter dan 6 meter ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Friday, 11 May 2018

10 mei 2018
21 april 2019 (edited)

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Referensi terbaru : 31 Desain denah rumah minimalis dengan lebar 4 meter, 5 meter dan 6 meter.

edited: Kami melihat bahwa artikel ini masih sangat relefan dengan trend di tahun 2019, di tahun 2020 bahkan di beberapa tahun kemudian sehingga kami terdorong untuk meyempurnakan bahasan mengenai 31 referensi kita ini, perlu juga di ketahui bahwa judul asli dari artikel ini adalah  31 Desain denah rumah minimalis trend 2018 yang kemudian kita perbaharui menjadi 31 Desain denah rumah minimalis dengan lebar 4 meter, 5 meter dan 6 meter. sehingga bisa lebih mewadahi informasi yang lebih luas dan tidak terikat oleh waktu tertentu. Dan di beberapa paragraf awal adalah tulisan asli kami di tahun 2018 lalu. Tulisan tulisan tambahan di mulai ketika kami mereview desain desain denah ini dengan penjelasan penjeasan yang lebih terperinci.

alhamdulillah kembali kita mengupdate tulisan kita mengenai trend desain rumah minimalis 2018 yang kali ini akan fokus membahas mengenai desain denah rumah minimalis secara khusus. Untuk di ketahui bahwa sebelumnya telah ada dua tulisan yang mendahului artike kita kali ini yang pertama Desain rumah minimalis trend 2018 yang merupakan pengantar dari serial artikel trend rumah minimalis 2018 dan yang kedua 33 desain fasade rumah minimalis dengan lebar 4, 5 dan 6 meter, nah sebelum lebih jauh membaca tulisan kita kali ini silahkan kembali kepada dua artikel kita sebelumnya untuk pemahaman yang lebih utuh mengenai bahasan kita kali ini. Dan buat anda yag telah membaca dua artikel langsung aja ke pembahasan yah.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
JOIN GROUP NASIONAL MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG !!!!


Sedikit mereview mengenai pembahasan kita sebelumnya, terutama kaitannya dengan pembahasan denah rumah minimalis, telah di paparkan bahwa ada berbagai permasalahan yang akan di hadapi para arsitek kita dalam merencanakan desain rumah di antaranya adalah permasalahan lahan yang sempit di perkotaan, kebutuhan ruang yang tinggi, kebutuhan akan relaksasi dan berbagai kebutuhan klien lainnya, nah pembahasan mengenai denah kita kali ini akan sangat dekat dengan 3 poin di atas apa itu??? pertama lahan yang sempit, kebutuhan luas ruangan yang memadai dan ketiga kebutuhan agar rumah menjadi tidak hanya sekedar tempat tidur tetapi juga berfungsi relaksasi bagi penghuninya.






Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

Sebagaimana 33 desain fasade yang telah kita tampilkan sebelumnya, denah denah kita kali ini memiliki lebar antara 4 meter dan lima meter saja, bisa dikatakan sangat sempit untuk ukuran sebuah rumah. Pengolahan denah dengan lebar bangunan seperti ini tentu sangat sulit dan butuh ketelitian agar menghasilkan pembagian ruang yang maksimal. Menyadari hal tersebut maka lahirlah tulisan ini, untuk membatu rekan sekalian baik sebagai arsitek maupun pemilik rumah dalam memperoleh referensi yang memadai mengenai praktek pengolahan lahan sempit menjadi sebuah bangunan.

Disini kami menampilkan secara khusus referensi referensi denah saja tanpa bentuk bangunannya, sebagai mana kami menampilkan 33 bentuk fasade rumah minimalis sebelumnya tanpa denah bangunannya. Namun anda tidak perlu khawatir karena kami telah mempersiapkan satu artikel yang membahas mengenai desain rumah minimalis di lengkapi dengan referensi denah plus desain fasade rumahnya sekaligus dalam satu artikel dan dalam satu ilustrasi gambar.

Kembali kepada pembahasan kita mengenai 31 Desain denah rumah minimalis trend 2018, kebutuhan ruang yang kompleks dan nyaman juga menyebabkan denah denah bangunan akan di rencanakan di antara dua sampai dengan 4 lantai bangunan. Sehingga dalam referensi kita kali ini anda tidak akan menemukan denah bangunan rumah minimalis untuk satu lantai bangunan dan keumumannya justru berlantai 3 dan 4 bangunan.

Selain pertimbangan efektifitas pertimbangan investasi ekonomi juga akan mendorong pembangunan rumah rumah di perkotaan dengan lahan sempit akan di bangun dengan 3 atau empat lantai bangunan, tujuannya agar memiliki nilai investasi jangka panjang dan seandainya akan di jual kembali maka harga bisa lebih menguntungkan.

Hal terberat dari penjelasan penjelasan kita di atas bagi para arsitek adalah dalam kondisi yang demikian para arsitek dituntut untuk mengkreasikan desain ruang ruang yang super nyaman, aman dan bisa menjadi tempat relaks dan refreshing bagi pemilik rumah setelah menjalani kesibukan kota yang padat dan penuh stres. Luas ruang yang di maksimalkan, plafon yang tinggi, penggunaan void di tengah ruangan sampai dengan menghadirkan tanaman dalam bangunan adalah menjadi fokus ide dari denah denah kita kali ini.


Konsep atau ide ide ini akan tampak lebih jelas lagi dalam pembahasan mengai trend desain interior rumah minimalis 2018 pada artikel kita berikutnya. Oleh karena itu terus ikuti website kami karena akan ada banyak pembahasan yang menarik mengenairumah minimalis ini. Dan pada artikel ini kami akan mereview beberapa denah dalam literatur kita ini, dengan beberapa penjelasan penjelasan sehingga rekan sekalian juga dapat dengan mudah mengkonsumsi referensi refeensi ini.


Review denah kita yang pertama kita tujukan pada gambar denah di bawah tulisan ini, yaitu sebuah denah dua lantai bangunan dengan 3 kamar tidur. Jika kita memperhatikan perabot yang ada seperti sleepingbed maka bisa di pahami bahwa lebar bangunan ini paling kecilnya berukuran 4 meter dan paling lebarnya berukura 4.5 meter atau kurang dari 5 meter. Di lantai satu keseluruhannya di gunakan sebagai lantai servis dan ruang tamu, dan di lantai 2 di gunakan sebagai ruang beristirahat yaitu kamar tidur. Jadi jika penghuni tidak sedang di kamar tidur atau WC maka sudah pasti penghuni sedang berada di lantai satu.

Area landsekap bangunan di bagian depan keseluruhannya di gunakan sebagai carport kecuali menyisahkan sedikit area untuk tanaman, begitu juga di daerah belakang rumah. Area teras di lantai 1 terbentang sepanjang lebar bangunan namun di lantai 2 hanya menggunakan balkon kecil di sudut kiri denah. Untk panjang lahan sendiri ini berada di dimensi antara 16 m sampai dengan 17 meter, dengan pembagian dari depan 4.5 carport, 1 meter teras, 9 meter panjang bangunan lantai 1 dan 2.5 meter taman belakang. Adapun untuk panjang bangunan di lantai dua adalah 13 meter.

Eksplorasi lain untuk denah ini menurut hemat kami bisa dengan membuat kamar tidur di lantai 2 cukup 2 buah saja, dan kamar 1 kamar tidur lainnya di bawah ke lantai satu sebagai kamar tamu. Ruang tamu boleh di buat sedikit lebih kecil. Living room atau ruang keluarga di pindahkan ke lantai 2.
Kemudian review denah kita yang kedua, adalah denah kita pada gambar tepat dibawah tulisan ini yaitu, denah dengan 4 lantai bangunan. Di sini tampak yah berdasarkan ukuran perabot bisa kita pahami bahwa denah kita di bawah ini juga memiliki lebar antara 4 sampai 4.5 meter. Memiliki halaman depan dan belakang dengan panjang kurang dari 2 meter. Di lantai satu terdapat garasi mobil, pada denah ini di gambarkan pula bahwa garasi juga muat untuk 2 buah motor, ini untuk menjawab kebutuhan lahan parkir untuk 5 buah kamar tidur di atasnya, dan semua kamar tidur berukuran besar yah! artinya para penghuni bisa jadi berumur dewasa yang telah memiliki pekerjaan dan kendaraan.

Di lantai satu juga terdapat dapur, ruang makan dan sebuah kamar mandi yang terletak di bawah tangga. Nah jadi untuk penghuni yang berada di lantai 3 dan 4 ini bisa jadi permasaalahan yang serius yah untuk naik dan turun tangga menuju dapur dan ruang makan. Namun kami melihat disini sang desainer berasumsi bahwa aktifitas penghuni akan lebih banyak di habiskan di lantai 2 bangunan. Lantai 3 dan 4 bangunan ini merupakan lantai tipikal dengan 2 buah kamar tidur, dan satu buah kamar mandi untuk setiap lantainya.

Dilantai 2 terdapat living room, atau ruang keluarga atau ruang tv dengan 1 buah kamar mandi dan balkon kecil. Dilantai 3 dan 4 ukuran balkon menjadi lebih besar lebih daru seperdua lebar bangunan. Adapun untuk panjang bangunan, bangunan ini memiliki panjang tanah kurang lebih 14 meter, dengan pembagian 1.5 m panjang halaman depan, 5 meter panjang garasi, 6 meter panjang lantai servis dan 1.5 meter untuk panjang halaman belakang.

Wujud lain dari denah ini bisa dengan menggabungkan seluruh lantai servis di lantai 2, dan memindahkan 1 kamar tidur di lantai 2 ke lantai 1 sebagai kamar tamu. Dengan begitu penghuni di lantai 3 dan 4 tidak perlu turun lebih jauh untuk mengakses lantai servis ini, begitu juga dengan penghuni di lanta 1 nantinya.



Review denah kita yang ketiga, kembali merupakan denah dengan 2 lantai bangunan, lebar bangunan kurang lebih 5 meter adapun panjangnya kurang lebih 25 m. Dilantai satu, selain carport rumah kita kali ini juga memiliki garasi mobil. Ruang di entrance bangunguna di isi dengan foyer dimana juga terdapat tangga yang langsung mengarahkan penghuni ke lantai dua bangunan. Dari foyer ada lorong kecil yang menghubungkan foyer dengan courdyard ataau taman di tengah rumah kemudian setelahnya kita dapati ruang makan, dapur dan ruang tv.

Dilantai satu ini hanya ada satu buah kamar mandi yang letaknya tepat di bawah tangga. Dilantai dua tepat di ujung tangga kita dapati ruang kerja dengan dua kursi dan laptop. Tepat di sebelah ruang ini terdapat void  yang menghubungkan lantai 2 dengan courdyard di lantai 1. Ada 3 kamar tidur dengan 2 wc dan 1 loundry room. 1 wc umum dan yang satu lagi adalah wc dari kamar utama. Dari denah ini juga tampak bahwa penghuni akan sangat banyak menghabiskan waktunya di lantai satu, karena memang hampirsemua lantai serfis ini berada di lantai 1.



Pada kamar utama kita memiliki kamar mandi yang cukup besar dengan fasilitas yang cukup lengkap. Juga terdapat walkincloset atau ruang untuk meletakkan pakaian di ruang ini, hanya saja menukar posisi walkincloset dengan balkon adalah solusi yang cukup positif untuk ruang ini. Posisi tempat tidur juga di rubah ke arah yang berlawanannya. Kemudian pintu kamar mandi di letakkan menempel pada dinding sisi kanan begitu juga posisi pintu ruang pakaiannya sehingga tidak terjadi sirkulasi silang seperti yang ada pada denah ini.



Dimaklumi seseorang setelah mandi , walaupun telah melap badan dengan handuk maka akan tetap membawa sisa sisa air di badan atau di rambut, yang mana ini akan membasahi kamar ketika menuju ruang pakaian yang berada dengan posisi bersilangan dengan kamar mandi tersebut.




Review denah kita yang ke empat, Denah kita yang ke empat ini menurut kami sangat unik yah. Ini adalah denah dengan permainan split level yang total menurut kami. Dari lantai satu sampai dengan lantai 4 nya, hanya saja di sini jika rekan sekalian membuat rumah dengan stile seperti ini maka kesan yang akan di dapatkan seakan akan rumah itu memiliki 7 lantai bangunan. Baik saya akan jelaskan wujud dari denah ini berurut dari lantai satunya.

Setelah carport kita akan menaiki tangga di sisi kiri bangunan yang ketinggiannya itu setengah dari etinggian lantai umumnya. Berakhir di ruang dengan 2 sofa, meja makan dan satu tempat duduk personal. Dan ini sebenarnya bukan lantai utama melainkan bordes tangga yang di perbesar menjadi ruang. Nah level lantai 2 sebenarnya berada pada ruang dapur, jadi kita dari ruang dengan 2 sofa tadi naik lagi menuju ke area dapu. Dari daerah dapur kita naik lagi ke ruang TV inipun bukan lantai utama, ini adalah bordes yang di perbesar sama dengan penjelasan sebelumnya, Lantai utama kita adalah pada kamar tidur setelahnya.

Teknik ini berlanjut sampai dengan lantai di atasnya, Buat yang pengen badannya selalu kurus denah seperti ini akan sangat cocok yah, karena setiap peralihan aktivitas atau peralihan ruang maka penghuni meski menaiki tangga atau menuruninya. Untuk ukuran bangunan sendiri bangunan ini berukuran 4 x 13 dimana ada perbedaan dimensi ruang di setiap lantainya.



Untuk review denah kita ke lima, saya pikir denah ini juga cukup unik yah! Saya pribadi melihat model denah ini adalah model denah dimana rumah berada di tanah berkontur seperti tebing batu atau tanah. Area entrance tertanam dalam bukit tersebut sehingga di lantai satu itu hanya ada fungsi pintu untuk mengakses ruang atau bangunan utama di atasnya. Denahnya sendiri cukup menarik yang di lantai satu ada 2 buah kamar tidur dan dua buah kamar mandi, kamar mandi kedua yang terletak di luar kamar tidur tampaknya cukup aneh karena tepat berhadapan dengan pintu kamar lainnya yang sebenarnya memiliki kamar mandi di dalamnya. Mungkin kalaupun kita terinspirasi dengan idenya merubah posisi pintu ini sangat di rekomendasikan.



































Model rumah minimalis 2019
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892 
untuk berbagai contoh desain lainnya:
https://www.lingkarwarna.com/2019/05/daftar-lengkap-desain-rumah-minimalis_1.html


Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur terbaru




Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time