Mendunia dengan botol bekas dan bambu, biro arsitektur ini menang festival karya arsitektur dunia tahun ini 2015 ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Tuesday, 10 November 2015



10 november 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Botol plastik dan bambu?? sederhanakan?? tapi di tangan arsitek yang tepat hasilnya akan jauh berbeda! hal ini juga menentukan kualitas seorang arsitek, di dukung dengan dokumentasi dan publikasi yang benar maka akan menghasilkan sebuah efek komunikasi yang sangat efektif.

Bottle Sail: image Courtesy of 1+1>2 International Architecture JSC

Bottle Sail: image Courtesy of 1+1>2 International Architecture JSC




Bottle sail adalah salah satu karya arsitektur bambu dan bottle biro ini, dengan luas kurang dari 16m2 ini meraka sukses mengkreasikan karya yang menginpirasi orang orang didunia. Bottle sail di jelaskan sebagai bagian dari rangkaian project pengembangan komunitas, di mana tujuan dari bangunan ini di buat adalah untuk meningkatkan kualitas agrikultur, ruang sosial penghubung masyarakat, menolong orang dengan HIV /AIDS  untuk rehabilitasi sosial.

Bottle Sail: image Courtesy of 1+1>2 International Architecture JSC

Karya lain dari biro ini yang juga tidak kalah menginspirasi adalah Vegetable Nursery House, sebuah rumah pembibitan tanaman sayur sayuran terletak tepat di lokasi pertanian, rumah ini juga berfungsi sebagai tempat peristirahatan para petani di sela sela kesibukan bertani dan tidak kalah menarik rumah ini juga menjadi tempat berkunjung dan belajar bagi anak anak mengenai sayuram.

Vegetable Nursery House: image Courtesy of 1+1>2 International Architecture JSC

Dengan luas kurang lebih 6m2 dan tinggi 3,6m bentuknya sangat unik, menarik namun tetap sederhana, bangunan ini memberikan kesan yang sangat kuat pada ladang pertanian ini. Rumah pembibitan ini terbuat dari sekitar 2000 botol plastik bekas yang di kumpulkan oleh para pelajar dan komunitas, penggunaan botol plastik bertujuan meredam sinar matahari secara langsung dan mengatur kualitas suhu di dalam rumah pembibitan.

Bambu dalam desain arsitektur
Membagun dengan bambu
Kumpulan gambar contoh furniture bambu
Desain rumah modular berbahan bambu
Arsitektur bambu

Vegetable Nursery House: image Courtesy of 1+1>2 International Architecture JSC

Desain berikutnya adalah desain yang membawa biro ini menang dalam festival karya arsitektur dunia tahun 2015 ini pada kategori Civic and Community. Cam Thanh Community House, berlokasi di vietnam, dengan arsitek Hoang Thuc Hao, Pham Duc Trung, Nguyen Thi Minh Thuy, Le Dinh Hung dan Vu Xuan Son  dengan biro arsiteknya 1+1>2 Intenational Architect JSC.

Cam Thanh Community House: image Courtesy of 1+1>2 International Architecture JSC

Berlokasi di sisi tenggara hanoi, sebuah tujuan wisata di tengah vietnam dengan suku tradisional dan pantai yang mempesona, Cam Thanh di kenal dengan hutan mangrovenya,crisscrossed waterway, hutan kelapa dan desa desa kecil yang menjulang. Meskipun memiliki banyak potensi Cam Thanh masih merupakan wilayah yang miskin dengan standar hidup yang rendah.


Cam Thanh Community House: image Courtesy of 1+1>2 International Architecture JSC

Melalui biro 1+1>2 area ini di sulap menjadi area yang lebih produktif, dan memenangkan salah satu kategori pada festifal karya arsitektur dunia dan  mensejajarkannya besama beberapa biro arsitektur lainnya yang telah  mendunia terlebih dahulu semisal OMA dan BIG. Cam thanh didesain untuk memenuhi kebutuhan, sebagai pusat dari komunitas masyarakat, termaksud bagian dari tiga bangunan lainnya menyediakan sebuah zona yang terintergrasi. Dengan menggunakan partisi fleksibel, ruangnya dapat di modifikasi agar dapat menyesuaikan terhadap kebutuhan lainnya seperti aktifitas pertemuan, pameran, event, yang di padukan dengan perpustakaan, tempat pelatihan dan cafetaria.


Cam Thanh Community House: image Courtesy of 1+1>2 International Architecture JSC
Biro ini bukan tidak memiliki desain bangunan yang lebih modern dengan beton dan metal, tetapi mereka tahu pasti bersaing dengan itu bukanlah pilihan yang sesuai, telah begitu banyak biro yang melakukan hal serupa mempubikasikan karya dengan beton dan metal. Melalui desain desain yang sederhana seperti rumah pembibitan sayur dan rumah botol tadi desain biro ini di publikasikan pada jurnal jurnal arsitektur di dunia, perlahan tetapi pasti karakter mereka mulai di terima. Di indonesia cukup banyak biro biro sekelas mereka tetapi strategi strategi publikasi dan dokumentasinya mungkin harus di perbaharui.

Demikian, semoga bermanfaat.(cnk)



Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

rumah minimalis

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time