8 transformasi bentuk atap kubah ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Saturday, 11 February 2017


12 februari 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

8 transformasi bentuk atap kubah

Atap kubah, model atap yang lebih identik dengan bangunan masjid ini masih sangat berpeluang untuk di olah menjadi bangunan bangunan baru dengan tampilan yang lebih medern lagi. Dalam serial artikel atap kita kali ini kami mencoba menampilkan 8 transformasi bentuk atap kubah yang bisa di jadikan alternatif dalam mengolah bentuk atap ini. Semoga bermanfaat!!!

1. Atap kubah di susun

Atap kubah di susun, atap kubah disusun atau di kombinasikan dengan bentuk atap lainnya menjadi pembahasan pertama kita dalam artikel ini, Penyusunan atap atap kubah ini anda dapat temukan pada masjid masjid peninggalan kekhalifahan turky usmania di turki. Penyusunan kubah memang tidak akan umum kita temukan pada bangunan bangunan menggunakan kubah, ini di sebabkan karena tingkat kesulitan dalam konstruksinya yang membutuhkan perhatian lebih selama masa pembangunan.

image courtesy by britannica
2. Atap kubah di landaikan

Atap kubah dilandaikan busur kelengkungannya, atau bentuknya mengambil satu per empat dari bagian bola yang di potong. Bentuk seperti ini menurut pengalaman kami memiliki komposisi estetis yang sangat menarik terutama pada bangunan bangunan yang menggunakan kubah secara keseluruhannya sebagai bangunan utama bukan sekedar atap saja. Permainan texture pada permukaan kubah sangat di rekomendasikan pada bangunan dengan capaian bentuk seperti ini.





Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

image courtesy by inhabitat
3. Atap kubah di tinggikan

Atap kubah di tinggikan atau lengkung busur kubah ditarik keatas untuk di tinggikan, Komposisi bentuk seperti ini tidak begitu positif digunakan sebagai atap saja tetapi sebaiknya juga merupakan bentuk bagian bangunan utamanya. Bermain dengan kaca pada komposisi ini sangat mungkin untuk di lakukan, karena kecenderungan permukaan kurva lengkung kubah mendekati lurus ketika di pecah menjadi bagian bagian pembentuk kubah.

image courtesy by ricksteves
4. Atap kubah di potong

Atap kubah di potong, atau atap kubah di potong dan di susun hal ini sangat mungkin untuk di lakukan, dan hasilnyapun bisa sangat menarik, anda bisa kembali pada artikel kami mengenai Desain Masjid dan Islamic Center Rijeka Kroasia dan Desain interior masjid Yesil Vadi Turki untuk melihat model atap kubah yang di potong dan di susun. Hal yang perlu di perhatikan ketika memilih bentuk ini sebagai model bangunan anda adalah pengolahan denah bangunannya, ruang ruang yang berbatasan langsung dengan dinding kubah sebaiknya di beri dimensi yang sedikit lebih besar untuk menghilangkan kesan sempit pada bangunan.

image courtesy by brownstoner
5. Kubah di lonjongkan

Atap kubah di lonjongkan, bentuk ini sangat mirip dengan bentuk kurva lengkung telur ayam. Sangat khas digunakan pada kubah kubah bangunan masjid, aplikasi teksture yang unik pada bentuk ini bisa menambah kesan atraktif dari kubah. Di kombinasikan dengan atap berbentuk limasan atau piramid kubah yang di lonjongkan bisa tampil jauh sangat menarik.

image courtesy by davewhiteplaywright
6. Kubah di lancipkan

Hampir menyerupai bentuk kubah yang di lonjongkan hanya saja kesan lancip pada puncak kubah dan cembung pada pijakan kubah lebih dominan. Model ini juga masih sangat identik dengan bangunan bangunan masjid. Dalam contoh kita kali ini kubah tampil dengan permainan pola warna, namun seperti halnya bentuk kubah yang di lonjongkan penggunaan teksture unik juga sangat mungkin dilakukan pada kubah ini.

image courtesy by everettmasjid
7. Atap kubah diteruskan

Atap kubah di teruskan merupakan bagian berkebalikan dengan atap kubah yang di landaikan, jika pada atap kubah yang di landaikan menggunakan satu per empat bagian bola sebagai bangunan utamanya maka pada kasus ini atap kubah menggunakan tiga per empat dari bagian bola sebagai bangunan utamanya.

image courtesy by arquitecturadecasas
8. Atap kubah di gepengkan

Atap kubah yang di gepengkan merupakan bentuk kebalikan dari atap kubah yang ditinggikan jika pada Atap kubah yang di tinggikan atau lengkung busur kubah ditarik keatas untuk di tinggikan, maka pada kasus ini lengkung busur kubah di tekan atau di jepit kebawah sehinggga puncak kubah hampir datar dan bagian pijakan kubah mendekati lengkung setengah bola.

image courtesy by idealog
Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!




Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016

Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

rumah minimalis

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time