LINGKAR WARNA: Desain Masjid dan Islamic Center Rijeka Kroasia Desain Masjid dan Islamic Center Rijeka Kroasia ~ LINGKAR WARNA -->

Saturday, January 23, 2016



24 Januari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sesuai dengan judulnya masjid ini terletak di kota Rijeka Kroasia, selesai di bangun dan di buka untuk umum pada tanggal 4 mei 2013, masjid ini adalah masjid pertama di kota tersebut dan masjid ke tiga di Kroasia. Masjid ini adalah hasil dari perjuangan aspirasi warga muslim yang cukup panjang di Rijeka untuk memperoleh sebuah tempat peribadatan yang memadai.

image courtesy by islamicartmagazine




image courtesy by islamicartmagazine
Sekarang mereka memiliki masjid ini, sebuah masjid yang sangat indah dan merupakan salah satu dari bangunan religius terindah di eropa. Fakta lain yang sangat menarik dari desain masjid ini adalah bahwa masjid ini tidak di desain oleh seorang arsitek melainkan oleh seorang seniman skulpture paling terkenal di kroasia Dušan Džamonja (b. 1928 - d. 2009.

image courtesy by seemar
Dušan Džamonja membuat sebuah model miniatur dari masjid menggambarkan bagaimana iya sangat paham mengenai desain sculpture abstrak. Kemudian arsitek Darko Vlahović dan Branko Vučinović mengambil alih tugas perencanaan masjid ini mengubah model sculpture tersebut tadi menjadi sesuatu yang dapat di bangun secara teknis dan efektif secara fungsi.

Desain masjid KAPSARC Riyadh Saudi Arabia
Desain Masjid dan Islamic Center Tirana Albania
Desain masjid modern minimalis oleh Maden&Co
Desain Vanishing Mosque U.A.E. 
Masjid Al Rawda, Badr Al Jadeeda Amman
 
image courtesy by nerida oasis
Kubah masjid di bagi menjadi lima bagian yang tidak terpisahkan, tampak sebagai satu kesatuan bangunan gedung. Ketika mendesain kubah dari masjid ini, Dušan Džamonja bisa saja sedang membayangkan kekayaan budaya dari desain kubah masjid kekhalifahan otoman di pantai mediteranian. Dengan kemanpuan membuat sculpturenya kemudian iya mencoba menampilkan hal tersebut kepada tampilan kubah yang lebih baru.

image courtesy by islamicartmagazine
Permainan bentuk yang berhasil dengan olahan bentuk dasar mengantarkan kita kepada fakta bahwa bangunan ini lebih dari sekedar bangunan simbolik tetapi benar benar efektif secara fungsional, mewadahi kebutuhan akan ruang ibadah yang memadai bagi masyarakat muslim di kota Rijeka.



SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days