LINGKAR WARNA: Desain masjid KAPSARC Riyadh Saudi Arabia oleh HOK design Desain masjid KAPSARC Riyadh Saudi Arabia oleh HOK design ~ LINGKAR WARNA -->

Saturday, January 23, 2016



23 Januari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Pusat spritualitas masyarakat, King Abdullah Petroleum Studies and Research Center (KAPSARC) adalah sebuah masjid yang terletak di dalam kompleks taman  dimana tapak masjid ini terletak tepat pada jantung landsekap taman tersebut. Dapat di lihat secara keseluruhannya oleh masyarakat sekitar taman ini, tempat ibadahnya terletak sangat dekat dengan landsekap taman outdor yang terkoneksi dengan mekkah dan kakbah, tempat paling suci di dalam islam.

image courtesy by Abdulrahman Alolyan




image courtesy by HOK design
Bangunan tempat sholatnya di desain dengan kolam air yang mengitarinya dimana di tempatkan sebuah jembatan kaca sebagai akses masuk menuju entrance utama bangunan masjid ini. Proses ini melambangkan sebuah transisi meninggalkan kehidupan yang bersifat duniawi untuk masuk ke alam suci dan khusuk. Kolam reflektif yang mengitarinya bercahaya di saat malam hari, memberikan ilusi seakan akan bangunan masjidnya mengapung di atas air. Bagian lain dari tempat ibadah ini adalah dinding  struktur bangunan berukir yang sangat estetis.

image courtesy by HOK design
Tempat sholatnya di desain dalam bentuk kubus dengan ketinggian 75 kaki di tutupi dengan desain cover dinding yang dinamis. Layer terluar berbahan  kaca di pisahkan dengan bagian dalam bangunan dengan jarak kurang lebih 3 kaki dari  beton berlapis batu. Menara dengan ketinggian 115 kaki di desain untuk melengkapi masjidnya yang juga memiliki pola ukiran yang sama dengan dinding dan jendela bangunan.

Desain Masjid dan Islamic Center Tirana Albania
Desain masjid modern minimalis oleh Maden&Co
Desain Vanishing Mosque U.A.E. 
Masjid Al Rawda, Badr Al Jadeeda Amman
Kompetisi desain  Public Art Installations 2016

image courtesy by HOK design
Ruang luar dari ke dua bangunan tersebut (bangunan masjid dan menaranya) ke duanya di desain untuk kembali menghadirkan sebuah pola tradisional arab dalam tampilan yang baru serta menciptakan sebuah suasana cahaya dan bayangan yang sangat unik. Sepanjang hari, permainan bayangan bayangan dari tiang tiang jendela dengan pola yang kompleks ini menyusup masuk kedalam fasade kaca dan batu, menghasilkan kontras cahaya dan bayangan di dalam interior masjid sepanjang hari.

image courtesy by HOK design
Di malam hari, kotak kaca besar ini di sinari dengan titik titik lampu dan berubah menjadi lentera penerang pada landsekap. Lampu pendant kotak di atur di dalam pola pola grid dan di gantung dengan kabel menyinari ruang interior masjid ini.



SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days