LINGKAR WARNA: 7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur 7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur ~ LINGKAR WARNA -->

Tuesday, February 11, 2020

12 februari 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur

Berapasih ukuran rumah ideal untuk di  huni? maka jawaban untuk pertanyaan ini sangat fleksibel! ini di karenakan penentuan luasan bangunan ini bergantung pada banyak faktor, mulai dari jumlah penghuni, ketersediaan lahan sampai dengan faktor dana dan kemampuan biaya semua ini menentukan hasil akhir sebuah hunian. Yang perlu di garis bawahi dalam hal ini adalah rumah besar tidak selalu bermakna rumah yang nyaman, begitu juga sebaliknya rumah kecil tidak selalu berarti rumah yang tidak nyaman adapun rumah yang nyaman adalah rumah proporsional yang di sesuaikan dengan kebutuhan pengguna atau calon pengguna.

Terkadang rumah dengan ukuran yang besar menjadi masalah tersendiri bagi pemilik rumah, mulai dari adanya ruangan yang akhirnya tidak di huni atau di fungsikan sampai dengan kesulitan dalam perawatan karena rumah yang begitu besar, atau penataan rumah yang menjadi semerawut karena ukuran rumah kecil menjadikan beberapa ruang memiliki fungsi ganda atau berlebih. Adapun rumah yang proporsional adalah rumah yang mewadahi semua aktifitas hunian secara tepat guna, bisa jadi ukurannya tidak terlalu besar atau juga tidak terlalu kecil.

Gaya berhuni atau kebiasaan berhunian juga menjadi faktor yang mempengaruhi ukuran luasan sebuah bangunan, misalnya saja kita di indonesia umumnya sebuah keluarga akan menyiapkan 1 atau 2 buah kamar ekstra yang akan di gunakan oleh tamu atau keluarga yang datang dari kampung ke kota atau sebaliknya, namun berbeda dengan rumah rumah di negara tetangga kita seperti thailand misalnya, selama menulis tentang referensi dari rumah rumah thailand kami mendapati bahwa umumnya rumah rumah mereka terdiri dari 2 buah kamar saja namun dengan ukuran rumah yang bisa di katakan cukup besar dengan fasilitas yang lengkap dan mewah, dimana dengan luasan tersebut di indonesia rumah bisa terdiri dari 3 sampai 4 buah kamar, namun kami memandang hal ini di sebabkan karena perbedaan kebiasaan berhuni yang telah kami sebutkan di atas.


1. Desain rumah minimalis dengan ukuran 10x12 meter 


Referensi rumah kita kali ini adalah sebuah rumah dengan ukuran lebar 10 meter dan ukuran panjang 12 meter dengan luasan total bangunan 120 m2, dimana pada luasan ini masuk di dalamnya  luasan carport dengan kapasitas 2 buah mobil. Rumah ini dari penampakannya memiliki tipologi komposisi melebar ini di karenakan penggunaan bentuk atap flat pada desainnya menjadikan mata secara instan membandingkan bentang lebar bangunan dengan tinggi dindingnya secara langsung. Dominasi elemen bentuk garis horizontal juga sangat kental membentuk karakter desain rumah dimana hanya terdapat satu elemen garis vertikal yang mengimbanginya! penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini akan kami paparkan pada pembahasan kita di poin tiga mengenai tampak depan rumah dengan lebar 10 meter.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INDONESIA (RUMI) 2020 UNTUK JOIN !!!!

7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur
7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur


Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

2. Denah rumah minimalis ukuran 10x12 meter 1 lantai 3 kamar tidur


Denah rumah ini dalam pengelolaannya bisa di katakan sangat simple dan sederhana dimana pola ruang di bagi kedalam 3 bagian secara gamblang berdasarkan ke samaan fungsinya. Bentang lebar 10 meter dari bangunan di bagi kedalam 3 kelompok ruang, yang pertama kelompok hunian atau kamar tidur di sisi kiri bangunan dengan lebar 3 meter terdiri dari 3 buah kamar tidur dengan 2 buah kamar mandi dengan ukuran masing masing kamar paling depan berukuran 3x4.25 meter dengan kamar mandi dalam berukuran 1.25x2 meter, kemudian kamar mandi bersama berukuran 1.25x2 meter, di ikuti dengan kamar anak 2 berukuran 2x3.5 meter dan kamar anak 3 berukuran 3x3 meter.

Yang ke dua adalah kelompok ruang servis dengan ukuran lebar 4 meter, terdiri dari ruang tamu atau ruang TV, kemudian ruang makan, dapur dan ruang cucy atau loundry room. Dan kelompok ruang paling kanan adalah merupakan area carport dan garasi dengan lebar 3 meter di mana di isi sebuah area parkir kendaraan dengan kapasitas 2 buah mobil.

7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur
7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur

3. Tampak depan rumah dengan lebar 10 meter


Sebagaimana telah kita singgung pada poin poin kita sebelumnya bahwa rumah ini memiliki tipologi tampak depan atau fasade memanjang, hal ini di karenakan penggunaan bentuk atap datar menjadikan mata kita langsung membandingkan bentang lebar bangunan dengan ketinggian dinding yang di gunakan. Rumah ini secara umum di dominasi oleh elemen garis horizontal yang di dapatkan dari lisplank beton dari atap rumah, kanopi carport dan teras, serta anak anak tangga yang berada pada teras. Adapun elemen garis vertikal di dapatkan dari dinding aksen batualam yang membagi bangunan menjadi dua bagian, elemen garis vertikal lainnya juga di dapatkan dari tiang tiang yang menopang kanopi carport di sisi kanan bangunan.

7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur
7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur

4. Desain rumah modern dengan 3 kamar tidur


Penggunaan bentuk atap datar cor beton juga menjadikan bangunan ini memiliki kesan modern yang lebih kuat, di tambah lagi penggunaan kombinasi warna yang simple yang juga merupakan ciri dari gaya desain modern. Jika kita kembali melihat pada denah nya maka kembali kita akan menemukan karakter desain modern ini hadir pada denah tersebut, dimana tiga buah kamar di buat dengan desain sirkulasinya sendiri yang terpisah dengan seluruh aktifitas harian seperti makan minum, menerima tamu atau bersantai. Ini artinya kamar kamar tidur di rancang untuk di gunakan benar benar sebagai tempat beristirahat tanpa fungsi lainnya.

7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur
7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur

5. Desain rumah minimalis 1 lantai


Selain berkarakter modern referensi rumah 1 lantai kita kali ini juga berdesain minimalis, dimana ke dua hal ini modern dan minimalis saat ini maknanya sangat dekat atau bahkan terkadang ke duanya seakan memiliki makna yang sama. Namun sebagaimana yang telah kami jelaskan dalam berbagai kesempatan di website ini modern sendiri dalam kaitannya dengan dunia arsitektur lebih kepada teknologi konstruksi dan metode membangun yang di gunakan pada sebuah bangunan rumah adapun minimalis bermakna lebih filosofis dan prinsipil. Sebuah rumah klasik bisa di katakan sebagai rumah modern klasik tetapi tidak bisa dikatakan sebagai rumah minimalis klasik atau klasik minimalis karena secara prinsip keduanya sangat jauh berbeda.

7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur
7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur

7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur
7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur

6. Desain rumah modern minimalis dengan atap dak beton


Gambar kita di bawah ini menunjukkan bagaimana model bangunan pada referensi ini di lihat dari penampakan atasnya, di sini jika kita melihat pada gambarnya sang arsitek menggunakan finishing atap flat tanpa floor drain atau atap di asumsikan seperti kanopi raksasa yang menyalurkan air secara langsung ke arah kemiringan yang di inginkan, metode ini biasanya di gunakan untuk meminimalkan ke bocoran pada dak beton namun kekurangannya area lisplang beton biasanya paling cepat berkkerak atau bernoda. Cara lain yang bisa di gunakan untuk menyelesaikan atap dak beton adalah dengan menangkap air hujan dan menyalurkannya ke drainase rumah melalui floor drain, atau lubang aliran air yang di letakkan di beberapa sudut atap.

7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur
7 desain inspiratif rumah ukuran 10x12 1 lantai 3 kamar tidur

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 


Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days