LINGKAR WARNA: Mengenal diagram konsep desain arsitektur Mengenal diagram konsep desain arsitektur ~ LINGKAR WARNA

Friday, March 25, 2016

25 maret 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Menjelaskan konsep desain arsitektur dengan diagram memang sesuatu yang sangat efektif, diagram biasanya menggambarkan  sebuah analisis dalam bentuk tahap tahap dan urutan urutan, sehingga sebuah maksud ide dapat di pahami dengan mudah oleh orang yang melihatnya. Anda dapat secara sederhana memahami diagram yang kita maksud pada pembahasan kali ini dengan melihat gambar gambar berikut. Beberapa fungsi diagram yang biasa di tampilkan dalam konsep arsitektur adalah sebagai berikut:

diagram konsep desain arsitektur
image courtesy by conceptdiagram




1. Menjelaskan transformasi bentuk bangunan

diagram konsep desain arsitektur
image courtesy by archdaily
Diagram pada umumnya di tampilkan untuk menjelaskan perubahan transformasi bentuk sebuah bangunan yang biasanya di pengaruhi oleh orientasi jalan yang berhubungan langsung terhadap tapak, orientasi bangunan terhadap arah timur dan barat, sirkulasi di dalam tapak sendiri dan lain sebagainya.

2. Menggambarkan aktifitas

diagram konsep desain arsitektur
image courtesy by bustler
Digram biasa juga di gunakan untuk menggambarkan sebuah tahap tahap atau urutan urutan aktifitas yang akan terjadi pada bangunan, dan atau menggambarkan pola hubungan antar aktifitas aktifitas yang berada di dalam bangunan atau pada tapak bangunan. Biasanya diagram disertai dengan penjelasan penjelasan pendek pada setiap gambarnya.

3. Menunjukkan sebuah sistem

diagram konsep desain arsitektur
image courtesy by treehugger
Diagram juga bisa menggambarkan sebuah pola hubungan aktifitas atau fungsi secara Vertikal

4. Menunjukkan sebuah analisis existing

diagram konsep desain arsitektur
image courtesy by soa.utexas
Menunjukkan atau menggambarkan sebuah analisis landsekap perkotaan secara makro, dalam skala yang lebih besar. Aksesbilitas aktifitas perkotaan menuju tapak, analisis mengenai padat rongga, ruang terbuka hijau, sampai dengan jenis vegetasi dan ekosistem yang ada pada tapak atau lokasi perencanaan.

5. Menunjukkan sebuah orientasi

diagram konsep desain arsitektur
image courtesy by archdaily
Diagram juga menunjukkan respone bangunan secara detail terhadap keseluruhan orientasi. Orientasi jalan, orientasi matahari, view bangunan dan lain sebagainya.





Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time