LINGKAR WARNA: Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan ~ LINGKAR WARNA -->

Friday, April 10, 2020

11 april 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan

Memiliki rumah sendiri adalah impian dari setiap kita, namun tidak semua orang mampu memilikinya dengan mudah beberapa orang mungkin butuh berjibaku dan kerja ekstra keras untuk memiliki hunian sendiri, mencari uang untuk membeli sebidang tanah dan membangun sebuah rumah. Setelah memiliki sebidang tanah dan cukup uang untuk membangun rumah ternyata masih ada beberapa hal yang menjadi rintangan, di antara rintangan tersebut adalah tidak adanya pengalaman dan pengetahuan mengenai tata cara membangun rumah, di sisi lain banyak pemborong penipu bergentayangan menawarkan jasa yang berujung pada biaya pembangunan yang membludak dari seharusnya!

Sedikit tips untuk mengidentifikasi pemborong atau kontraktor penipu, yang pertama biasanya mereka menawarkan jasa bangun rumah dengan jasa desain gratis, pemborong dengan iming iming jasa desain gratis biasanya tidak berasal dari kalangan profesional dimana bagi mereka desain yang fix atau terukur bukanlah patokan utama dalam merencanakan biaya pembangunan, sehingga sering kali menetapkan harga hanya dengan perkiraan kasar yang berujung pada biaya yang terlalu mahal atau biaya yang terlalu murah. Biaya terlalu mahal jelas merugikan pemilik rumah namun apa masalahnya dengan biaya yang terlalu murah? Biaya terlalu murah itu tanda besar sang pemborong akan lari setelah mengambil sebagian besar dana untuk membangun rumah!

Yang kedua, ketika menentukan biaya borongan tidak di sertai dengan gambar dan spesifikasi bahan dan material bangunan yang fix, tujuannya agar semuanya tetap tersamarkan yang berujung pada sedikit sedikit minta tambahan biaya, dan terus meminta tambahan biaya dan ujungnya kembali pemborong model seperti ini juga akan lari! Desain rumah sebagai dokumen yang final dalam sebuah proses pembangunan adalah hal yang vital wajib anda miliki, karena komplain dan perseteruan akan sangat mudah di selesaikan dengan adanya acuan gambar yang jelas ini.

Sayangnya tingkat kesadaran masyarakat dalam menggunakan jasa arsitek ketika membangun rumah sangat rendah, sehingga akses terhadap desain desain rumah sering kali menjadi sangat sulit dan terbatas. Menyadari hal tersebut melalui website ini kami terus berbagi referensi desain rumah yang bisa menjadi acuan dasar bagi anda dalam membangun sebuah rumah, dimana setidaknya anda tidak dengan modal “nekad” saja dalam membangun rumah, namun setidaknya ada sedikit pengetahuan, baik dari sisi konstruksinya lebih khusus lagi dari sisi desain rumahnya!

Kali ini kembali kita akan membagi sebuah referensi rumah minimalis, rumah dengan atap miring dengan taksiran dana sekitar 100 jutaan. Pembahasan mengenai hal ini akan kita bahas di bagian akhir artikel, tepatnya setelah kita menampilkan dan mereview desain dari denah rumah ini. Pembahasan kali ini menggunakan 8 buah gambar yang akan kita review kedalam 6 sub bahasan, dimana dari 6 sub bahasan ini kami berharap kita dapat menggali lebih banyak informasi untuk lebih memperkaya pengetahuan kita mengenai desain rumah!

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INDONESIA (RUMI) 2020 UNTUK JOIN !!!!

Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan
Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

1. Desain rumah minimalis type 52


Referensi kita kali ini merupakan sebuah desain rumah dengan luasan lantai fungsional kurang lebih 52 m2 atau lebih sering kita sebut dengan rumah type 52. Lantai fungsional merujuk pada definisi luasan area bangunan yang memiliki fungsi spesifik dan terbingkai oleh dinding di ke-4 sisinya, jadi dari definisi ini bisa kita pahami bahwa teras bukanlah termaksud dari luasan tipikal yang dimaksud karena teras tidak terbingkai oleh dinding di ke 4 sisinya, melainkan hanya pada salah satu sisinya saja, adapun kamar tidur, kamar mandi dan ruang ruang lainnya maka termasuk dalam kategori lantai fungsional ini. Luasan 52 m2 ini nantinya akan tampak jelas ketika rekan sekalian melihat denah rumah yang kami tampilkan di bagian akhir artikel.

Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan
Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan

2. Desain teras rumah minimalis


Desain teras rumah ini melebar hampir memenuhi bentang lebar fasade tampak depan bangunan, berukuran luas kurang lebih 7.5 m2 teras berdesain minimalis dengan 2 buah tiang besar berukuran 40x40 cm. Posisi pailing ketinggian lantai teras setinggi 4 anak tangga dari posisi halaman atau setara 80 cm dengan asumsi ketinggian setiap anak tangga adalah 20 cm. Yang unik dari teras ini adalah desain tiang teras yang di hubungkan oleh kursi beton memanjang berbentuk L, selain berfungsi sebagai tempat duduk, kursi beton ini juga di gunakan sebagai pagar pengaman teras secara tidak langsung. Ke empat anak tangga teras ini juga di lengkapi dengan pengaman berupa railing besi kotak yang di beri warna cat hitam. Atap teras menggunakan atap spandek besar dengan arah kemiringan kedepan dan menutupi seluruh area teras.

Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan
Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan

Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan
Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan

3. Desain rumah atap miring



Desain rumah ini merupakan rumah dengan kombinasi atap miring, kalau boleh jujur secara umum komposisi bangunan ini bisa kita katakan cukup jelek, kombinasi atap miring yang menutupi area teras di depan dan di belakang bangunan memberi kesan rapuh dan tidak kokoh, meskipun demikian kami melihat dasar efektifitas fungsi menjadi alasan dari desain ini di eksekusi seperti ini. Pertanyaan kemudian adalah, dengan komposisi yang kurang maksimal ini mengapa performa bangunan tetap terlihat menarik??? ini di karenakan eksekusi dari detail bangunan sangat rapih dan bersih, belum lagi pengaplikasian pewarnaan yang cukup aman dengan permainan warna turunan atau monochrome. Pembahasan mengenai pewarnaan ini akan kita bahas lebih jauh pada poin pembahasan kita berikutnya!

Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan
Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan

4. Desain rumah minimalis kombinasi warna hitam abu abu


Rumah ini di desain dengan kombinasi warna cat rumah yang sangat menarik, pengaplikasiannya pun sangat tertata menggunakan kombinasi warna turunan hitam, yaitu abu abu basah mendekati hitam, abu abu, hitam dan putih. Agar pewarnaan rumah tidak berkesan kaku maka pada tiang teras di aplikasikan batu alam dengan warna khas palimanan yang susunannya di buat seperti susunan pasangan batu bata. Dalam pengaplikasian warna cat maka dinding bangunan secara vertikal di bagi menjadi 3, bagian pertama kita sebut sebagai bagian kaki yang di beri warna abu abu gelap, kemudian yang kedua bagian badan di beri warna abu abu, dan yang ketiga bagian leher yang kembali di beri warna cat abu abu basah. Untuk warna putih sendiri di aplikasikan pada semua kusen pintu jendela, list dan detail profil.

Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan
Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan

Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan
Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan

5. Denah rumah minimalis ukuran 7x10.5 meter 2 kamar tidur 1 lantai


Nah akhirnya kita sampai ke pembahasan kita mengenai denah dari rumah ini, rumah ini secara keseluruhannya berukuran lebar 7 meter dan panjang ke belakang 10.5 meter, ukuran ini bisa jadi lebih kecil dari ukuran sebenarnya karena denah kita di bawah merupakan denah hasil rekonstruksi alias bukan denah sebenarnya. Dengan melihat eksterior dari bangunan kami mencoba mendesain ulang denah rumah ini dan menampilkannya ke dalam bentuk yang paling mendekati kondisi referensi dari bangunan.

Denah ini di mulai dengan teras memanjang di bagian depan rumah dengan ukuran 1.5x5 meter, kemudian dari teras ini kita dapat mengakses ruang tamu di dalam bangunan dengan ukuran 3x4 meter. Lanjut kedalam kita akan menemukan ruang keluarga berukuran 3x4 meter, ruang keluarga ini menjadi ruang sirkulasi yang menghubungkan 2 buah kamar tidur berukuran masing masing 3x3 meter dengan dapur dan kamar mandi. Di bagian belakang bangunan terdapat lantai kerja yang di atapi memanjang mengikuti lebar bangunan.

Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan
Desain rumah minimalis atap miring dengan dana 100 jutaan

6. Kebutuhan dana rumah minimalis


Berapa sih dana yang di butuhkan untuk membuat rumah minimalis pada referensi kita kali ini? Dengan mengetahui luas bangunan maka kita dapat mengambil pendekatan berapa dana yang di butuhkan untuk membuat rumah ini. Sebelumnya kita telah menyebutkan bahwa desain rumah ini memiliki luas lantai fungsional 52 meter, jika kita perkalikan dengan harga satuan 3 juta permeter maka akan kita dapati biaya bangunan senilai 156 juta rupiah, namun dengan spesifikasi bangunan yang lebih sederhana maka anda dapat membangun rumah ini dengan biaya 104 juta rupiah saja. Untuk mengetahui detail kebutuhan dana kami menyarankan agar anda menyewa jasa profesional untuk melakukan hal tersebut.

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time