LINGKAR WARNA: 20 fasad rumah minimalis terbaru 20 fasad rumah minimalis terbaru ~ LINGKAR WARNA -->

Thursday, June 25, 2020

25 juni 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

20 fasad rumah minimalis terbaru

Halo member group sekalian, alhamdulillah kembali kami mengupdate referensi desain rumah minimalis di website ini sebagaimana yang telah kami janjikan pada periode artikel kita sepanjang tahun 2020 ini kami akan mencoba merekonstruksi ulang beberapa desain rumah yang cukup populer di dunia maya! Oh iya sebelum lebih jauh, buat anda yang belum bergabung dengan komunitas kita, anda bisa ikut bergabung dengan komunitas nasional rumah minimalis yang link nya kami letakkan di bagian akhir paragraf muqadimah pembahasan kita ini! Komunitas ini sangat menarik, apalagi buat anda yang akan atau sedang dalam proses membangun rumah, dimana anda bisa bertanya dan berkonsultasi dengan member lainnya terutama dalam hal membangun rumah!

Buat anda yang sedang berdagang terutama berjualan barang barang yang berkaitan dengan material dan bahan bangunan maka group ini adalah salah satu komunitas yang paling cocok untuk anda bergabung di dalamnya. Selain itu perlu anda ketahui bahwa, gambar kerja dari desain rumah ini dapat anda miliki dengan cara mengikuti program program yang kami selenggarakan di group tersebut! Nah langsung saja gabung groupnya di sini yah! Rumah MINIMALIS Indonesia (RUMI).

Nah perlu juga anda ketahui bahwa website ini tidak hanya memiliki satu atau dua buah artikel yang membahas mengenai desain rumah, sampai artikel ini kami tuliskan kita telah memiliki lebih dari 1000 artikel yang membahas dan mereview desain desain rumah dan berbagai hal yang berkaitan dengannya, jadi jangan sampai lupa untuk mengunjungi home page website ini di Desain RUMAH MINIMALIS terlengkap.

Kembali ke pembahasan kita! Pembahasan kita kali ini akan mereview sebuah desain rumah secara tuntas dengan menggunakan 20 gambar ilustrasi yang akan membantu para pembaca sekalian untuk lebih bisa memahami pembahasan dan hal hal di balik sebuah desain. 20 gambar ini akan kita review ke dalam 13 buah sub bahasan yang setiap pembahasannya akan mengulas satu topik khusus yang berkaitan dengan rumah yang dimaksud! Kami sangat sarankan kepada anda untuk membaca setiap paragrafnya dimana pengetahuan ini mungkin akan sangat membantu anda ketika hendak membangun sebuah rumah! Baik, langsung saja ke pembahasan kita yang pertama.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INDONESIA (RUMI) 2020 UNTUK JOIN !!!!

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

1. Desain rumah paling trend di dunia maya


Pada muqadimah di atas kita telah sedikit menyinggung mengenai gambaran umum artikel ini atau secara spesifik desain rumah ini. Desain rumah ini adalah hasil rekonstruksi dari salah satu desain yang sangat populer di dunia maya ( gambar nya kami sertakan di bawah paragraf ini ). Popularitas ini kami ukur dengan seringnya gambar rumah ini di upload kembali ke group untuk di pertanyakan, di cari infonya, baik tentang biaya pembangunan nya, desain lengkapnya, bentuk denahnya atau bahkan sekedar memberi testimoni tentang ketertarikannya terhadap desain rumah ini! Dan artikel ini akan menjadi jawaban dari seluruh pertanyaan pertanyaan tersebut.

Disini kami mencoba sebisa mungkin mendekatkan desain hasil rekonstruksi dan desain asli dari rumah ini, hanya saja kami juga melakukan sedikit penyempurnaan penyempurnaan dari desainnya sehingga lebih masuk akal untuk di bangun dan di wujudkan dalam dunia nyata. Kami sendiri selaku pribadi tidak terlalu menyenangi desain rumah ini dimana alasan mengenai hal ini nantinya akan lebih detail kita bahas ketika kita mereview desain denah rumah ini pada poin pembahasan kita yang ke 12.

Perlu diketahui bahwa desain desain rumah popoler di dunia maya bukan hanya desain ini, untuk melihat berbagai desain rumah trend lainnya anda bisa menuju kategory artikel desain rumah viral di website ini!

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

2. Desain rumah dengan batu alam


Desain rumah ini merupakan desain dengan kombinasi fasad menggunakan batu alam dan batu alam di sini adalah marmer percah dengan model potongan memanjang. Kami menilai bahwa kesesuain desain dengan dunia nyatanya hanya bisa di lakukan dengan marmer ini, penggantian dengan batu alam jenis lain tentu akan menghasilkan nilai kesan yang berbeda tetapi hal itu bukan tidak mungkin terjadi, artinya jika anda ingin mengganti jenis batu alam yang di gunakan sangat mungkin untuk di lakukan hanya saja nilai kesannya tentu akan menjadi berubah. Di sini yang kami tidak rekomendasikan adalah mengganti batu alam dengan jenis keramik bermotif batu alam, secara pribadi kami tidak menyukai penggunaan keramik motiv batu alam pada dinding dan lebih mendorong penggunaannya pada lantai saja.

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

3. Desain rumah modern minimalis


Selain bertipologi minimalis desain rumah ini juga memiliki karakter modern dari desainnya dimana bentuk bentuk di kelola secara sederhana dengan permainan pola dinding yang cenderung kotak. Untuk mempertegas permainan pola dinding ini hal yang paling umum di lakukan adalah dengan mengaplikasikan permainan tebal dan tipis dari dinding. Penggunaan warna dan tekture yang terbilang simple dan monocrome menjadikan kesan modern dari rumah ini lebih tampak lagi. Pembahasan mengenai fasad rumah ini nantinya akan lebih detail kita bahas pada poin pembahasan kita yang ke 11 ketika kita membahas tampak depan rumah ini secara spesifik.

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

4. Desain rumah dengan garasi samping


Desain rumah ini juga merupakan desain rumah dengan carport atau garasi samping, dimana meletakkan garasi mobil di samping atau di sudut bangunan merupakan kebiasaan yang pakem di lakukan dalam mendesain rumah meski tidak setiap desain rumah memiliki carportnya di samping rumah, bahkan sebagian dari desain yang pernah kita review di website ini memiliki posisi carport tepat di tengah bentang rumah. Hanya saja pada desain rumah ini ukuran carport lebih kecil atau terlihat hanya dipersiapkan untuk kendaraan bermotor saja, meskipun demikian mobil pun bisa masuk namun bukan pada kondisi idealnya. Ukuran carport nantinya akan lebih jelas terlihat ketika kita membahas mengenai denah di poin 12. Pembahasan mengenai garasi samping ini juga erat dengan pembahasan mengenai kanopinya yang ulasannya akan datang pada poin pembahasan kita yang ke 6 setelah membahas mengenai teras rumah minimalis.

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

5. Desain teras rumah minimalis


Area teras atau entrance rumah ini secara umum menampilkan suasana ruang yang lebih simpel atau berdesain minimalis, dimana kesan simpel dan minimalis ini di perkuat lagi dengan tidak digunakannya tiang penyangga atau kolom pada kanopi teras. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan sirkulasi pengunjung serta memberikan kesan teras yang lebih luas. Untuk konstruksinya sendiri pembebanan kanopi teras ini disatukan dengan canopi carportnya sehingga area ini memang menjadi satu area yang menyatu dan berkesan lebih lapang lagi. Pengaplikasian warna dinding bangunan yang simple penggunaan daun pintu dan jendela yang sederhana juga melengkapi kesan desain teras bergaya minimalis.

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

6. Kanopi cor beton rumah minimalis


Sebelumnya kita telah membahas mengenai garasi atau carport, kemudian juga kita telah membahas mengenai teras rumah bergaya minimalis pada rumah ini dan tidak lengkap kiranya jika kita tidak membahas secara ringkas hal hal yang berkaitan dengan kanopi yang digunakan bada ke dua area ini. Tampak atau terlihat jelas bagi kita dari gambar gambar sebelumnya bahwa canopi yang digunakan pada desain rumah ini adalah merupakan kanopi dak beton dengan tipologi bentuk atap yang berkesan rata. Hanya saja yang paling sering terlewatkan dari pembahasan adalah model finishing bagian atas dari canopi beton ini. Kanopi beton setidaknya bisa di selesaikan dengan 2 cara dalam kemampuannya mengalirkan air, yang pertama adalah dengan mengalirkan air secara langsung seperti yang sering di lakukan pada kanopi jendela dan pada desain kita ini juga di aplikasikan pada sebagian kanopi teras. Dan cara kedua adalah dengan perangkap air yang kemudian akan di alirkan melalui pipa pipa air yang ditanam di tiang tiang kolom beton seperti yang kita lakukan pada desain kanopi carport pada rumah ini, untuk cara kedua ini anda harus secara seksama memperhatikan kemiringan canopi beton sehingga air yang terperangkap di atas canopi benar benar bisa di alirkan secara sempurna menuju pipa pipa air yang telah di sediakan sebelumnya.

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

7. Desain atap rumah minimalis


Desain atap yang di gunakan pada referensi desain rumah minimalis kita kali ini adalah desain atap pelana dengan arah jatuhan air ke depan dan ke belakang. Agar tampilan atap menjadi lebih menarik desainnya juga di kombinasikan dengan permainan ketinggian bumbungan atap dimana area kiri bangunan memiliki bumbungan atap lebih tinggi di bandingkan dengan area kanannya. Jika anda melihat di gambar atap kita di bawah makan gambar pertama di ambil dari sudut kanan depan bangunan adapun gambar kedua di ambil dari sudut kiri belakang bangunan. Tampak jelas bagi kita selain atap pelana di bagian belakang bangunan juga menggunakan atap dak beton yang kemudian juga di fungsikan sebagai tempat penampungan air. Di maklumi bentuk atap pelana merupakan salah satu bentuk atap rumah paling populer di dunia selain bentuk atap limasan atau perisai.

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

8. Desain dapur dan loundry room menyatu dengan taman belakang


Dua gambar kita di bawah adalah dua buah gambar yang mengilustrasikan kondisi halaman belakang dari desain rumah ini, terlihat jelas karena kami telah menyembunyikan area pagar belakangnya untuk kebutuhan ilustrasi. Pada desain ini kami mencoba memanfaatkan area teras belakang sebagai dapur dan area loundry, jadi area di sisi kiri pada gambar adalah kitchen set dan yang paling kiri lagi di gunakan sebagai tempat mesin cuci. Hal ini kita lakukan untuk lebih memaksimalkan fungsi ruang di dalam bangunan utama, ini di karenakan rumah ini dari sisi luasannya termaksud ke dalam bangunan dengan tipologi rumah mungil atau berukuran kecil. Mungkin anda tidak akan mengira luasan total rumah ini hanya berukuran kurang lebih 44 m2 di luar luasan teras depan dan belakang, jadi memang ukurannya sangat kecil, penasaran bukan! pada poin pembahasan kita ke 12 nantinya anda bisa melihat denah dari rumah ini!

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

9. Desain rumah minimalis 1 lantai


Desain rumah minimalis 1 lantai masih menjadi salah satu pilihan paling faforit dari kebanyakan pemilik rumah saat ini, dimana desain rumah 1 lantai memiliki kelebihan dari sisi pembiayaan yang jauh lebih murah dari pada rumah 2 lantai dan rumah dengan 3 lantai bangunan. Apalagi di masa kini sebagian besar masyarakat terutama di daerah pinggiran kota dan pedesaan masih memiliki luasan tanah yang cukup untuk membangun rumah 1 lantai dengan kebutuhan ruang yang memadai untuk menfasilitasi seluruh anggota keluarga. Namun untuk anda yang tinggal di perkotaan mungkin kasusnya menjadi sedikit berbeda dimana rumah 2 lantai bisa jadi solusi pemenuhan ruang pada area yang cenderung sempit di perkotaan. Referensi desain kita kali ini merupakan rumah dengan 1 lantai bangunan dengan 2 kamar tidur dan luasan total area fungsionalnya itu seluas 53 m2 dimana luasan teras juga telah termaksud didalamnya.

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

10. Desain pagar rumah minimalis



Pada gambar gambar kita di poin sebelumnya mungkin kami belum menampilkan desain rumah ini dengan tampilan pagar depannya, nah buat anda yang menginginkan referensi desain rumah komplit dengan pagarnya anda tidak perlu kecewa karena pada referensi referensi desain kita di website ini kami akan selalu mencoba untuk juga mendesain rumah tersebut dengan pagarnya tidak terkecuali juga pada desain kita kali ini. Desain pagar berdesain minimalis dengan penggunaan dinding bata dan besi holow sebagai pembentuk utamanya, untuk dinding bata sendiri di finishing dengan penggunaan cat tembok, batu alam yang juga di gunakan pada dinding utama serta lapisan papan kayu pada posisi nomor rumah. Untuk railing besi holownya sendiri di cat dengan warna putih mengilap dan di kombinasikan dengan papan kayu. Tiga buah gambar kita di bawah kami harapkan sudah cukup mewakili dan merangsang daya imajinasi anda dalam merencanakan desain pagar untuk rumah anda sendiri.

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

11. Desain fasad rumah minimalis


Pada poin ke 11 ini kita jadikan sebagai poin yang merangkum keseluruhan pembahasan pembahasan kita sebelumnya, sengaja kami menampilkan pembahasan utama kita ini di poin ke 11 agar apa yang kami sebutkan di sini jauh lebih mudah untuk di pahami karena telah adanya penjelasan penjelasan yang mendahuluinya. Sebelumnya apa yang kita inginkan dengan makna fasad, fasad di sini maksudnya lebih ke penampakan depan rumah, dimana berbicara mengenai fasad ini maka kita akan berbicara mengenai seluruh elemen desain bangunan yaitu berupa perpaduan desain atap, eksekusi finishing dinding, desan teras, carport atau garasi sampai dengan desain pagarnya.

Secara umum desain fasad bangunan ini berdesain modern minimalis, dengan kombinasi warna turunan hitam dan abu abu, untuk aksennya sendiri menggunakan warna natural kayu yang diletakkan di sudut kanan bangunan seperti gambar aslinya dan juga kami aplikasikan pada desain pagar dan bedrob nomor rumah. Warna utama bangunan adalah abu abu muda dengan tipologi terang, warna kombinasi adalah warna abu abu basah, warna lisplank dan kanopi adalah warna putih, dan untuk warna kusen pintu dan jendela adalah putih tulang. Fasad bangunan cukup atraktif terutama apabila dilihat dari sudut kanan bangunan namun dari sudut kirinya bangunan ini justru terlihat sedikit aneh atau berkomposisi kurang sempurna, anda bisa melihat gambar ke dua kita ketika membahas mengenai desain rumah dengan garasi samping untuk memahami penjelasan kami ini.

Jenis genteng yang digunakan adalah genteng beton flat dengan cat berwarna hitam, warna plafon putih bersih dan jenis kaca yang di gunakan adalah kaca putih bening. Secara umum komposisi desain bangunan ini terutama fasadnya menurut kami memiliki desain yang sangat menarik dan cukup unik untuk menjadi inspirasi anda!

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

12. Denah rumah minimalis ukuran 7.5x11 meter 2 kamar tidur 1 lantai


Seperti biasa dua poin terakhir kita ini merupakan poin poin bahasan yang paling di tunggu tunggu, yaitu poin pembahasan yang membahas mengenai denah rumah dan mengenai berapasih RAB yang di butuhkan untuk membangun rumah minimalis seperti ini, nah kita tidak akan berpanjang lebar inilah pembahasannya!

Ukuran tanah dari referensi desain kita kali ini adalah 7.5 meter untuk lebarnya dan 11 meter untuk panjangnya ke belakang, jadi luas total lahan adalah 82 meter persegi, luas bangunan total sendiri adalah 44 m2 atau sekitar 50 persen dari luas lahan. Denah rumah di mulai dengan sebuah carport di sudut kiri bangunan berukuran 2.5x5 meter kemudian di ikuti dengan teras berukuran 1.5x2.5 meter. Dari teras ini kita dapat mengakses ruang tamu di dalam rumah dengan ukuran 2x2.5 meter, di ikuti dengan area ruang makan berukuran 2x2.5 meter dan ruang TV berukuran 2.5x3 meter. 2 buah kamar berjajar di sisi kiri bangunan dengan ukuran masing masing 2.5x3 meter dan 2.5x4.8 meter. 2 buah kamar ini di fasilitasi juga dengan dua buah kamar mandi dengan ukuran masing masing 1.2x1.5 meter. Dibagian belakang bangunan dimanfaatkan sebagai teras luar, area dapur dan loundry area.

Nah jika anda membaca dengan seksama maka anda tentu akan mengingat bahwa sebelumnya kami telah mengungkapkan bahwa secara pribadi kami tidak terlalu memyukai desain rumah ini, salah satunya karena ukuran dari ruang ruang yang bisa dikatakan tanggung, luas tidak, kecilpun tidak, namun mungkin bagi sebagian orang ukuran seperti ini sudah cukup bagi mereka, hal lainnya yang kami tidak sukai dari desain rumah ini adalah tidak adanya pintu samping untuk mengakses ruang di dalam bangunan padahal seharusnya dengan bentang 7.5 meter maka pintu samping sudah bisa di adakan! Namun sekali lagi hal ini kesemuanya merupakan permasalahan selera dan kebiasaan masing masing orang dan penghuni, apa yang tidak menarik bagi saya bisa jadi menjadi hal yang sangat menarik buat anda.

20 fasad rumah minimalis terbaru
20 fasad rumah minimalis terbaru

13. Berapa dana yang di butuhkan untuk membangun rumah minimalis


Bahasan terakhir kita adalah mengenai berapasih rencana anggaran pelaksanaan atau RAP dari sebuah rumah minimalis dan tentu saja dalam pembahasan ini rumah minimalis yang di maksud adalah rumah minimalis pada referensi kita ini. Dalam menentukan anggaran biaya yang dibutuhkan pada sebuah desain rumah dalam artikel artikel kita di website ini kami selalu menggunakan nilai pendekatan alias bukan nilai realnya, dimana penentuan biaya bangunan hanya dengan mengkalikan luas lantai bangunan dengan biaya permeter bangunan berdasarkan kebiasaan saja, disini kami menggunakan nilai satuan permeter nya mulai dari 2.5 juta permeter sampai dengan 3.5 juta permeter, yang apabila di kalikan dengan luas lantai bangunan yaitu 53 m2 maka hasilnya berada di Rp.132.500.000,00- sampai dengan Rp.185.500.000,00- atau kalau di genapkan berada di kisaran harga 200 jutaan.

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time