LINGKAR WARNA: 21 desain rumah bali minimalis + DENAH 21 desain rumah bali minimalis + DENAH ~ LINGKAR WARNA -->

Wednesday, September 09, 2020

10 september 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

21 desain rumah bali minimalis

Satu dekade terakhir ini kami menyaksikan bagaimana beberapa biro arsitek mempopulerkan sebuah konsep tampilan bangunan yang pada artikel ini kami sebut sebagai rumah bali minimalis atau desain rumah dengan konsep villa bali. Kita ketahui bahwa bali adalah salah satu kota di indonesia yang di kenal sebagai kota dengan karakter budaya yang khas, tidak hanya dari sisi sosial dan kependudukannya tetapi juga dari sisi arsitekturnya. Kekayaan nilai nilai tradisional ini juga bahkan menjadi salah satu daya tarik yang menjadikan bali banyak di kunjungi oleh wisatawan asing selain dari kondisi alam yang juga memang sangat eksotis.

Di artikel ini kita akan membahas satu sisi lain dari bali yang tentu saja dalam hal ini kaitannya dengan website kita yaitu mengenai rumah bali minimalis. Penamaan rumah bali minimalis bukanlah penamaan yang kami buat sendiri dalam website ini bahkan telah banyak website lain yang telah membahas mengenai hal ini sebelumnya dan di sini kami sekedar ikut memperkaya referensi desain dari rumah rumah bali minimalis. Di beberapa artikel sebelumnya kita telah menyebutkan bahwa fokus dari artikel artikel kita di sepanjang tahun 2020 ini adalah akan membahas atau mereview sebuah desain rekonstruksi dari desain desain yang telah populer sebelumnya dan di kesempatan ini adalah rumah bali minimalis.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai seluk beluk rumah minimalis bali yang di bahas pada artikel ini kami akan menjelaskan mengenai struktur artikel ini sendiri. Artikel ini kita akan bagi kedalam 11 sub bahasan dengan tujuan agar artikel bisa menjadi lebih spesifik dan mendetail dalam pembahasan, 11 sub bahasan ini akan di lengkapi dengan 21 gambar ilustrasi yang akan membantu para pembaca sekalian dalam memahami setiap ulasan dan review desain. Pembahasan pertama akan kita mulai dengan desain yang menjadi rujukan dari rekonstruksi desain kita kali ini dan akan di akhiri dengan pembahasan mengenai denah rumah serta taksiran biaya atau dana yang di butuhkan untuk membangun rumah ini. Jadi pembahasan pada artikel ini akan sangat menarik kami mendorong rekan pembaca sekalian untuk menyimaknya satu persatu dengan seksama.

Tidak lupa juga kami ingin menginformasikan bahwa, website ini di dukung juga dengan ‘Rumah Minimalis Info’ yaitu sebuah komunitas dimana para member groupdapat saling berdiskusi, berbagi informasi, jasa maupun dagang mengenai segala sesuatu terkait pembangunan sebuah rumah, desain rumah, dekorasi dan interior serta berbagai hal lainnya. Jika anda adalah seseorang yang sedang ingin membangun rumah, kontractor, arsitek, atau penyedia bahan dan material bangunan maka group ini adalah salah satu group yang wajib anda ber gabung di dalamnya! Kami sertakan link group di bawah ini dan jangan lupa untuk bergabung!!!


akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INDONESIA (RUMI) 2020 UNTUK JOIN !!!!

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

1. Desain rumah style bali paling trend di dunia maya


Dari sekian banyak desain rumah bali minimalis yang bisa kita temukan di dunia maya ternyata yang populer hanya sebagian kecilnya saja dan salah satu dari yang paling populer adalah desain rumah bali di bawah ini. Popularitas desain rumah yang kami bahas di website ini kesemuanya di ukur dan di timbang dengan dasar seringnya sebuah desain di upload ulang di dalam group, baik sebagai referensi, atau sekedar bertanya atau mencari informasi tentang denah rumah yang dimaksud, gambar kerja lengkap sampai dengan berapa biaya yang di butuhkan untuk membangun rumah tersebut. Kami sendiri secara spesifik tidak mengetahui siapa yang menjadi arsitek dari desain rumah ini, dan darimana para member menemukan sumber gambarnya serta bagaimana bentuk rumah ini secara keseluruhannya, hanya saja di sini kita akan mencoba merekonstruksi ulang desainnya, mulai dari denah sampai dengan komposisi fasadenya, kemudian mengemasnya ke dalam satu artikel yang komplit untuk pembaca sekalian. 

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

2. Desain rumah minimalis bali 1 lantai


Sebagaimana yang tampak dari 21 gambar referensi kita, Rumah bali minimalis kali ini merupakan sebuah rumah dengan satu lantai bangunan kemudian memiliki lebar 11 meter, ketinggian dinding bangunan kurang lebih 3.6 meter dan ketinggian total bangunan dari titik 0 jalan sampai dengan puncak ketinggian atap itu berada pada ke tinggian 6 sampai dengan 7 meter. Rumah dengan satu lantai bangunan sampai saat ini masih menjadi rumah paling faforit dan diminati oleh kebanyakan warga group, ini di karenakan biaya yang jauh lebih murah, proses konstruksi yang lebih sederhana dan tentu saja waktu pembangunan yang lebih ringkas. Diwebsite ini sendiri anda dapat menemukan dengan mudah referensi desain rumah dengan satu lantai bangunan pada kategory artikel rumah 1 lantai.

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

3. Desain rumah bali tampak depan


Fasade atau tampak depan dari rumah bali minimalis ini sangat khas bahkan bisa di katakan memiliki karakter yang sangat kuat, jika anda pemerhati referensi desain rumah yang beredar di dunia maya maka saya yakin anda akan setuju dengan pendapat saya ini. Secara sederhana ketika kita berbicara mengenai fasad bangunan maka kita akan berbicara mengenai elemen bentuk bangunan, teksture dan warna. Berbicara mengenai elemen bentuk bangunan maka kita akan berbicara mengenai bentuk bangunan secara umum, kemudian pengolahan permainan dinding dan elemen utamanya yaitu bentuk teras. Untuk bentuk teras, pewarnaan dan texture akan kita bahas secara mendetail pada sub bahasan lain yang akan datang setelah pembahasan lain. 

Di pembahasan ini kita akan membahas bentuk bangunan secara umum yang terdiri dari badan rumah dan kepala rumah atau bagian bentuk atap rumah. Badan rumah secara pasti akan di pengaruhi oleh bentuk denah di dalam bangunan semakin atractif bentuk denah maka semakin atraktif pula bentuk badan rumah secara umum. Yang khas juga pada fasade rumah bali minimalis ini adalah penggunaan bentuk atap perisai dengan ornamen atap pada bumbungan dan ujung jurai atapnya, bentuk atap seperi ini juga mungkin anda akan dapati pada desain rumah khas dari daerah lain. Setelah kita membahas mengenai teras dan penggunaan batu alam pada fasade rumah bali minimalis ini nantinya akan memperlengkap pembahasan kita mengenai karakter tampak depan dari rumah minimalis bali ini.  

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis


21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

4. Desain rumah bali dengan carport samping


Desain rumah ini memiliki carport atau garasi samping yang sifatnya terbuka atau tanpa kanopy, secara pribadi menurut kami ini menjadi salah satu kekurangan dari desain rumah ini, dimana dengan area bangunan yang cukup luas, garasi mobil atau carport tertutup seharusnya sudah bisa di hadirkan pada desain ini, sayangnya ini belum tampak pada bangunan. Carport tertutup adalah salah satu elemen desain yang sangat vital yang apabila tidak di rencanakan sedari awal akan mendorong pemilik bangunan berkreasi sendiri dalam membuat desain kanopinya yang kerap kali menyebabkan desain bangunan menjadi rusak atau kacau. Meskipun demikian kami melihat penambahan kanopi pada carport samping ini sangat mungkin untuk di lakukan dengan meghubungkan area dinding teras dan ruang tamu dengan dinding pagar di sisi kanan bangunan.  

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

5. Desain teras rumah bali minimalis


Sebagaimana kami janjikan sebelumnya bahwa kita akan membahas secara spesifik mengenai desain teras rumah ini dan poin lima ini adalah tempatnya, di pembahasan ini kita akan menggunakan 4 buah gambar ilustrasi untuk mempermudah kita dalam memahami pembahasan.

Yang pertama desain teras secara umum berkomposisi simetris, maksudnya seimbang antara area kiri dan kanannya, jika kita membagi area teras persis di bagian tengahnya maka kita akan menemukan kesamaan antara area kiri dan kanan teras ini secara mudah. Kanopi teras memiliki karakter yang khas dengan model atap perisai dan jalusi sun screen yang menjadi dekorasinya, jalusi sun screen ini di cat dengan menggunakan warna coklat tua sebagaimana warna lisplank atap secara umum. Kanopi teras ini di pikul oleh dua buah tiang besar dengan lapisan batu alam berwarna krem coklat, kami mengenali batu alam ini dengan sebutan batu paras bali atau palimanan, saya pribadi tidak terlalu yakin dengan penamaan batu alam ini, teman teman bisa kembali pada artikel kami berjudul rumah minimalis dengan batu alam untuk melihat pembahasan mengenai batu alam ini secara spesifik.

Untuk pail lantai teras sendiri sebagaimana pail ketinggian lantai rumah telah di tinggikan setinggi 60 cm dari lantai carport, dimana lantai teras ini akan menghubungkan kita dengan ruang tamu di dalam bangunan dengan ketinggian pail lantai 10 cm dari lantai teras. Untuk menerangi area teras digunakan satu buah general lighting dan 2 buah taks lighting yang di tanamkan atau di letakkan tepat di dua buah tiang teras, desain armaturnya berdesain klasik yang semakin memperkuat karakter desain rumah bali minimalis.  

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

6. Desain rumah gaya bali dengan teras samping


Selain carport samping, rumah ini juga memiliki teras berbentuk L di samping bangunan, teras ini menghubungkan area di luar bangunan yaitu carport dengan 2 buah ruangan di dalam bangunan yaitu area dapur dan ruang TV atau ruang keluarga. Keberadaan pintu alternative pada sebuah rumah sangat penting bahkan untuk kasus rumah besar dengan lebar 11 meter seperti desain kita kali ini keberadaan pintu alternative ini menjadi wajib. Selain berfungsi sebagai pintu service dimana barang barang “kotor” dari kebutuhan dapur dan lainnya di masukkan pintu alternative juga  berfungsi sebagai pintu darurat ketika pintu utama tidak berfungsi dengan baik atau pada kasus yang lebih besar ketika kebakaran terjadi pada bangunan maka penghuni rumah memiliki pintu alternative untuk menyelamatkan diri. Posisi teras samping ini serta pola hubungan ruang yang di ciptakan oleh keberadaan teras ini akan sangat jelas terlihat pada pembahasan kita yang ke 10 nantinya ketika kita membahas mengenai desain denah rumah bali ini. 

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

7. Desain rumah bali minimalis dengan batu alam


Diketahui sebelumnya kita telah menjelaskan bahwa untuk memahami bentuk fasad bangunan ini kita telah mempersiapkan beberapa sub bahasan yang penjelasannya telah kita lewati, mulai dari pembahasan bentuk dan tampak bangunan secara umum, kemudian elemen bentuk bangunan berupa teras utama, carport, kemudian teras di samping bangunan dan di poin ini kita akan membahas mengenai texture dan pewarnaan dari desain rumah bali minimalis ini. Desain rumah bali minimalis akan sangat erat hubungannya dengan pengaplikasian texture batu alam, dimana pada desain rumah ini kita memiliki dua buah bentuk implementasi batu alam, yaitu batu alam dengan bentuk kotak yang disusun dengan pola susunan batu bata, kemudian batu alam dengan bentuk percah atau pecahan yang di aplikasikan pada beberapa bagian dinding bangunan. Untuk detail pembahasan mengenai jenis batu alam ini kami sarankan untuk anda untuk melihat artikel kami yang berjudul rumah minimalis dengan batu alam.

Batu alam ini di kombinasikan dengan warna putih tulang bangunan dan warna coklat tua yang di dapatkan daril lisplank atap, jalusi sun screen pada teras dan warna kusen, jadi dari sisi pewarnaan bisa kita katakan bahwa rumah ini memiliki komposisi warna yang sangat sederhana atau minimalis dimana hanya ada warna putih dan coklat yang di kombinasikan dengan texture batu alam. 

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

8. Desain taman minimalis di belakang rumah


Rumah bali minimalis sepertinya tidak akan sempurna jika pada desainnya tidak menampilkan sebuah desain taman, nah pada desain kali ini kita juga memiliki dua buah taman, yaitu taman yang terletak di depan bangunan dan taman yang terletak di bagian belakang bangunan. Di poin ke delapan ini kita akan fokus membahas desain taman yang terletak di bagian belakang bangunan, taman ini memilki teras yang cukup luas dengan ukuran 2x3 meter, dilengkapi dengan sebuah kolam koy berukuran kecil di antara teras dan pagar belakang. Untuk groundcover taman menggunakan rabat beton berbentuk kotak dengan ukuran 40x40 cm yang di selingi dengan tanah dan rumput, Di bagian paling belakang terdapat pot tanaman memanjang dengan 2 buah pot besar di kedua ujungnya, mungkin ilustrasi tanaman di gambar kita ini kurang pas karena keterbatasan referensi apa yang kami bayangkan pada kedua pot besar kita di bawah adalah sebuah pohon cempaka mini yang biasanya kita temukan di rumah rumah khas bali.
21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

9. Model atap rumah bali minimalis


Model atap yang di gunakan pada rumah ini adalah model atap yang sangat populer di indonesia bahkan di dunia yaitu model atap limasan, atau di beberapa tempat di indonesia mungkin bisa memiliki sebutan lain misalnya model atap perisai atau bahkan model atap bungkus nasi. Selain bentuk atap limasan kita juga mengenal beberapa bentuk atap lainnya misalnya bentuk atap pelana, bentuk atap plat beton atau datar dan bentuk atap prisma. Sebagaimana kami sebutkan sebelumnya bahwa yang membedakan bentuk atap ini dengan model atap limasan pada rumah minimalis umumnya adalah adanya ornament atap pada setiap puncak bumbungan atapnya dan ujung jurai atapnya. 4 buah gambar ilustrasi kita di bawah kami harap cukup bagi anda untuk memahami bentuk atap keseluruhan dari desain rumah bali minimalis kita kali ini.

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

10. Denah rumah bali minimalis ukuran 11x19 meter 3 kamar tidur 1 lantai


Nah akhirnya kita sampai juga di pembahasan yang paling di tunggu tunggu, yaitu pembahasan mengenai desain dari denah rumah bali minimalis yang menjadi pembahasan kita di artikel saat ini. Tapak rumah ini berukuran lebar 11 meter dan panjang kebelakang 19 meter, jadi dari ukuran tanah bisa kita katakan desain rumah ini telah memiliki cukup area untuk membangun sebuah rumah yang ideal. Badan utama rumah mundur sejauh 4 meter adapun teras utamanya hanya mundur sejauh kurang lebih 2 meter. Teras utama ini berukuran efektif cukup luas yaitu 1.5x3.3 meter, teras ini akan mengantarkan kita pada ruang tamu di dalam rumah berukuran 3.3x4 meter.

Dari ruang tamu kita akan menemukan sebuah ruang multy yang cukup besar terdiri dari ruang TV, ruang makan dan ruang duduk. 3 ruang inilah yang menjadi pusat sirkulasi rumah dimana ruang ruang ini akan menghubungkan kita pada seluruh ruang di dalam bangunan, mulai dari kamar tidur utama berukuran 4x4.5 meter, kemudian kamar anak berukuran 3x4.5 meter, dapur berukuran 3x3 meter dan taman di belakang rumah. Rumah ini juga memiliki 3 buah kamar mandi, 1 kamar mandi berukuran 1.7x2 meter terletak di kamar tidur utama , 1 kamar mandi merupakan kamar mandi pembantu ukuran 1x2 meter dan 1 kamar mandi lainnya menjadi kamar mandi bersama dengan ukuran 1.5x2 meter.

21 desain rumah bali minimalis
21 desain rumah bali minimalis

11. Dana yang di butuhkan untuk membuat rumah bali minimalis


Sebagaimana telah kita jelaskan pada artikel artikel kita sebelumnya penentuan biaya konstruksi yang kami gunakan dalam setiap pembahasan pembahasan kita adalah menggunakan pendekatan biaya konstruksi permeter. Biaya permeter ini biasanya kami gunakan untuk mengontrol perhitungan RAB yang kami buat atau rencanakan, di sini kita akan menggunakan 3 harga satuan permeter yaitu 2.5 juta/meter, 3 juta/meter dan 3.5 juta/meter biaya satuan ini biasanya sangat bergantung dengan spesifikasi dari desain bangunan yang akan di gunakan, semakin berkualitas spesifikasi bangunan yang di gunakan maka biaya permeter bangunan menjadi semakin besar.

Biaya permeter ini akan kita perkalikan dengan luas total bangunan, dimana pada kasus desain ini bangunan memiliki luas lantai produktif seluas 133 meter persegi, maka setelah di perkalikan dengan 3 nilai satuan permeter kita di atas maka akan di hasilkan nilai konstruksi bangunan yang pertama, Rp. 332.500.000,00- kemudian yang kedua adalah Rp. 399.000.000,00- dan yang ke tiga adalah Rp. 465.500.000,00- . 

Nah jika anda memiliki bajet di antara 350 sampai dengan 500 juta saya pikir untuk memulai membangun rumah dengan desain seperti di atas sudah bisa anda lakukan, namun di sini kami ingin menyampaikan bahwa menyewa jasa arsitek untuk menyelesaikan seluruh urusan rumah anda lebih kami rekomendasikan karena ada hal hal yang sifatnya di luar kebiasaan yang bisa sangat mempengaruhi desain rumah dan perhitungan biayanya, misalnya lokasi tapak bangunan yang sulit yang membutuhkan biaya ekstra untuk membawa material bangunan untuk sampai ke lokasi, atau kondisi tanah tertentu yang membutuhkan pondasi khusus agar bangunan bisa berdiri kokoh, dan berbagai faktor lainnya yang menjadikan biaya bangunan bisa membengkak atau bahkan menyebabkan desain butuh di sesuaikan dengan kondisi lahan anda, dan hal hal seperti ini biasanya lebih mampu di lihat oleh seorang arsitek dari masalahnya maupun solusinya.

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days