LINGKAR WARNA: 15 desain rumah minimalis dengan batu alam 15 desain rumah minimalis dengan batu alam ~ LINGKAR WARNA -->

Tuesday, May 26, 2020

27 mei 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

15 Desain rumah minimalis dengan batu alam

Alhamdulillah kembali kita mengupdate referensi desain rumah di website ini, menjadi istimewa karena artikel ini akan menjadi artikel pembuka yang membahas mengenai desain rumah minimalis dengan batu alam di website ini, nantinya seluruh artikel artikel yang berkenaan dengan topik ini akan kita gabungkan kedalam satu kategori artikel berjudul rumah batu alam. Penggabungan ini tentunya di maksudkan untuk mempermudah anda mengakses referensi desain rumah yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kita ketahui bersama bahwa website ini berisi ribuan referensi desain rumah dengan gambar gambar ilustrasi yang detail dan lengkap, semua kategori tersebut anda bisa temukan di bagian paling bawah website ini.

Menjadi lebih istimewa lagi karena di kesempatan kali ini juga kami akan memberikan anda kesempatan untuk memiliki gambar lengkap dari desain rumah ini. Caranya sangat mudah, yang pertama anda wajib bergabung pada group Rumah Minimalis Indonesia (RUMI) yang linknya kami sertakan di bagian bawah paragraf ini, yang kedua komen MAU pada postingan kami di group tersebut, postingan bisa anda temukan di bagian paling atas group atau pada menu pengumuman (announcements) dan yang ketiga share postingan tersebut ke group rumah minimalis lainnya sebanyak banyaknya!
Pemenang akan kami pilih di setiap awal bulan di akhir minggu pertama, pengumuman pemenang akan di umumkan via group Rumah Minimalis Indonesia (RUMI) jadi seperti yang telah kita sampaikan di atas gabung ke group ini menjadi wajib buat anda yang ingin mengikuti program ini!

Nah sekarang kembali ke pembahasan kita! Artikel kita kali ini akan berisi 15 buah gambar desain rumah yang akan kita review ke dalam 11 sub bahasan. 8 poin pembahasan pertama akan membahas mengenai objektifitas desain rumah ini secara spesifik, yang akan menghantarkan kita pada poin pembahasan ke 9 yang membahas secara detail dan terperinci mengenai desain rumah ini kaitannya dengan penggunaan batu alam pada desainnya. Pada poin ke 10 dan ke 11 berisi pembahasan wajib pada website ini yaitu pembahasan mengenai desain denah rumah minimalis dan berapasih taksiran dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah minimalis seperti ini! jadi pastikan agar anda mengikuti poin demi poin dari setiap pembahasan karena ulasannya akan sangat menarik dan membuka wawasan alternatif bagi anda, terutama bagi anda yang akan atau sedang membangun rumah.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INDONESIA (RUMI) 2020 UNTUK JOIN !!!!

15 desain rumah minimalis dengan batu alam
15 desain rumah minimalis dengan batu alam



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

1. Rumah minimalis paling trend di dunia maya


Desain rumah minimalis kita kali ini merupakan hasil rekonstruksi ulang sebuah desain rumah yang sangat populer di dunia maya, popularitas ini kami ukur dari seringnya gambar ini di upload ulang oleh para pengguna dunia maya untuk di pertanyakan model denahnya, atau mengenai berapa RAB yang dibutuhkan untuk membangunnya dan segudang pertanyaan lainnya tentang rumah ini. Rumah populer didunia maya tidak hanya rumah ini saja, kami sendiri telah menshare lebih dari 100 foto rumah yang paling di sukai oleh warga group rumah minimalis kedalam lebih dari 5 buah artikel yang kesemuanya itu anda bisa temukan di website ini dengan mudah.

Nah, alasan inilah juga yang menjadikan kami mencoba untuk merekonstruksi ulang desain rumah ini, sebisa mungkin  kami membuatnya semirip mungkin dengan aslinya, dan tentu saja dengan penyempurnaan penyempunaan pada komposisi bangunannya serta desainnya secara umum. Buat anda yang tertarik dengan desain rumah ini maka artikel ini akan menjadi artikel yang sangat memuaskan keingintahuan anda mengenai seluk beluk rumah ini secara keseluruhannya.

Sedikit tambahan informasi, serial rekonstruksi desain akan menjadi warna artikel artikel kita sepanjang tahun 2020 ini, jadi pastikan agar anda untuk sesering mungkin kembali ke website ini untuk mendapatkan berbagai referensi desain rumah minimalis terbaru lainnya.

rumah minimalis
rumah minimalis

2. Desain rumah minimalis dengan atap limas


Sebagaimana tampak jelas pada gambar gambar kita, rumah ini di desain dengan menggunakan model atap rumah limasan dimana model atap rumah seperti ini merupakan salah satu bentuk atap yang paling populer untuk sebuah desain rumah, tidak hanya di indonesia bahkan bisa kita katakan model atap ini sangat populer di sebahagian besar negara negara di dunia. Performa bentuk atap yang cenderung serupa dari ke empat sisinya menjadikan bentuk atap ini menjadi lebih ramah terhadap perubahan iklim sepanjang tahunnya, bentuknya yang memberikan kesan solid dan kokoh juga menjadikan bentuk atap ini begitu populer. Di website ini sendiri kami telah mengumpulkan seluruh desain rumah dengan atap limas ini ke dalam satu buah kategori artikel berjudul rumah atap limas.

Bentuk atap limasan dari desain ini akan tampak lebih jelas lagi pada pembahasan kita di poin 8 nantinya yang akan menampilkan satu buah gambar desain atap rumah dari penampakan atasnya. Selain bentuk atap limas kita ketahui ada beberapa bentuk atap lainnya yang juga sangat populer di negri kita indonesia ini, yang bisa kita sebutkan di antaranya adalah rumah dengan atap pelana, rumah dengan atap dak beton dan rumah dengan atap miring.

 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam

3. Desain rumah minimalis dengan carport samping


Desain rumah ini di desain dengan akses utama kebangunan melalui sebuah carport di sisi kanan depan bangunan, carport atau parkiran mobil adalah elemen bangunan yang seharusnya ada pada setiap rumah bahkan ketika pemilik rumah tidak memiliki mobil sekalipun apalagi jika rumah tersebut dapat di akses dengan menggunakan kendaraan roda empat. Dimaklumi di waktu waktu tertentu parkiran ini dapat di gunakan oleh mobil pengangkut furniture dan lainnya atau bahkan bisa menjadi ruang ekstra ketika ada hajatan di rumah!

Carport ini menghubungkan ruang luar dengan ruang di dalam bangunan melalui dua buah teras, teras pertama merupakan teras utama bangunan adapun teras lainnya merupakan teras yang terhubung langsung dengan toko tempat usaha pada desain rumah ini. Untuk alasan efektifitas sebaiknya anda selalu mengeksekusi area carport ini sebagai ruang sirkulasi multifungsi yang menghubungkan semua ruang ruang fungsional baik ruang luar bangunan maupun entrance bangunan.

 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam

4. Desain rumah minimalis dengan teras dan taman samping


Selain di depan bangunan teras juga terdapat di samping bangunan atau tepatnya disisi kiri bangunan, dua gambar kita di bawah akan menggambarkan posisi teras secara 3 dimensional secara tepat dan bagaimana desain teras ini mempengaruhi komposisi desain bangunan secara umum. Maksudnya apa? Maksudnya jika posisi teras kita di sampng kiri bangunan ini di hilangkan maka kesan flat dan gemuk pada desain bangunan rumah ini akan sangat terasa namun karena kehadiran teras, bentang bangunan sepanjang kurang lebih 11 meter ini menjadi terlihat lebih modis dengan pembagian 3 area dinding yang lebih tegas. Dari dalam bangunan sendiri teras ini terhubung langsung dengan area ruang makan yang secara detail lyoutnya bisa anda lihat pada poin pembahasan kita ke 10 ketika membahas mengenai denah rumah secara umum.

 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam


5. Desain rumah minimalis dengan teras dan taman belakang


Selain teras depan dan teras samping, desain rumah ini juga di lengkapi dengan teras di belakang bangunan, teras ini terletak di sudut paling kanan belakang rumah menghubungkan kita langsung dengan dapur berukuran 2.5x3 meter. Teras di belakang bangunan biasanya di buat agar penghuni dapat mengakses area di bagian belakang rumah dengan mudah, pada kasus rumah dengan lahan sempit area teras di bagian belakang rumah ini biasanya di tiadakan ini di karenakan semua area di belakang bangunan di ubah menjadi ruang fungsional dengan dinding dan atap yang tertutup. Adapun ruang di bagian belakang bangunan fungsinya bisa sangat beragam, bisa berupa taman, area servis atau tempat jemur atau kombinasi antara beberapa fungsi lainnya, kami sangat merekomendasikan bagi anda yang sedang membangun rumah untuk selalu menyediakan area kosong di bagian belakang rumah ini. Selain berfungsi sebagai hal hal yang telah kita sebutkan di atas area kosong juga di maksudkan sebagai area ventilasi silang bangunan sehingga bangunan tidak terasa sumpek dan sempit.

 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam

6. Desain rumah minimalis dengan tempat usaha


Yang unik pula dari desain rumah minimlais kita kali ini adalah rumah ini di desain dengan sebuah tempat usaha di sisi kanan depan bangunan. Tempat usaha ini bentuknya bisa bermacam macam, bisa dalam bentuk toko kelontong, butik, outlet HP dan pulsa, apotek, praktik kesehatan, menjual pakaian sampai dengan penjualan air mineral isi ulang. Posisinya di sudut kanan depan bangunan sangat strategis dan mudah di akses melalui sebuah carport yang pembahasannya telah berlalu di poin ke 3 artikel kita ini. Dan keberadaan tempat usaha ini menjadi salah satu alasan mengapa anda membutuhkan sebuah carport meskipun anda sendiri mungkin saja belum memiliki sebuah kendaraan roda 4. Sengaja pula pada desain kita kali ini kami desain dengan sebuah tempat usaha mengingat kebutuhan akan referensi desain rumah dengan tempat usaha cukup banyak di cari oleh warga net dan akan datang pembahasan kita nantinya yang secara khusus mengulas mengenai hal ini dengan referensi yang kami desain sendiri, di maklumi di website ini kami telah menuliskan mengenai hal serupa namun dengan referensi yang bersumber dari berbagai tempat di dunia maya, anda bisa mengaksesnya untuk saat ini dengan memanfaatkan colom pencarian di menu website ini!

 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam

7. Desain teras rumah minimalis


Hal yang juga tidak mungkin kita lewatkan adalah review desain teras utama desain rumah minimalis kita kali ini, teras utamanya di desain dengan gaya minimalis ala indonesia, terletak tepat di bagaian tengah bentang depan bangunan area teras ini terhubung langsung dengan taman dan carport di luar bangunan dan ruang tamu di dalam bangunan. Area teras sendiri bisa di akses melalui sisi depan dan kanan teras, yang aksesnya di pisahkan oleh pot pot tanaman berbentu L. Untuk tiang terasnya di desain dengan membagi 3 tinggi tiang, area kaki merupakan area paling bawah dengan finishing batu alam, area badan berupa tiang putih dengan aksen batu alam dan area kepala merupakan area dengan cat berwarna moca dengan aksen lampu tempel yang menyorotkan cahaya ke atas dan kebawah.

Untuk kanopi teras sendiri berupa atap limas senada dengan atap bangunan secara umum yang di kombinasikan dengan kanopi beton setebal 10 cm yang membingkai keseluruhan area teras hasilnya sangat menarik! Untuk menerangi area teras di malam hari kami menggunakan lampu baret tepat di tengah plafon area teras, dua gambar kita di bawah saya pikir cukup untuk mewakili pemaparan kita ini. Sedikit penambahan informasi penggunaan warna tosca pada lisplang desain rumah ini juga ikut membuat sumbangsih positif pada desain rumah ini, dan secara pribadi mungkin ini adalah desain pertama kami yang mengaplikasikan warna pada lisplank dan hasilnya ternyata cukup menarik.

 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam

8. Denah atap rumah minimalis


Sebelumnya pada poin pembahasan kita ke dua kita telah menyinggung mengenai jenis bentuk atap yang di gunakan pada desain rumah ini yaitu berbentuk limasan. Bentuk atap limas atau limasan di beberapa daerah di kenal juga dengan nama atap perisai bahkan ada yang menyebutnya dengan atap bungkus nasi, unik bukan namun seperti itulah kenyataannya! Bentuk atap limas sendiri merupakan bentuk atap dengan bumbungan atap dan jurai jurai dimana posisi lisplanknya tidak akan pernah lebih tinggi dari gentengnya. Dalam penggunaan atap seperti ini pengaplikasian bumbungan dan jurai sangat perlu untuk di perhatikan secara seksama karena dari dua tempat inilah sumber kebocoran atap paling sering terjadi

 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam

9. Desain rumah minimalis dengan batu alam


Poin ke sembilan ini merupakan pembahasan inti dari judul artikel kita yaitu desain rumah minimalis dengan batu alam, dari 8 poin pembahasan kita sebelumnya anda telah menyaksikan begaimana desain rumah ini dari segala sisinya dimana batu alam di aplikasikan di kurang lebih 1/3 luasan dinding bagian luar dengan 2 jenis batu alam. Pada bagian fasade depan rumah bahkan pengaplikasian batu alam ini lebih dari setengah dari luasan dinding di aplikasikan dan di implementasikan. Pengaplikasian batu alam ini bisa di gantikan dengan cat atau keramik dengan motif batu alam, namun nilai kesan yang di hasilkan tentu akan sangat berbeda.

Sebagai tambahan informasi di kutip dari 99.co terdapat 13 jenis batu alam yang bisa anda gunakan untuk mempercantik desain rumah anda yaitu

Batu Palimanan

Batu Palimanan berasal dari kecamatan Palimanan di Cirebon. Batu yang satu ini diproduksi dari Gunung Ciremai dan sangat terkenal dengan kekuatan dan keawetannya. Kamu bisa menggunakan batu ini untuk dinding, kolam renang, taman, atau sebagai dinding pagar.

Batu Gamping

Di Indonesia, kita mengenal batu ini sebagai batu kapur. Kualitasnya yang tahan segala suhu dan cuaca, juga kekokohannya menjadi alasan mengapa banyak orang memilih batu gamping untuk desain rumah mereka. Tidak hanya putih, kamu juga bisa menemukan batu gamping berwarna abu, biru, coklat, dan merah muda. Cocok untuk segala sisi rumah!

Batu Marmer

Siapa sih yang tidak tahu batu satu ini? Batu marble sering dipakai banyak orang karena dapat dengan mudah dibentuk menurut keinginan si pemilik rumah. Dengan permukaan yang mengkilap dan warna yang terang, batu ini dapat memancarkan kesan mewah dan elegan. Tips: Karena kesensitifannya terhadap cuaca, hindari memasang batu marmer pada dinding luar rumah yang terkena langsung sinar matahari.

Batu Granit

Batu granit pada umumnya diasah dan dipotong-potong untuk dijadikan lantai. Lantai yang terbuat dari batu granit akan terasa lebih dingin dan tidak licin dibandingkan dengan lantai lainnya. Batu ini juga anti gores dan anti jamur, lho! Karena sifatnya yang kuat dan tahan cuaca, batu ini juga sering dijadikan untuk bahan bangunan lainnya seperti jembatan, kolam ikan, kolam renang, dan gedung-gedung perkantoran.

Batu Candi

Jika kamu melihat nama dan gambar batu alam satu ini, hal yang pertama kamu pikirkan pasti candi-candi bersejarah di Indonesia. Walaupun namanya sama, batu ini bukanlah jenis batu yang dipakai orang jaman dahulu untuk membangun candi. Batu candi mempunyai komposisi yang berbeda dengan batu andesit yang biasanya digunakan para leluhur kita untuk membangun bangunan. Pori-pori batu candi lebih terbuka dan juga lebih mudah dirawat dibandingkan batu andesit. Harganya juga ramah di saku!

Batu Andesit

Batu andesit berasal dari proses erupsi gunung berapi. Batu ini sudah sering dijadikan sebagai bahan pembangun dinding rumah karena karakteristiknya yang kuat, ketahanannya dalam menghadapi cuaca ekstrem, dan mudah dipasang. Batu andesit bertekstrur seperti kayu jadi bisa kamu jadikan eksterior ruangan, karya seni, ataupun pagar depan rumah.

Batu Templek

Meski berbentuk lempegan tipis, batu templek tergolong bebatuan keras yang kuat. Batu ini sering sekali digunakan para desainer rumah sebagai hiasan dinding karena teksturnya yang tidak berarturan terlihat indah jika disatukan dengan lempengan batu templek lainnya. Batu ini tidak gampang berlumut dan mudah dirawat. Kotoran yang menempel pada batu ini bisa kamu bersihkan hanya dengan cara digosok lap bersih.

Batu Sukabumi

Seperti namanya, batu ini berasal dari Sukabumi, dan termasuk batu langka di dunia! Batu Sukabumi biasanya berwarna hijau, sehingga sering sekali digunakan sebagai lantai kolam renang, kolam ikan, atau pancuran air. Keunggulan dari batu Sukabumi adalah sifatnya yang anti licin, sejuk, anti air, dan memiliki senyawa zeoilit yang bisa menjernihkan air. Karena kelangkaannya, kamu mau tidak mau harus merogok kocek lebih dalam untuk membeli batu ini.

Batu Paras Jogja

Jika dilihat pada gambar batu alam diatas batu paras Jogja cocok untuk kamu yang mengincar desain rumah minimalis. Batu produksi Jogja ini biasanya dijadikan sebagai material penutup dinding rumah. Akan tetapi, karena warnanya yang terang dan permukaan yang cukup kasar, batu ini memerlukan perawatan yang lebih khusus. Jika tidak dirawat dengan benar, batu paras Jogja akan mudah berlumut. Walaupun begitu, kamu tidak usah khawatir. Merawatnya batu ini cukup mudah, yaitu dengan cara digosok dan dilap tanpa memerlukan cairan pembersih.

Batu Sabak

Batu sabak, atau yang lebih dikenal dengan istilah batu kali, banyak digunakan sebagai eksterior rumah. Batu alam ini sangat kokoh dan bisa kamu jadikan sebagai pondasi bangunan. Harganya pun relatif murah. Untuk memasang batu ini di rumah, pastikan kamu memiliki alat-alat yang tepat karena batu ini lumayan susah dipotong dan diukir.

Batu Koral

Untuk kamu yang sudah familier dengan batu ini, tentu kamu sudah tahu fungsinya yang serbaguna. Selain bisa dijadikan sebagai batu hiasan taman dan bangunan, batu koral juga bisa kita gunakan sebagai lantai. Batu koral yang dipasang sebagai lantai dan dibiarkan sedikit menonjol dapat memijit telapak kaki kita, dan merilekskan otot-otot tegang pada tubuh kita. Apabila kamu ingin memakai batu koral tapi kurang budget, kamu biasanya bisa menemukan batu-batu ini di sisi sungai.

Bluestone

Jenis batu alam berikutnya adalah hasil impor negara Amerika Serikat. Batu alam jenis bluestone memiliki tekstur dan komposisi yang menyerupai batu templek, namun dengan warna yang berbeda. Batu bluestone berwana biru gelap, dan terlihat lebih mengkilap jika dibandingkan dengan batu templek. Selain untuk bangunan rumah, batu ini juga sering diukir untuk dijadikan perhiasan berharga.

Batu Karang

Batu alam yang bisa kamu temukan di sisi pantai ini akan menambahkan aksen tropis pada rumahmu. Kamu bisa menempatkan batu ini pada dasar kolam ikan ataupun akuarium rumah. Kamu juga bisa menjadikan batu karang sebagai tempelan dinding pagar rumah. Karena sifatnya yang tahan air, batu ini bisa bertahan lama dicuaca buruk sekalipun.

 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam

10. Denah rumah minimalis ukuran 10.5x13.5 meter 3 kamar tidur 1 lantai


Pembahasan mengenai denah rumah adalah salah satu pembahasan wajib yang harus selalu ada setiap review desain kita terutamnya adalah desain desain yang kami desain sendiri atau hasil hasil rekonstruksi sebagaimana pada artikel kita kali ini. Rumah ini secara umum berukuran 10.5x13.5 meter di desain dengan asumsi bahwa rumah masih memiliki kelebihan tanah di bagian depan, samping kiri kanan dan belakang bangunan. Denah dimulai dengan sebuah carport di sisi kanan depan bangunan, carport ini terhubung langsung dengan dua buah teras, yaitu teras utama berukuran 2x3 meter dan teras toko berukuran 1.5x3 meter. Dari teras utama kita akan terhubung dengan ruang tamu berukuran 3x4 meter yang di ikuti ruang TV yang juga berukuran 3x4 meter. Di sisi kiri ruang TV terdapat ruang makan berukuran 3x3 meter, dari dua ruang ini yaitu ruang TV dan ruang makan kita bisa meng akses seluruh ruang di dalm bangunan yaitu 3 buah kamar tidur 1 buah dapur dan satu buah tempat bisnis. Kamar utama berukuran bersih 3.5x4.5 dimana luasan ini juga telah termaksud pula luasan kamar mandi dalam yaitu berukuran 1.2x1.8 meter. Tempat usaha sendiri berukuran 3x4 meter yang kemudian di ikuri sebuah ruang kamar mandi berukuran 1.3x1.8 meter dan dapur berukuran 2.5x3 meter.

 15 desain rumah minimalis dengan batu alam
 15 desain rumah minimalis dengan batu alam

11. Dana yang di butuhkan untuk membangun rumah minimalis


Bagi anda yang baru membaca artikel artikel kami di website ini perlu di ketahui bahwa jumlah jumlah kebutuhan dana yang di ungkapkan di website ini ke semuanya bersifat taksiran anggaran dari harga taksiran terendah yang mungkin untuk di gunakan yaitu berada di hitungan 2 juta, 2.5 juta samapi dengan 3 juta permeternya, dan kami tetap merekomendasikan anda untuk menggunakan jasa arsitek berpengalaman dan profesional untuk membantu anda dalam permasalahan ini, desain dan perhitungan RAB adalah hal yang luas sifatnya sehingga berbagai faktor bisa mempengaruhinya.

Luas total bangunan ini sendiri kurang lebih seluas 120 meter persegi yang apa bila di kalikan dengan harga satuan 2 juta/meter nya maka kebutuhan RAB bangunan jatuhnya di angka 240 juta rupiah adapan jika di kalikan dengan harga 3 juta/meter maka jatuhnya di harga 360 juta rupiah, dan nilai ini bisa anda jadikan acuan untuk berani memulai project pembangunannya! Namun jika anda oeang awam dalam permasalahan ini maka rekomendasi kami untuk menggunakan jasa profesional masih berlaku.

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time