LINGKAR WARNA: 15 Desain rumah minimalis dengan pagar kekinian + DENAH 15 Desain rumah minimalis dengan pagar kekinian + DENAH ~ LINGKAR WARNA -->

Saturday, May 09, 2020

10 mei 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

15 Desain rumah minimalis dengan pagar kekinian + DENAH

Pagar dapat di definisikan sebagai sebuah elemen desain pada bangunan yang berfungsi sebagai batas pengaman sebuah bangunan atau lahan dan area tertentu. Sebagai salah satu elemen desain, pembahasan mengenai pagar ini tidak bisa kita katakan sederhana, bahkan jika kita mengulasnya secara terperinci dan detail maka akan kita dapati pembahasan mengenai pagar ini memiliki poin poin pembahasan yang relatif kompleks. Mungkin anda akan berpikir bahwa statement kita ini sedikit berlebihan namun faktanya tidak demikian pembahasan mengenai pagar ini memang lebih kompleks dari yang kita bayangkan.

Di website ini sendiri kami telah membahas mengenai pagar dalam berbagai kesempatan bahkan dalam puluhan artikel, anda bisa kembali ke kategori desain pagar rumah minimalis untuk melihat pembahasan pembahasan tersebut. Dalam artikel artikel tersebut kami telah membahas mengenai desain pagar kaitannya dengan model bangunan, desain pagar kaitannya dengan teksture dan bahan yang di gunakan, pembahasan mengenai elemen elemen pembentuk sebuah pagar dan berbagai pembahasan lainnya.

Sebagai contoh untuk menggambarkan betapa kompleks pembahasan mengenai pagar ini kami akan sedikit mereview mengenai artikel kami yang membahas mengenai elemen elemen pembentuk desain sebuah pagar, dimana di antara poin poin dari elemen desain tersebut di antaranya adalah pembahasan mengenai gerbang pagar, kemudian pintu pagar, nomor rumah, desain kotak surat, bentuk railing pagar dan berbagai pembahasan lainnya, jika anda menuju ke kategori artikel desain pagar rumah minimalis maka anda akan dapati poin poin di atas kami bahas secara detail satu persatu dengan ratusan inspirasi gambar contoh untuk masing masing topik bahasannya.

Di pembahasan kita kali ini kembali kami akan membahas mengenai desain pagar dengan tajuk 15 desain pagar rumah minimalis kekinian. 15 maksudnya bahwa artikel ini akan di lengkapi dengan 15 buah gambar ilustrasi dari satu buah gambar desain rumah yang sama dimana gambar gambar ini nantinya akan membantu kita memahami desain pagar kekinian yang di maksud dalam konteks pembahasan kita. Artikel ini mula mula akan secara umum membahas mengenai desain rumah yang digunakan dalam referensi ini, kemudian baru secara spesifik membahas mengenai pagar rumah yang di gunakan, dan terakhir yang tentunya tidak boleh terlewatkan adalah pembahasan mengenai denah rumah dan berapasih biaya yang di butuhkan untuk membangun rumah minimalis ini.



akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INDONESIA (RUMI) 2020 UNTUK JOIN !!!!

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

1. Tampak depan rumah minimalis


Tampak depan rumah, bergaya modern minimalis ala indonesia dimana permainan penebalan bentuk dinding dan warna masih menjadi kekuatan utama dalam proses desainnya. Secara umum badan rumah di bagi menjadi tiga bagian, sisi kanan, tengah dan sisi kiri bangunan. Bagian sisi kanan di isi dengan area carport dengan tipologi bentuk menjorok ke arah dalam, elemen bangunan bisa dikatakan relatif sederhana di area ini hanya terdapat sebuah dinding dengan warna mencolok merah dan sebuah kanopi carport berdesain modern. Bagian tengah bangunan merupakan area teras dan entrance utama bangunan, dimana olahan bentuk desain pada area ini lebih kompleks dengan pengelolaan model tiang teras, kanopi benton dan model atap teras. Di bagian paling kiri merupakan area kamar tidur dengan dua buah lubang jendela yang di desain sangat menarik, bentuk fasade ini nantinya akan sangat erat kaitannya dengan bentuk dasar desain pagar yang menjadi poin utama di pembahasan kita kali ini.

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian

2.  Desain kanopi carport rumah minimalis


Biasanya pembahasan mengenai kanopi carport ini bukanlah pembahasan yang utama dalam artikel artikel kita namun kali ini menjadi pengecualian, bentuk desain canopi carport menjadi salah satu elemen desain pada bangunan rumah yang juga akan mempengaruhi nilai kesan bangunan terutama kaitannya dengan desain pagar rumah kita ini. Pada poin 7 kita di bawah, di gambar pertama anda akan menyaksikan bagaimana karakter desain kanopi ini di desain agar bisa terintegrasi dengan desain pagar yang dimaksud, berdesain modern minimalis dengan struktur membentuk pola grid. Rangka rangka besi holow ini di cat dengan warna putih tulang senada dengan warna kusen dan daun pintu jendela, terakhir poli carbonat berwarna bening kebiruan menjadi bahan penutup kanopi yang di pilih, penggunaan policarbonat ini bisa juga di gantikan dengan akrilik dan kaca bening.

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian

3. Desain rumah minimalis dengan pintu samping


Desain rumah ini juga di desain dengan penggunaan pintu alternatif di samping bangunan, dimana pintu ini akan menghubungkan kita secara langsung dengan dapur didalam bangunan. Pintu samping di maklumi sebagai pintu alternatif dimana barang barang “kotor” seperti bahan belanja keperluan dapur biasanya di masukkan atau juga menjadi pintu dimana sampah dapur dan sampah rumah tangga lainnya di keluarkan, sehingga performa ruang tamu bisa selalu terjaga dari aroma kurang sedap dari bahan bahan yang kita sebutkan tadi. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah apa kaitan antara pintu samping ini dengan desain pagar kita? Area pintu samping biasanya sezona dengan area pintu pagar utama hal ini di maksudkan agar sirkulasi pengguna lebih efektif dan maksimal dengan kata lain area pintu samping ini akan mempengaruhi komposisi desain pagar kita secara umum terutama kaitannya dengan letak pintu pagar sebagaimana telah kita sebutkan di atas.

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian

4. Desain rumah minimalis dengan atap pelana


Penggunaan bentuk atap mungkin secara kasat mata tidak akan mempengaruhi bentuk desain pagar secara umum namun pada kenyataannya tidak demikian, pada penggunaan atap limasan ada setidaknya 2 elemen garis yang akan kita temukan, yang pertama adalah elemen garis horizontal yang kita dapati dari bentuk desain lisplank, kemudian yang kedua adalah elemen garis miring dari kiri ke kakanan atau sebaliknya yang kita akan dapati dari bentuk jurai atap limasannya, untuk mempertahankan uniti desain antara pagar dan bangunan utama maka menghadirkan elemen garis ini juga pada pagar menjadi kepentingan perencanaan, itu jika bangunan kita menggunakan atap perisai. Namun pada referensi desain kita kali ini rumah minimalis di desain dengan menggunakan atap pelana dimana elemen garis horizontal menjadi satu satunya elemen garis yang paling kuat hadir dalam komposisi atap yang tentunya hal ini akan dengan mudah juga kita tampilkan pada desain pagar kita nantinya.

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian

Sebagai tambahan informasi agar rekan pembaca sekalian juga dapat lebih memahami model atap rumah yang kami gunakan pada desain ini maka dibawah ini kami tampilkan bentuk desain atap rumah dari tampak atas nya atau bird eye viewnya. Dimana tampak bagi kita di bagian paling belakang bangunan sebagian area bangunan juga menggunakan atap dak beton. Atap dak beton ini di gunakan pada dua tempat yaitu pada sebagian atap kamar utama dan pada sebagian area atap dapur dimana area ini juga di gunakan sebagi tempat penampungan air.

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian

5. Desain teras rumah minimalis


Desain teras bergaya modern minimalis, dengan 2 tiang teras yang di desain dengan detail dan profil keren, pada area teras ini juga terdapat aksen bangunan yang berupa sun screen besi berwarna merah yang di buat melengkung atau keluar dari komposisi utama dari keseluruhan bangunan secara umum, sehingga perannya sebagai aksen bangunan menjadi lebih maksimal. Dua tiang teras juga di lengkapi dengan pot tanaman berdesain modern dimasing masing tiang sehingga tiang teras selain berpenampilan modern juga terlihat lebih natural. Komposisi teras ini nantinya juga akan kita proyeksikan ke model pengolahan dinding pagar sehingga bentuk desain pagar dan bangunan jauh lebih terintegrasi antara satu dan lainnya. Penjelasan ini nantinya akan lebih masuk akal ketika kita membahas mengenai desain pagar secara spesifik! Untuk ketinggian pailing lantai pagar itu berada pada ketinggian 2 anak tangga dari garasi atau setara 40 cm dan berada pada ketinggian 3 buah anatk tangga dengan jalan atau setara 60 cm, ketinggian lantai teras ini juga nantinya akan mempengaruhi dimensi pagar secara vertikal.

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian


6.  Desain dinding depan model rumah minimalis


Desain dinding depan rumah minimalis atau desain dinding depan teras juga menjadi salah satu topik yang diperbincangkan oleh para pemburu rferensi desain rumah sehingga menjadikan pembahasan ini ke dalam satu pembahasan poin tersendiri menjadi kepentingan kita pada artikel ini. Pembahasan mengenai dinding ini sebenarnya juga telah kita bahas ketika membahas mengenai tampak depan desain rumah pada poin satu kita di atas, dimana telah kita katakan sebelumnya bahwa bentuk desain dinding di kelola dengan permainan ketebalan dinding dan pewarnaan. Namun di sini sedikit kami ingin menambahkan bahwa permainan ketebalan dinding itu sendiri sangat erat kaitannya dengan permainan maju mundur dinding yang prosesnya di lakukan pada saat merencanakan denah rumah, misalnya saja seperti yang di lakukan pada dinding ruang tamu.

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian

7. Desain pagar rumah minimalis terbaru


Dengan membaca 6 poin pembahasan kita di atas seharusnya sampai di sini anda telah mendapatkan penggambaran yang sangat jelas mengenai proses lahirnya ide desain pagar ini, namun untuk memperkokoh penjelasan kami akan mencoba mereview kembali pembahasan pemabahasan yang telah kita sebutkan di atas!

Yang pertama mengenai komposisi tampak depan yang juga kita hadirkan kembali kedalam desain pagar, dimana bentang pagar juga di bagi menjadi 3 bagian secara umum, yaitu area pintu pagar di kanan bangunan area pot tanaman memanjang tepat di depan teras dan area railing tepat di depan area jendela kamar di kiri bangunan.

Yang kedua adalah pembahasan mengenai kanopi garasi, dimana pada mata manusia elemen garis horizontal dan vertikal pada rangka kanopi juga memperkokoh kesan modern dari desain pagar, belum lagi kesan kanopi melayang yang coba di hadirkan hal ini kesemuanya memperkuat karakter dan desain pagar.

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian

Yang ketiga adalah pembahasan mengenai pintu samping bangunan yang juga mempengaruhi komposisi pagar secara umum sebagaimana telah kita jelaskan sebelumnya

Yang ke empat kita telah menjelaskan bahwa bagaimana elemen garis pada atap juga sangat mempengaruhi bentuk desain pagar, jika anda memperhatikan dengan seksama elemen bentuk menyerupai lisplank juga kita hadirkan pada pagar yaitu tepatnya pada bagian paling atas dinding pagar.

Yang kelima, bagaimana elemen komposisi pada pagar dan dinding lainnya juga kita proyeksikan pada dinding pagar. Jika rekan sekalian memperhatikan dengan seksama maka tiang tiang pagar sebenarnya merupakan hasil proyeksi dari tiang teras dan elemen penebalan pada bingkai jendela kamar tidur!

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian

Yang ke enam elemen natural kembali juga dihadirkan dengan penggunaan pot tanaman, tanaman dan elemen finishing kayu pada sebagian besar area pagar.

Nah dari enam penjelasan kita ini saya harap kini anda bisa dengan jelas melihat proses kelahiran sebuah desain, tentu saja pada konteks bahasan kita ini yaitu desain pagar. Dan 6 poin ini baru membahas satu sisi proses mendesain sebuah pagar, kita belum berbicara mengenai nomor rumah, kotak surat, railing, elemen pengaman pagar dan lainnya yang juga menghadirkan sisi lain dari proses kehadiran sebuah desain.

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian

Saya pikir bukanlah statement berlebihan jika kita mengatakan bahwa desain pagar kita dibawah merupakan komposisi apik dari sebuah desain pagar kaitannya dengan bentuk rumah secara umum, dan dengan mengetahui hal ini anda kini bisa mencoba mendesain pagar rumah anda sendiri dengan panduan yang lebih terarah, dan hal inilah yang menjadi maksud judul kita yaitu desain pagar rumah minimalis kekinian, yaitu desain pagar yang di desain dengan perangkat pengetahuan yang jelas dan terarah!

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian

8. Denah rumah minimalis ukuran 10x15 meter 3 kamar tidur 1 lantai


Sebagaimana kami janjikan sebelumnya bahwa kita juga akan melengkapi referensi desain rumah kita kali ini dengan pembahasan mengenai denah rumahnya. Sebagai pengantar saya ingin menjelaskan bahwa desain denah ini bukanlah ide original kami melainkan merupakan denah sodoran klien yang didapatkan dari dunia maya, denah ini kemudian kami rekonstruksi ulang dengan mengubah mungkin hanya sekitar 10 persennya jadi relatif tidak ada perubahan, dari denah ini kemudian kami membuat desain penampakan rumah.

Sebagaimana di sebutkan pada judul poin kita di atas bahwa denah rumah ini di desain di atas tanah berukuran 10x15 meter dengan total luasan bangunan  95 m2. Denah rumah ini memiliki 3 buah kamar tidur dengan ukuran masing masing 3x3 meter untuk 2 buah kamar anak dan 4x5 meter untuk kamar utama. Ruang tamu berukuran 3x3 meter, ruang TV berukuran 3x4 meter, ruang makan berukuran 3x3 meter dan dapur berukuran 2x4 meter. Rumah ini di lengkapi juga dengan 2 buah kamar mandi dengan ukuran masing masing 1.5x1.8 meter dan 1.5x2 meter.

15 Desain pagar rumah minimalis kekinian
15 Desain pagar rumah minimalis kekinian

9. Jumlah dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah minimalis


Dengan luasan 95 meter persegi maka dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah ini berada di kisaran harga 200 jutaan sampai dengan 300 jutaan keatas sangat bergantung dengan lokasi dan spesifikasi bangunan yang dimaksud, tentu saja semakin berkualitas bahan dan material bangunan yang di gunakan juga akan menjadikan biaya bangunan menjadi lebih besar dan mahal. Penentuan biaya ini hanyalah sebuah pendekatan anda bisa menggunakan jasa arsitek untuk penentuan kebutuhan dana dan material yang lebih spesifik dan detail.

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days