LINGKAR WARNA: Desain rumah minimalis di gang sempit Desain rumah minimalis di gang sempit ~ LINGKAR WARNA

Thursday, April 30, 2020

1 mei 2020

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Desain rumah minimalis di gang sempit

Lokasi tapak dari sebuah bangunan memiliki peranan penting dalam sebuah proses perencanaan desain bangunan sampai dengan pelaksanaan konstruksinya, semakin strategis lokasi maka sebuah bangunan menjadi lebih mudah untuk di desain dan di bangun. Sebagai contoh sebuah rumah yang terletak di jalan primer akan lebih mudah di bangun di banding dengan rumah rumah yang berada di dalam area perumahan, apalagi jika dibandingkan dengan rumah rumah yang terletak di gang sempit atau lorong. Permasalahan transportasi bahan dan material menjadi alasan utama kemudahan ini, dimaklumi ketika lokasi berada di tepi jalan primer maka transportasi bahan ini akan sangat mudah di lakukan, namun tidak demikian jika lokasi tapak rumah berada di kompleks perumahan dan sejenisnya.

Kami sendiri secara pribadi telah beberapa kali mengerjakan proyek baik berupa desain maupun pembangunan konstruksi sebuah rumah yang letaknya berada di dalam gang sempit atau lorong. Permasalahan petama yang harus kita fix kan adalah permasalahan izin gangguan atau keributan baik secara formal ataupun berupa izin secara lisan terhadap para tetangga yang kemungkinan akan mengalami gangguan sepanjang pengerjaan bangunan, yang kedua adalah permasalah lokasi drop down dari material yang akan di gunakan selama proyek, dimana harus di letakkan dan seberapa jauh dari lokasi pembangunan, yang ketiga adalah desain rumah yang harus memperhatikan keefektifan ruang agar bisa di gunakan dengan maksimal oleh sang pemilik rumah nantinya, yang ke empat adalah keamanan bangunan dan berbagai permasalahan lainnya.

Semua tantangan tantangan yang kita sebutkan di atas, sayangnya juga akan membebani biaya pembangunan dimana sering kali sang pemilik rumah harus mengeluarkan ekstra dana untuk menyelesaikan permasalahan permasalahan tersebut. Namun demikian terkadang sebuah lokasi proyek bukanlah sesuatu yang dengan mudah untuk di pilih dan di letakkan dimana, sehingga proses desain dan pembangunan tetap harus di laksanakan. Dan referensi kita kali ini merupakan salah satu desain rumah yang pernah kami kerjakan pada sebuah gang sempit, kami berharap dari referensi ini anda dapat memperoleh sedikit gambaran mengenai sebuah desain rumah yang berlokasi di area yang cukup sempit.

Seperti biasa pada pembahasan dari referensi referensi kita akan senantiasa di lengkapi dengan gambar gambar 3d yang mereprentasikan bentuk desain rumah, kemudian juga gambar denah bangunan yang dikemas menarik dengan lyout perabot, dan terakhir hal yang tidak kalah pentingnya adalah jumlah dana yang di butuhkan untuk menyelesaikan desain rumah yang men menjadi referensi kita kali ini!

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  RUMAH MINIMALIS INDONESIA (RUMI) 2020 UNTUK JOIN !!!!

Desain rumah minimalis di gang sempit
Desain rumah minimalis di gang sempit



Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

1. Tampak depan rumah minimalis


Tampak depan dari referensi rumah kita kali ini bergaya desain minimalis dengan olahan bentuk yang bisa di katakan sangat sederhana. Namun jangan salah, meskipun dengan olahan fasade yang sederhana bangunan ini kami desain dengan komposisi yang sangat menarik loh! Secara umum fasade bangunan di bagi menjadi 3 bagian, bagian kiri yaitu area parkir motor, kemudian bagian tengah area teras yang juga merupakan entrance utama bangunan dan yang ketiga adalah area sudut bangunan di sisi kanan. Yang menarik juga dari desain ini adalah karena adanya keinginan untuk memaksimalkan luasan lahan maka area pagar kami desain terintergrasi secara langsung dengan area fasade dan kanopiterasnya dan agar bangunan tetap memiliki suasana asrinya maka pada desain pagar juga telah di lengkapi dengan pot memanjang untuk tanaman.

Desain rumah minimalis di gang sempit
Desain rumah minimalis di gang sempit

2. Rumah minimalis dengan 2 kamar tidur


Rumah ini merupakan rumah dengan 2 kamar tidur, yang terdiri dari 1 buah kamar anak dan 1 buah kamar utama, dimana kamar utama juga merupakan kamar yang telah di lengkapi dengan kamar mandi di dalamnya. Kedua kamar ini terletak di bagian kiri bangunan berderet ke belakang dengan luas total area yang di gunakan kurang lebih seluas 20 meter persegi. Nah pembahasan mendetail tentang ruang ruang di dalam bangunan ini nantinya akan secara terperinci kita bahas pada poin ke 6 di pembahasan kita kali ini. Di poin ke enam ini juga nantinya akan kita tampilkan referensi gambar denah dari rumah ini, dimana gambar denah tesebut juga telah di lengkapi dengan ukuran ukuran serta desain penataan perbotnya jadi pembahasannya akan sangat menarik!

Desain rumah minimalis di gang sempit
Desain rumah minimalis di gang sempit

3. Rumah minimalis dengan 1 lantai bangunan


Referensi rumah kita kali ini juga merupakan rumah dengan 1 lantai bangunan, meskipun demikian kami mendesain bangunan ini dengan komposisi yang bisa dikatakan megah yang tentu saja kemegahan desain ini di sesuaikan dengan konteks lokasi dari bangunan itu sendiri. Kesan megah dari desain rumah ini di dapatkan dengan meninggikan badan bangunan di area teras dan ruang tamunya. Hal ini menjadikan area tengah bangunan memiliki dinding yang lebih tinggi dan bagi bentuk rumah secara umum hal ini menjadikan desain atap yang akhirnya harus di split atau di bedakan ketinggiannya. Penggunaan bentuk atap pelana juga menjadi salah satu alasan mengapa bangunan ini menjadi terlihat lebih megah, terutama apabila di lihat dari sudut bangunan.

Desain rumah minimalis di gang sempit
Desain rumah minimalis di gang sempit

4. Rumah sudut minimalis


Sebagaimana telah kita singgung pada beberapa poin pembahasan kita di atas bahwa desain rumah kita kali ini merupakan rumah di gang sempit yang juga merupakan rumah yang letaknya disudut atau pada posisi hook.. Meskipun demikian kami berusaha mendesain bangunan ini sebaik mungkin baik dari ruang luar maupun ruang dalamnya, jika rekan pembaca sekalian melihat gambar kita di bawah maka bisa dengan mudah kita pahami bahwa area kanan bangunan ini berbatasan langsung dengan tepi jalan di samping bangunan! Benar saja, dalam perencanaannya kami hanya menyisakan 60 cm spasi antara dinding utama bangunan dengan dengan tepi jalan, kemudian pada dinding ini kami letakkan 3 buah lubang jendela yang berhubungan langsung dengan area ruang tamu, ruang TV dan dapur, agar jendela tidak mudah di akses dari tepi jalan, kami membuat sebuah pot tanaman besar tepat di bawah masing masing jendela.

Desain rumah minimalis di gang sempit
Desain rumah minimalis di gang sempit

5. Rumah minimalis dengan atap pelana


Rumah minimalis kita kali ini juga merupakan desain rumah dengan model atap pelana, dimana model atap pelanan yang di gunakan juga di buat bersusun untuk menghasilkan bentuk atap bangunan yang lebih menarik dan atraktif. Model bentuk atap pelanan merujuk kepada bentuk atap prisma segitiga, dengan kemiringan atap tertentu. Kami sendiri lebih menyenangi menggunakan kemiringan atap antara 30 sampai dengan 35 derajat dan yang yang paling seringnya adalah dengan tiga puluh derajat. Menurut pengalaman kami kemiringan atap 30 derajat ini adalah kemiringan atap dengan sumbangsi komposisi paling menarik terhadap desain bangunan secara keseluruhannya. Selain bentuk atap pelana di indonesia kita kenali pulan bentuk atap limasan yang sangat ramai di gunakan, jika anda tertarik dengan desain rumah menggunakan atap limas maka anda bisa kembali pada artikel artikel kami dengan kategory rumah atap limas yang bisa anda temukan di bagian bawah artikel ini.

Desain rumah minimalis di gang sempit
Desain rumah minimalis di gang sempit

6. Denah rumah minimalis 2 kamar tidur 1 lantai bangunan


Nah pembahasan kita pada poin ke enam ini adalah pembahasan yang selalu di tunggu tunggu oleh para pembaca setia kami, yaitu pembahasan mengenai desain dari denah rumah. Sebelumnya saya ingin menggambarkan bahwa model denah dari rumah kita kali ini tidak seperti biasanya yaitu berbentuk persegi yang sempurna, kali ini bentuk denah kita sedikit tidak beraturan dimana antara lebar depan dan lebar belakang tidak sama, kemudian antara panjang kanan dan panjang di sisi kiri bangunan juga tidak sama, jadi secara umum bisa kita katakan denah ini memiliki bentuk yang tidak beraturan.

Paling besarnya denah ini berukuran lebar 8.5 meter, kemudian panjang sampai dengan 11 meter sebagaimana yang tampak pada gambar kita di bawa. Denah rumah ini dimulai dengan sebuah garasi berukuran kecil yang memang hanya di peruntukkan sebagai parkiran motor saja. Dari area parkir motor ini kita akan di antarkan menuju teras utama berukuran cukup besar 1.5x4 meter. Dari teras ini kita bisa mengakses ruang multy di dalam bangunan, ruang multy berukuran 4.5x5 meter ini kami bagi menjadi 2 fungsi ruang, yang pertama sebagai ruang tamu dan yang kedua sebagai ruang TV yang fungsinya juga bisa berubah menjadi ruang makan. Di sisi kiri ruang ini terdapat dua buah pintu yang meng hubungkan kita dengan 2 buah kamar tidur di dalam bangunan, penjelasan mengenai kamar tidur ini telah kita jelaskan sebelumnya di poin 2 di atas. Kemudian area terakhir pada bangunan yaitu area dapur dengan ukuran 2.7x4.5 meter, pada area dapur ini juga terdapat sebuah kamar mandi dengan ukuran 1.5x1.5 meter.

Desain rumah minimalis di gang sempit
Desain rumah minimalis di gang sempit

7. Kebutuhan dana rumah minimalis


Berapasih kebutuhan dana yang di butuhkan untuk membangun rumah dengan desain seperti ini? Sebagaimana telah kami jelaskan dalam berbagai kesempatan pada artikel artikel kita sebelumnya, permasalahan berapa dana yang di butuhkan untuk membangun sebuah rumah sangat relatif, dan memiliki sangat banya faktor yang mempengaruhinya, hanya saja di sini kami menggunakan 3 pendekatan harga satuan yang akan kita perkalikan dengan luas total bangunan utnuk mendapatkan nilai yang mungkin dapat digunakan untuk membangun rumah ini, yaitu harga 2 juta/meter, 2,5 juta/meter dan 3 juta/meter. Untuk luas total bangunan sendiri adalah 67 m2, maka dengan memperkalikan ke tiga harga satuan di atas bisa kita dapati peluang dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah di atas berada di antara 134 juta rupiah sampai dengan 200 juta rupiah, pendekatan ini sudah bisa anda gunakan untuk mempersiapkan dana dalam membangun sebuah rumah dengan spesifikasi seperti pada referensi kita kali ini.

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2020
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892  
untuk berbagai contoh desain lainnya: 

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time