LINGKAR WARNA: Desain Vanishing Mosque U.A.E. Desain Vanishing Mosque U.A.E. ~ LINGKAR WARNA -->

Friday, January 22, 2016



22 januari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sebuah studio arsitektur berbasis di manhattan RUX design telah memenangkan kompetisi untuk mendesain sebuah masjid di UEA dengan konsep plaza terbuka mereka, yang di sebut The Vanishing Mosque. Desainnya menampilkan sebuah kolam tempat berwudu, di bawah segi tiga bangunan ibadah yang terbuka dan di kelilingi oleh bangunan di sekitarnya.

image courtesy by RUX design




image courtesy by RUX design
Jejeran tiang dan pelengkung di kedua sisinya memiliki di mensi yang terus mengecil ke arah kiblat atau mihrab, memberikan kesan jarak pandang yang semakin menjauh. Di lindungi oleh  bayangan bangunan di sekitarnya, masjid ini akan di gunakan untuk sholat lima waktu di setiap harinya dan juga di gunakan sebagai ruang publik di waktu waktu lainnya.

image courtesy by RUX design
Sebelumnya RUX design telah membuat sebuah proposal untuk Traffic Design Competition Vol. 2 – Design as Reform yang di selenggarakan oleh Dubai gallery and studio Traffic, yang juga di tunjuk sebagai pelaksana pembangunan masjid ini.

Masjid Al Rawda, Badr Al Jadeeda Amman
Kompetisi desain  Public Art Installations 2016
Desain masjid halide edip adivar Istambul Turki
Masjid dan pusat kebudayaan Turki di Doetinchem
Masjid Sancaklar Turki oleh Emre Arolat Architects 

image courtesy by RUX design
RUX design menjelaskan ketika mereka memulai menggarap projek ini, mereka membayangkan bahwa masjid adalah sebuah bangunan tertutup, namun ketika proses desain telah selesai mereka menampilkan masjid sebagai sebuah plaza perkotaan, sebuah simbol dan ruang spasial yang memberikan pengalaman ruang yang unik.

image courtesy by RUX design
The Vanishing Mosque adalah sebuah tempat ibadah yang suci yang di kreasikan di antara suasana kota yang sibuk. Aktifitas retail, cultural venues, apartment, hotel, dan koridor panjang menggambarkan batas batas atau sisi dari plaza ini.



SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days