LINGKAR WARNA: Masjid Al Rawda, Badr Al Jadeeda Amman Masjid Al Rawda, Badr Al Jadeeda Amman ~ LINGKAR WARNA -->

Thursday, January 21, 2016



22 Januari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Masjid Al Rawda resmi di buka pada bulan ramdhan tahun 2011, berlokasi di taman Badr Al Jadeeda Amman. Bangunan masjid ini berdiri di atas lahan yang rata berada di persimpangan tiga jalan pada area pemukiman yang nyaman di antara bukit bukit yang di penuhi dengan tanaman tanaman. Masjid Al Rawda menghadirkan kembali pola tradisional  islami ke dalam elemen sculpturalnya dengan menggunakan pencahayaan alami dan pantulan bayangan untuk menciptakan suasana ruang spritual.

image courtesy by uraiqat




image courtesy by uraiqat
Tantangan utama dari desain masjid ini adalah mengeksplorasi kemungkinan baru dari tipologi masjid namun tetap menjaga identitas dan spritualitas bangunan masjid seperti misalnya fungsinya sebagai bangunan yang memberikan pengaruh kepada lingkungan sekitarnya. Perencanaan ini memasukkan seluruh aspek desain mulai dari pekerjaan arsitektur, interior desain, furniture, pekerjaan kayu, karpet, daun pintu, handle pintu dan lain sebagainya.

image courtesy by uraiqat
Kompetisi desain  Public Art Installations 2016
Desain masjid halide edip adivar Istambul Turki
Masjid dan pusat kebudayaan Turki di Doetinchem
Masjid Sancaklar Turki oleh Emre Arolat Architects 
Mendefinisikan warna secara sederhana

Di saat memasuki masjid jamaah akan menemukan teras dengan atap kanopi berbahan batu Ajloun bertuliskan ayat dari al quran yang terukir di sisi depan bidang kanopi tersebut, dan gelagar besi berpola berada di sisi kirinya di desain agar tanaman merambat bisa naik dan menutupi gelagar tersebut, di sisi kanannya terdapat area untuk berwudhu.

image courtesy by uraiqat
Area wudhu tersebut di pisahkan dengan jalan oleh dinding dengan ketinggian dua lantai bangunan, dimana dinding tersebut tampil dengan pola islamik yang juga di gunakan pada interior bangunan. Pintu masuk utama bangunan masjid ini menggunakan kayu solid wallnut berukir dengan ketinggian 4 meter memberikan kesan yang sangat monumental bagi para jamaah.

image courtesy by uraiqat
Konsep utama dari interior masjid ini adalah untuk menciptakan ruang spritual kontemporer menggunakan cahaya sebagai olahan utamanya di dalam tampilan arsitektur yang minimalis. Massa dan bukaan dirancang untuk merespon cahaya alami sepanjang hari dari berbagai sudut dan jendela.



SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days