LINGKAR WARNA: Masjid Sancaklar Turki oleh Emre Arolat Architects Masjid Sancaklar Turki oleh Emre Arolat Architects ~ LINGKAR WARNA -->

Tuesday, January 19, 2016



20 Januari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Masjid ini di bangun oleh biro arsitek Emre Arolat Architects di desain dengan dinding dinding beton dan tempat sholat yang menyerupai sebuah gua. Dinding dinding beton ini di kombinasikan dengan batu berwarna  abu abu terang untuk membentuk wajah bangunan masjid ini. Di seting membentuk sebuah plaza dengan tangga tangga yang landai. Area masjid seluas 700m2 ini terletak di Buyukçekmec, sebuah daerah sub urban di pinggiran kota istambul. 

 Masjid Sancaklar image courtesy by emrearolat




 Masjid Sancaklar image courtesy by emrearolat
Struktur struktur beton tampil apa adanya dan di atur lebih rendah dari landsekap yang ada, dimana pada titik titik tertentu sepanjang area masjid ini hanya akan ada terlihat menara masjid dan atap beton saja. Masjid Sancaklar di tujukan untuk menjawab permasalahan fundamental dalam mendesain sebuah masjid dengan menjauhkannya dari pandangan arsitektur masjid yang selalu hanya berputar pada permasalahan bentuk saja, pada kasus ini team arsitek menginginkan sesuatu yang lebih berfokus pada substansi ruang ibadah saja.

Masjid Sancaklar image courtesy by emrearolat
Mendefinisikan warna secara sederhana
Sistem warna, RGB dan CMYK
Kompetisi desain interior Capital 21
Video game engine untuk keperluan rendering arsitektur
7 wajah baru bronjong dalam olahan kreatif arsitektural

Batu batu di atur dalam topografi yang miring membentuk barisan barisan panjang dan pijakan yang berundak, mengarahkan kita turun ke bawah menuju cekungan bangunan. Rumput rumput terlihat tumbuh di antara lapisan lapisan batu tersebut membantu mengintegrasikan pijakan pijakan tadi, atap bangunan dan landsekap sekitarnya terlihat menyatu.

Masjid Sancaklar image courtesy by emrearolat
Bangunan masjid di padankan  sempurna dengan topografinya dan dunia luar seakan terlupakan seiring anda melintasi landsekap kompleks masjid ini, menuruni bukit dan melewati dua dinding sebelum akhirnya anda memasuki masjid. Segmen segmen ruang yang di kreasikan pada masjid ini antara buatan manusia dan alam sekitarnya  secara konstan terus menghadirkan suasana khusuk bagi orang orang yang memasukinya.

Masjid Sancaklar image courtesy by emrearolat
Dari gambar gambar ini saja kita seakan akan bisa merasakan suasana khusuk pada masjid ini, daerah mimbar atau dinding pada sisi kiblat di terangi maksimal oleh cahaya yang berasal dari skylight bangunan masjid, di lengkapi dengan desain dinding dinding yang minimalis, dengan sangat sedikit ornamen,  saya pikir arsiteknya telah berhasil menyampaikan maksud desain ini dengan sempurna.



SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days