LINGKAR WARNA: Desain masjid halide edip adivar Istambul Turki Desain masjid halide edip adivar Istambul Turki ~ LINGKAR WARNA -->

Thursday, January 21, 2016



22 Januari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Manco architect sebuah biro arsitek asal turki membuat konsep sebuah masjid "masjid halide edip adivar" yang menghadirkan kompleks masjid dengan bangunan pendukung yang memiliki berbagai macam fungsi aktifitas di dalamnya. Gaya modern di interprestasikan oleh desain ini dengan menyatukan lingkungan sekitarnya sangat dekat dimana area semi-terbuka dan area terbuka keduanya dapat di gunakan oleh khalayak umum.

image courtesy by manco architects




image courtesy by manco architects
Area tersisa di sekeliling bangunan utama masjid di desain sebagai taman terbuka, dimana masyarakat secara umum bisa menggunakan area ini, beristirahat sejenak dari kebisingan jalan yang berada tepat di depan bangunan utama masjid. Daerah pintu masuk utama pedestrian terletak di sisi utara bangunan masjid dan menjadi area yang paling banyak di gunakan dan pada area ini juga di tempatkan tempat wudhu pria.

image courtesy by manco architects
Tampak pada gambar di atas area belakang masjid,  dengan pola ground cover menyerupai saf saf sholat, dimana biasanya hal seperti ini di maksudkan agar pada saat saat tertentu di mana masjid ter isi penuh oleh jamaah dan menuntut penggunaan ruang luar, maka saf saf sholat masih bisa di pertahankan lurus sebagai mana saf saf di dalam masjid dengan bantuan garis garis ini.

Masjid dan pusat kebudayaan Turki di Doetinchem
Masjid Sancaklar Turki oleh Emre Arolat Architects 
Mendefinisikan warna secara sederhana
Sistem warna, RGB dan CMYK
Kompetisi desain interior Capital 21

image courtesy by manco architects
Area duduk pada taman belakang yang bisa di gunakan sebagai area baca dan aktifitas umum lainnya yang masih berkaitan dengan ibadah seperti kegiatan amal dan sebagainya. Dari area ini bisa terlihat dua koridor di sisi kiri kanan masjid yang terkoneksi dengan jalan utama di depan masjid. Perlu di ketahui bahwa arah kiblat masjid ini tepat menghadap ke jalan utama tersebut.

image courtesy by manco architects
Desain interior masjid di desain sangat modern dan minimalis, dengan pola utama pembentuk kesan interior ini adalah segitiga, Mihrab pun tersusun dari pola pola segitiga yang lebih kecil kemudian membentuk satu segi tiga yang lebih besar dan di takik kedalam untuk menonjolkan kesan ruang pada mihrab tersebut. Tampak pula sebuah kaligrafi coba di hadirkan dengan mentakik pola pola segi tiga pada dinding barat masjid.



SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days