LINGKAR WARNA: Desain Masjid dan Islamic Center Tirana Albania Desain Masjid dan Islamic Center Tirana Albania ~ LINGKAR WARNA -->

Friday, January 22, 2016



23 januari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Adalah arsitek asal denmark, BIG Bjarke Ingels Group yang menjadi aktor dari desain masjid ini, setelah memenangkan persaingan antara lima finalis kompetisi desain masjid ini, termaksud di dalamnya Zaha Hadid, arsitek asal spanyol Andrés perea ortega, Architecture Studio dari prancis dan team belanda seARCH. Berlokasi di pusat kota tirana yang mana tapak dari lokasi masjid ini merupakan bagian dari projek revitalisasi kawasan yang lebih besar yaitu Scanderbeg square.

image courtesy by BIG




image courtesy by BIG
Terdiri dari tiga massa bangunan yang di gabungkan dalam sebuah segitiga pada sudut tapaknya, dua di antaranya menyatu dengan pola grid kota Tirana dan bangunan yang ketiga berorientasi kepada Mekkah. Setiap bangunan akan di puntir menaungi plaza yang ada di bawahnya, menyebabkan plaza ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan bangunan masjid ini.

image courtesy by BIG
Fasade bangunan ini menampilkan jendela jendela kotak kecil terinpirasi dari mashrabiya, sun screen yang umum di gunakan pada desain desain masjid di seluruh dunia, menghasilkan kualitas bayangan yang unik di dalam masjid dan memberikan kesan yang lebih privasi untuk ruang ruang ibadah di dalamnya. Efek bayangan yang dihasilkan juga begitu berfariasi sepanjang hari ini disebabkan olek jendela jendela tadi dan bentuk bangunan yang cenderung berlekuk lekuk.

Desain masjid modern minimalis oleh Maden&Co
Desain Vanishing Mosque U.A.E. 
Masjid Al Rawda, Badr Al Jadeeda Amman
Kompetisi desain  Public Art Installations 2016
Desain masjid halide edip adivar Istambul Turki 

image courtesy by BIG
Masjid ini akan mengakomodasi 1000 jamaah untuk sholat lima waktu, dimana pada waktu waktu khusus misalnya perayaan hari raya idul fitri dan idul adha bisa menampung hingga 10000 jamaah dengan memanfaatkan area taman dan plaza.

image courtesy by BIG



SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days