LINGKAR WARNA: Desain masjid modern minimalis oleh Maden&Co, kompetisi desain Prishtina Central Mosque Kosovo Desain masjid modern minimalis oleh Maden&Co, kompetisi desain Prishtina Central Mosque Kosovo ~ LINGKAR WARNA -->

Friday, January 22, 2016



23 januari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Penjelasan dari perencana, yang paling pertama di lakukan dalam perencanaan masjid ini adalah studi literatur mengenai masjid itu sendiri, apa yang paling pokok dari fungsi masjid itu? dan bagaimana model desain arsitektur masjid pertama di Kosovo? Hal inilah yang menjadi pokok pembentuk desain masjid ini yaitu fungsi utama dari sudut pandang keagamaan dan trend gaya arsitektur masjid itu sendiri.

image courtesy by Maden Group




image courtesy by Maden Group
Idenya berangkat dari bentuk yang paling dasar, dengan mengkombinasikan elemen geometri sederhana. Kotak sebagai sebuah bentuk sederhana dan murni adalah bentuk yang paling tepat untuk mewakili ide ini, bentuk yang sempurna, karena apa yang kami coba untuk tampilkan adalah sebuah kesan kesempunaan iman, dan sekali lagi bagi kami bentuk ini sangat mewakili ide tersebut. Bahkan pada masjid yang paling awal di bangun bentuk dasarnyapun adalah kotak.

image courtesy by Maden Group
Kebudayaan adalah juga merupakan element yang sangat berharga pada pembentukan desain masjid ini, yang telah coba di implementasikan dengan sangat baik dan akurat, karena salah satu tujuan dari dibangunnya masjid ini adalah untuk menampilkan warisan kebudayaan yang sangat tua dan sangat kaya yang telah di bangun di atas kota ini dari waktu kewaktu sebagai pusat kebudayaan islam kosovo.

Desain Vanishing Mosque U.A.E. 
Masjid Al Rawda, Badr Al Jadeeda Amman
Kompetisi desain  Public Art Installations 2016
Desain masjid halide edip adivar Istambul Turki
Masjid dan pusat kebudayaan Turki di Doetinchem

image courtesy by Maden Group
Tujuan artisitik terbesar pada desain masjid ini adalah untuk mencapai sebuah element terintergrasi dengan desain masjid yang telah lebih dahulu ada yaitu pada kasus desain ini adalah masjid utama Sulltan Mehmet Fatih di Prishtina. Dengan menganalisa typologi dari desain masjid tersebut team maden mengembangkan sebuah desain dengan menggunakan elemen pola yang sama dengan masjid tersebut.

image courtesy by Maden Group
Desain masjid ini tentunya selain di gunakan sebagai tempat ibadah, di gunakan juga untuk mendukung aktifitas aktifitas keagamaan lainnya dan pada skala kota dapat menjadi landmark dan pusat orientasi kawasan.



SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Perumahan modern minimalis di gowa sulawesi selatan

Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days