Desain kawasan agrowisata ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Sunday, 23 April 2017


24 april 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Desain kawasan agrowisata

Pertanyaan pertama mengenai tulisan kita kali ini adalah apasih agrowisata itu??? Agrowisata dapat di definisikan sebagai aktifitas atau kegiatan berwisata yang menjadikan lahan pertanian dan turunannya sebagai objek wisata utama. Dimana aktifitas menarik di lingkungan pertanian menjadi daya tariknya, seperti kegiatan memanen atau memetik, memberikan makan hewan, berkeliling di ladang dan lainnya.

image courtesy by morethangreen
Adapun desain adalah upaya mengkemas sebuah produk ide, sehingga Desain kawasan agrowisata dapat di definisikan sebagai upaya mengkemas sebuah area pertanian dengan luas tertentu untuk dimanfaatkan menjadi sebuah kawasan berwisata. Perlu dipahami bahwa pariwisata pada prinsipnya ada pada aktifitas dan atau pilihan aktifitas saat berwisata baik pada suatu kota dalam skala makronya maupun pada suatu area kawasan dalam skala mikronya.





Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

image courtesy by morethangreen
Sehingga membagi kawasan kedalam sektor sektor, dan membagi sektor kedalam area area aktifitas yang lebih kecil lagi menjadi sangat di anjurkan. Merencanakan tourflow antar aktifitas dan antar sektor pula menjadi hal hal yang harus di perhatikan. Jenis aktifitas wisata yang berbeda beda juga mampu mepertahankan masa aktif kawasan wisata sepanjang tahun tidak bergantung dengan satu aktifitas tanaman atau kegiatan saja yang sudah barang tentu memiliki masa-masa  dalam memberikan daya tarik.

image courtesy by morethangreen
Sebagai kawasan terencana atau ter-desain maka pengolahan kualitas visual kawasan juga sangat di anjurkan, hal inilah yang akan membedakahn kawasan agrowisata dengan lahan pertanian lainnya. Mulai dari landsekap, skyline sampai dengan penampakan penampakan bangunan pendukung yang berada dalam kawasan agrowisata.


image courtesy by morethangreen
Kawasan agrowisata juga sebaiknya memberikan edukasi kepada masyarakat atau pengunjung tentang lingkungan yang baik secara umum dan pertanian itu sendiri secara khusus, sehingga jargon jargon tentang upaya ini menjadi salah satu materi syarat dalam perencanaan sebuah kawasan agrowisata. Dengan begitu kawasan tidak hanya memberikan pengalaman yang menarik tetapi juga menumbuhkan loyalitas kepada lingkaungan dan pertanian itu sendiri.

image courtesy by morethangreen
Untuk mendukung isu isu tersebut maka detail dari penggunaan material pembentuk fisik kawasan menjadi sesuatu yang ikut di rencanakan dengan spesifik. Seperti penggunaan material setempat, penggunaan material material resycle dan atau reuse dan lainnya. Di sinilah peran para perencana, yaitu merangkai komponen komponen yang telah kita bahas di atas menjadi sebuah desain kawasan agrowisata yang kompak dan konteks dengan kebutuhan yang tentunya dapat di aplikasikan pada wujud nyatanya.

image courtesy by morethangreen

Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!! 



Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur terbaru

Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

rumah minimalis

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time