7 transformasi bentuk atap perisai ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Wednesday, 1 February 2017


2 februari 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

7 ide bentuk atap perisai

Jenis atap ini merupakan atap paling populer di indonesia, lebih identik dengan adap mediteranian sangat populer di tahun 90-an sampai awal 2000-an. Cirinya memiliki jurai dari keempat sisinya dan adanya bumbungan horizontal yang menghubungkan ke empat jurai tersebut. Kurang lebih ada 7 model transformasi bentuk atap ini yang anda dapat terapkan pada bangunan anda. Berikut adalah penjelasannya

image courtesy by
1. Atap di bending dan di takik

Atap di bending dan di takik, gambar ilustrasi kita di atas mungkin tidak benar benar benar mewakili transformasi bentuk atap perisai karena tidak adanya bumbungan horizontal di atasnya, namun apa yang coba kami informasikan di sini adalah bahwa tranformasi dengan metode ini bisa sangat di lakukan pada atap perisai, contoh lainnya misalnya pada bangunan tradisional jepang atau cina yang memiliki atap atap dengan pelengkungan seperti ini.





Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

image courtesy by jadhomes
2. Atap di takik pada sala satu sisinya

Cukup unik bukan??? atap perisai berkomposisi sempurna ini di takik di salah satu sisinya untuk mengekspose ruang di bawah atap bangunan, kemudian area takikan di jadikan balkon lebar dan memanjang, rumah yang bisa di bilang berbentuk dasar sederhana ini tiba tiba menjadi begitu unik dan memiliki nilai artistik.

image courtesy by houzz
3. Atap di susun

Atap perisai disusun, transformasi dengan penyusunan merupakan salah satu metode paling populer dalam mentransformasikan bentuk, sehingga transformasi tampa penyusunan bentuk seakan kurang sempurna. Penyusunan tentu bukan persyaratan mutlak dalam mengeksplorasi desain atap tetapi salah satu yang kami rekomendasikan untuk selalu di lakukan. Dalam melakukan penyusunan atap sebaiknya tidak di lakukan searah dengan atap utama dan sebaiknya berlawanan arah, hal ini lebih aman untuk sirkulasi airnya.

Ribuan orang lainnya juga meng-KLIK informasi ini:
7 transformasi minimalis bentuk atap pelana
Mengenal 9 macam bentuk dasar atap 
8 Inspirasi rumah minimalis dengan atap minimalis
Berbagai inspirasi atap unik untuk ide rumah anda!
Atap Sebuah Pengantar

image courtesy by vanbrouck
4. Atap mengikuti arah denah

Atap mengikuti arah denah merupakan ciri atap ini,  dimasa berkuliah menyelesaikan bentuk atap perisai pada rumah dengan denah yang rumit memiliki kepuasan tersendiri. Atap ini juga memiliki ciri bentuk bubungan bubungan atap yang di ciptakannya menyerupai skyline pegunungan. Dengan komposisinya atap ini juga cenderung lebih stabil dari sisi struktur dan kekuatannya.

image courtesy by houzz
5. Atap di beri aksen

Jikalau sebelumnya atap mengikuti arah denah polos tanpa aksen, maka poin kita kelima ini menambahkan aksen pada desain atapnya. Aksen ini juga merupakan kombinasi dengan bentuk dasar atap lainnya yaitu atap lengkung di bagian atap bawah dan atap setengah kerucut di bagian atap atas. Contoh kita ini bisa di katakan mengaplikasikan secara sempurna 3 poin transformasi bentuk atap yaitu atap di kombinasi atau di beri aksen, atap di susun dan atap mengikuti arah denah.

image courtesy by flwright
6. Atap di kecilkan derajat kemiringannya

Berikutnya adalah atap di kecilkan derajat kemiringannya sampai hampir menyerupai atap datar, pada kasus ini material atap harus sangat di perhatikan, karena kebocoran sangat rawan terjadi, hindari persambungan atap yang ber-saf-saf atau sebaiknya menggunakan atap lembaran tanpa sambungan. Karena sifatnya yang cenderung menyamarkan bentuk atap maka ketika menggunakan atap seperti ini sebaiknya anda mengolah desain dinding secara sempurna.

image courtesy by houzz
7. Kemiringan atap di tinggikan

Berlawanan dengan poin sebelumnya pada poin 7 kita ini, derajat atap justru di perbesar atau atap di tinggikan, ruang bawah atap kemudian dimanfaatkan sebagai ruang ruang tambahan pada bangunan, sebagai konsekuensinya atap diselingi jendela jendela untuk memasukkan cahaya kedalam ruang di bawah atap. Poinnya adalah transformasi atap dengan peninggian atap ini masih sangat luas untuk di eksplorasi lagi.

Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!



Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016


Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

rumah minimalis

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time