LINGKAR WARNA: 7 transformasi minimalis bentuk atap pelana 7 transformasi minimalis bentuk atap pelana ~ LINGKAR WARNA

Tuesday, January 31, 2017

1 februari 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

7 ide transformasi bentuk atap pelana

Sebelumnya kita telah membahas 9 macam bentuk dasar atap dan salah satu bentuk dasar tersebut adalah atap berbentuk pelana. Pada contoh kita kali ini tentunya tidak mewakili keseluruhan transformasi eksplorasi atap ini, kami mencoba mengambil dari sisi kesederhanaan transformasinya namun tetap menghasilkan desain yang berkualitas.

macam macam model atap rumah pelana
image courtesy by houzz
 1. Bersusun

Transformasi kita yang pertama kali ini adalah dengan di susun, transformasi ini menurut kami cukup menarik, mirip dengan bangunan tradisional kesultanan buton, di susun dengan  atap pelana yang berada di atas di buat lebih kecil menyerupai susunan komposisi pohon cemara. Pada kasus bangunan tradisional kesultanan buton model ini di susun sampai tiga tingkatan.






Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

macam macam model atap rumah pelana
image courtesy by architectourist
2. Berjajar berpasangan

Berikutnya di jajar berpasangan, di hubungkan dengan ruang lain yang beratap datar, pada komposisi ini sebaiknya tetap menggunakan dua komposisi gedung yang sama antara sisi kiri dan kanannya, perbandingan ini akan jauh lebih berhasil di aplikasikan dari sisi estetikanya. Karena polanya yang simetris maka jika ingin menambahkan komposisi baru pada bangunan sebaiknya selalu memperhatikan keseimbangan bangunan secara keseluruhannya.

macam macam model atap rumah pelana
image courtesy by archinea
3. Di kombinsakan dengan atap datar

Pengkombinasian dengan bentuk atap lainnya juga masih sangat di mungkinkan, hal ini di tujukan untuk memberikan kesan dinamis pada bangunan. Pengkombinasian kita dengan atap datar kali ini hanyalah penggambaran bagaimana atap ini bisa di kombinasikan dengan bentuk atap lainnya. Agar pengkombinasian tetap menghasilkan sesuatu yang estetik sebaiknya anda menggunakan jasa arsitek untuk itu.

macam macam model atap rumah pelana
image courtesy by hgtv
4. Derajat kemiringan atap di kecilkan

Tranformasi berikutnya adalah dengan mengurangi derajat kemiringan atap dan menurunkan dindingnya, model ini bisa di aplikasikan pada bangunan dengan denah melebar. Adapun untuk derajat kemiringan kami rekomensdasikan berada di antara 5 derajat sampai dengan 10 derajat. Di atas kemiringan itu umumnya tidak akan sukses menghasilkan kesan seperti contoh kita di atas.

macam macam model atap rumah pelana
image courtesy by archinspire
5. Bumbungan atap di geser ke kanan

Bumbungan atap di geser ke kanan atau di geser ke kiri, penggeseran sebaiknya mencapai seper empat dari bentangan atap agar kesan desain di atas dapat tercapai. Ruang di bawah atap bisa di manfaatkan untuk ruang ruang baru yang fungsional.

macam macam model atap rumah pelana
image courtesy by jva
6. Bumbungan atap di geser ke kiri dan di tekuk

Bumbungan atap di geser kekiri dan denah atap di tekuk 45 derajat, kira kira seperti itulah penggambaran bentuk atap di atas. Penggesaran sesuai dengan pembahasan kita sebelumnya yaitu mencapai seper empat dari panjang bentangan atap. Ruang di bawah atap juga bisa di manfaatkan sebagai ruang ruang fungsional lainnya.

macam macam model atap rumah pelana
image courtesy by dezeen
 7. Atap di tekuk 

Atap di tekuk 45 derajat, pada beberapa sudut view bangunan bangunan ini akan tampak seperti tidak tertransformasi atau sesuai bentuk dasarnya, sehingga ketika menggunakan ide ini perlu di perhatikan arah denah bangunan terhadap peluang terlihat bangunan, sehingga tekukkan yang di lakukan bisa di pahami sebagai sebuah transformasi dan memberikan kesan estetis tersendiri.

akses terus ribuan informasi arsitektur terupdate!
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG !!!!




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time