LINGKAR WARNA: Solusi tuntas menata rumah kecil di lahan sempit dengan 4 cara jitu! Solusi tuntas menata rumah kecil di lahan sempit dengan 4 cara jitu! ~ LINGKAR WARNA -->

Saturday, April 13, 2019

14 april 2019

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

referensi terbaru: Solusi tuntas menata rumah minimalis di lahan sempit bajet terbatas dengan 4 cara jitu!

Pemerintah melelaui kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat telah mendorong terpenuhinya kebutuhan perumahan ini terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Di lansir dari situs resmi presidenRI setidaknya  selisih pasokan dan permintaan rumah, kini mencapai 13,5 juta unit. Dimana  di sisi lain  kebutuhan rumah baru yang bersumber dari pertumbuhan penduduk dan urbanisasi setiap tahunnya mencapai sekitar 800 ribu unit. Sementara kebutuhan rumah yang dapat dipenuhi hanya sekitar 400 ribu hingga 500 ribu unit.

Hal ini mengakibatkan ada kekurangan unit sebesar 400.000 ribu unit setiap tahunnya. Selain itu, ada rumah yang tidak layak huni, sebanyak 3,4 juta dan daerah kumuh perkotaan sekitar 38.000 hektar. Kami sebagai seorang profesional arsitek baik sebagai pribadi maupun institusi melihat ini sebagai persoalan yang sensitif. Kita tinggalkan masalah pemenuhan kebutuhan unit pertahun karena itu telah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menyelesaikannya.

Permasalahan yang kami coba lihat lebih jauh dari kondisi ini adalah fisik arsitektur dari rumah rumah ini. Di maklumi produk dari program ini adalah mengacu pada masyarakat berpenghasilan rendah yang mana ini berarti produk berupa bangunan sederhana di atas lahan yang kalau tidak di katakan sempit, ya pas pasan lah. Rumah rumah ini adalah umumnya memiliki lebar lahan minimal 6 m dan panjang antara 10 sampai 13 meter, terdiri dari 2 kamar tidur, satu buah KM/WC, dapur luar dan 1 buah ruang multi.



akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 UNTUK JOIN !!!!

rumah mungil minimalis dengan atap datar
rumah mungil minimalis dengan atap datar




Mencari informasi arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)


Yang namanya masyarakat berpenghasilan rendah, membeli rumah saja mereka butuh kapada rumah rumah yang di subsidi, bagaimana mungkin terpikirkan menyewa jasa arsitek untuk mengkawal perubahan fisik bangunan mereka dari tahun ketahun, seiring dengan berkembangnya kebutuhan ruang sebagai konsekuensi dari bertambahnya anggota keluarga.

Disini kami mencoba memberikan sebuah paparan edukatif yang memberikan arah positif bagi para pemilik rumah subsidi ini bagaimanasih mereka seharusnya mengelola rumah kecil mereka di atas lahan yang sempit tersebut.

Kami telah catatkan setidaknya ada 4 cara jitu dan sederhana, untuk mengelola atau megekspan atau merenovasi rumah rumah berukuran kecil ini, bisa jadi berukuran  6x10 atau 6x12 atau 6x13 dan atau berukuran 6x15 atau bahkan lebih kecil dari itu semisal 5x6 dan selainnya, apa itu? 

1. yang pertama,  gunakan lantai mezanine untuk denah lantai bangunan


Lantai mezanine bisa berupa lantai dengan konstruksi permanen seperti cor beton atau yang lebih simple dari itu seperti kayu. Lantai mezanine biasa di maklumi sebagai lantai tersembunyi di antara 2 lantai bangunan, biasanya berfungsi sebagai area servis, atau bahkan kamar tidur. Kekurangannya plafond pada ruang ini dan ruang di bawahnya agak sedikit lebih rendah, adapun kelebihannya lantai ini bisa menambah luas bangunan cukup significan dengan biaya yang masih bisa dikatakan lebih murah.

rumah minimalis modern dengan lantai mezzanine
rumah minimalis modern dengan lantai mezzanine

Ini adalah salah satu contoh aplikasi desain dari rumah minimalis menggunakan lantai mezanine, rumah ini kami desain sekitar tahun 2013 atau 2014 atau sebelum itu, tadinya rumah ini merupakan rumah tipe 36 dengan panjang belakang sisi kanan bangunan 12 meter dan sisi kirinya 13 m, jadi model tapak jajaran genjang. Dari depan fasadenya bangunan ini tidak tampak seperti memiliki 3 level bangunan tetapi di dalamnya sebenarnya terdapat 3 level bangunan, 2 lantai utama dan satu lantai mezanine.

Pembahasan tuntas mengenai contoh rumah kita di atas anda bisa temukan pada link berikut desain rumah minimais terbaru dengan lantai mezanine. Pada artikel ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar 3 dimensi yang lengkap dari beberapa sisi, dan tentu saja yang paling penting adalah model denah untuk bangunan ini. Contoh ini akan sangat membantu rekan sekalian untuk memahami bagaimana sebuah rumah dengan lantai mezanine di eksekusi dalam desain.

Lantai mezanine ini tidak harus 3 level yah, 2 level juga tentu sangat bisa untuk di aplikasikan. 1 lantai umum dan 1 lantai mezanine. Ini kalau pada rumah kami di kampung biasa di sebut sebagai loteng, atau ruang tepat di bawah atap. Di beberapa daerah tertentu seperti daerah daerah di pegunungan konsep ini sangat bisa di aplikasikan, karena di daerah seperti ini biasanya area di bawah atap itu tidak sepanas daerah daerah di pesisir, jadi bisa di gunakan sebagai ruang fungsional seperti kamar tidur misalnya.

rumah modern minimalis dengan kamar di bawah atap
rumah modern minimalis dengan kamar di bawah atap

Atau bahkan di fungsikan dengan ruang yang lengkap, seperti kamar tidur, ruang duduk, kamar mandi, perpustakaan pribadi dan berbagai fungsi lainnya. Rekan pembaca sekalian bisa melihat referensi ini pada dua artikel kami yang berjudul desain unik ruang interior di bawah atap bangunan dan inspiratif desain kamar tidur terbaru di bawah atap bangunan, untuk mengakses artikel tersebut cukup dengan meng klik 2 judul tersebut. Kami sangat merekomendasikan agar kedua artikel ini bisa di baca dan tentunya banyak referensi menarik dari kedua artikel kita tersebut.

rumah minimalis modern dengan ruang keluarga di bawah atap
rumah minimalis modern dengan ruang keluarga di bawah atap

Nah untuk menggenapi pembahasan kita mengenai lantai mezanine ini tidak lengkap kiranya tanpa gambar dan contoh contoh yang dapat memperkuat perspektif kita mengenai ide ini. Tak perlu kecewa karena website kita ini www.lingkarwarna.com hadir untuk menjadi literatur desain yang tidak hanya menyediakan gambar gambar referensi terbaru tetapi juga penjelasan mengenai ide ide tersebut dalam pembahasan pembahasan terstruktur seperti pada tulisan ini. Dan contoh contoh tersebut bisa di lihat di 36 desain interior rumah minimalis dengan lantai mezzanine untuk referensi lengkap!

rumah minimalis modern dengan lantai mezzanine
rumah minimalis modern dengan lantai mezzanine

rumah minimalis modern dengan lantai mezzanine
rumah minimalis modern dengan lantai mezzanine

2. yang ke-dua, aplikasikan microloft untuk setiap kamar tidur


Microloft ini prinsipnya sama persis dengan mezanine hanya saja skala lebih kecil yaitu skala kamar tidur. Kalau pada mezanine aplikasinya bermain dengan konstruksi utama bangunan, kalau pada microloft eksekunyi bermain kepada model item yang lebih kecil yaitu bisa dengan modifikasi tempat tidur atau lantai dari kamar tidur. Terus yang menjadi pertanyaan adalah apa bedanya dengan desain tempat tidur bersusun?

rumah minimalis modern dengan microloft
rumah minimalis modern dengan microloft

Maka jawabannya sangat berbeda yah! Kalau pada tempat tidur bertingkat fungsi tidur yang di wadahi untuk dalam satu wadah, sedang micro loft mewadahi fungsi yang lebih luas bahkan sampai keseluruhan fungsi hidup dalam rumah tinggal, mulai dari tidur, mandi, memasak dan makan, bekerja, dan berbegai fungsi lainnya dalam satu tempat yang kita sebut microloft ini. Sudah kita sampaikan sebelumnya bahwa microloft dengan segala fungsinya tadi tetap saja tampil dalam tampilan yang lebih kecil di banding mezanine.

Referensi lengkapnya rekan sekalian bisa melihatnya pada artikel kami berikut ini Lahan sempit bajet terbatas? Selesaikan dengan 52 desain inspiratif microloft untuk rumah mungil!  silahkan mengklik pada judul artikel untuk mengaksesnya.

rumah minimalis modern dengan microloft
rumah minimalis modern dengan microloft

Di bebera tempat di luar negeri metode desain ini di gunakan untuk mendesain tiny house, atau small house, atau escape house. Kami masukkan pada 4 cara jitu untuk menyelesaikan desain rumah minimalis pada lahan sempit dengan bajet terbatas, ini karena memang ide ide ini awalnya muncul untuk memaksimalkan kondisi kondisi tersebut. Tidak untuk kita di indonesia begitu juga orang orang di luar negeri. Hanya saja tentu fisik aplikasinya akan sangat berbeda dengan kita di indonesia, ini karena adanya teknologi berbeda dalam konstruksi maupun bahan bangunan.

desain kamar tidur dengan lantai split level
desain kamar tidur dengan lantai split level

Kami juga pada poin microloft ini menyisipkan poin mengenai inspirasi kamar tidur menggunakan split level yang mana sebenarnya ini juga merupakan satu topik pembahasan tersendiri namun, di sini kami tidak menginginkan adanya pembahasan yang terlalu luasa sehingga menggabungkan pembahasannya pada poin ini. Tampak yah pada gambar kita di atas apa yang di maksud dengan tempat tidur dengan split level, sangat mirip dengan microloft hanya saja level solutifnya berada di antara microloft dan tempat tidur bertingkat.

desain kamar tidur dengan lantai split level
desain kamar tidur dengan lantai split level

Rekan pembaca sekalian bisa menemukan pembahasan tuntas mengenai tempat tidur dengan split level ini pada artikel kita yang berjudul 23 inspirasi kamar tidur unik dengan split level! silahkan klik pada judul artikel untuk mengakses pembahasan tersebut. Jangan sampai terlewatkan karena pembahasan ini juga merupakan pembahasan yang sangat unik dan memunculkan ide ide kreatif bagi rekan pembaca sekalian.

rumah minimalis modern dengan microloft
rumah minimalis modern dengan microloft

3. yang ke-tiga, gunakan furniture furniture yang bisa di lipat, atau furniture furniture yang memiliki fungsi ganda


Misalnya saja tempat tidur yang sekaligus juga sebuah lemari, atau kombinasi kombinasi lainnya. Furniture lipat misalnya seperti kursi yang bisa di lipat, meja yang bisa di lipat, mungkin kata yang lebih tepatnya furniture yang bisa bertransformasi. Nah di dalam website kita ini setidaknya ada 3 buah jenis furnitur yang telah kita bahas, dan di tuangkan kedalam 4 judul artikel. Kita akan tetap membahasnya satu persatu pada artikel ini dan rekan sekalian bisa melanjutkan pada link artikel terkait untuk pembahasan dan contoh contoh yang lebih luas.

Sebelum lebih jauh ke topik pembahasan kita saya ingin sedikit menjelaskan posisi domain dari pembahasan ini yang juga dari penjelasan ini akan tampak perbedaan antara mezanine, microloft, atau split level. Baik seperti judulnya furniture lipat dan furniture fungsi ganda maka akan di pahami bahwa batasan topik ini adalah pada furniturenya saja. Pada mezanine, atau microloft atau kamar tidur split level  bisa saja terdapat berbagai jenis furniture, nah poin 3 ini adalam membahas peng optimalan furniture furniture tersebut.

desain tempat tidur unik multy fungsi
desain tempat tidur unik multy fungsi

yang pertama itu tempat tidur dengan loker atu lemari atau tempat penyimpanan barang di bawahnya, saya pikir dengan gambar ilustrasi di atas maka apa yang coba kita sampaikan sedikit banyak sudah tersampaikan idenya, hanya saja penekanan yang ingin kita sampaikan pada pembahasan ini bahwa metode membuat penyimpana di bawah tempat tidur ini ada sangat banyak, setidaknya ada 6 metode yang kita paparkan pada pembahasan lengkap mengenai ide ini yang pertama, desain tempat tidur yang di bawahnya berbentuk laci laci, yang kedua berupa ruang kecil yang bisa di akses, ke tiga tempat tidur dengan lemari di bedhead nya, dan seterusnya. Pembahasan dan referensi tuntas mengenai hal tersebut bisa rekan sekalian melihanya pada artikel kami yang berjudul  24 desain inspiratif tempat tidur dengan lemari di bawahnya! ini adalah artikel baru yang kami tuliskan di tahun 2019 ini.

desain kursi unik yang bisa di lipat dan di gantung
desain kursi unik yang bisa di lipat dan di gantung

Yang kedua adalah penggunaan kursi lipat, jadi kursi lipat pada pembahan kita ini bukan kursi lipat yang telah kita maklumi di indonesia yah, tetapi kursi kursi ini memang di desain dalam rangkan pengektifan ruang sehingga ketika selesai di gunakan kursi kursi ini bisa di lipat dan di tempatkan dengan rapih, baik dengan di gantung seperti pada ilustrasi kita di atas atau dengan berbagai metode lainnya, ada 22 sampel desain kursi lipat ini telah kami bahas dalam 2 artikel yang pertama 8 desain inspiratif kursi lipat dari kayu dan ke dua  14 kursi lipat kreatif dari plywood saya pikir ini akan menjadi hal baru bagi pembaca sekalian yang sayang sekali apabila harus di lewatkan. Silahkan meng klik pada judul artikel untuk mengakses referensi lengkapnya.

desain set meja unik yang bisa di lipat
desain set meja unik yang bisa di lipat

Sampai sini sudah bisa terbayangkan yah, bagaimana furniture furniture ini bisa mengefektifkan pengelolalan ruang pada lahan sempit yang anda miliki. Berikutnya furniture ke tiga kita adalah meja yang dapat di lipat. Bahkan pada referensi kita di atas tergambarkan yah bagaimana sebuat set meja beserta kursinya bisa dilipat setelah di gunakan sehingga tidak lagi mengambil ruang yang begitu luas, dan di maklumi meja dalam hal ini meja makan bukanlah perabot yang terus menerus di gunakan, penggunaannya hanya pada waktu waktu tertentu saja dalam hal ini ketika waktu makan. Pembaca sekalian bisa melihat pembahasan lengkap mengenai ini pada artikel kita berjudul  9 meja lipat minimalis super keren!!! .

desain tempat tidur unik multy fungsi
desain tempat tidur unik multy fungsi

menata rumah kecil di lahan sempit
desain tempat tidur unik multy fungsi

4. yang ke-empat,  optimasi denah rumah seperti pada dapur dan kamar mandi


Baik sebagai orang awam mungkin kita tidak begitu paham bagaimana  mengoptimakan ruang ruang tersebut namun dengan beberapa referensi berikut ini mungkin rekan sekalian bisa mendapat sedikit banyak bagaimana memaksimalkan ruang ruang tersebut! Berbicara mengenai denah rumah itu berarti berbicara mengenai kebutuhan ruang, sirkulasi, pola aktifitas pengguna, penyesuaian terhadap lahan dan lainnya. Di website ini kami memiliki kategory khusus untuk membahas hal ini karena luasnya pembahasan untuk tema ini. Kategori tersebut adalah kategory  desain denah, sampai saat ini telah ada lebih dari 30 artikel pada pembahasan ini.

desain denah rumah minimalis terbaru
desain denah rumah minimalis terbaru

Di antara topik yang paling populer adalah 31 desain denah rumah minimalis terbaru, yang menjelaskan dan memberikan gambaran pengelolaan denah rumah pada lahan lahan sempit yang lebarnya antara 4 meter, 5 meter dan 6 meter. Tentu bisa jadi mengelola denah cukup mudah bagi anda tetapi bagaimana denah tersebut, denah pada area sempit, denah dengan besaran ruang yang juga kecil bisa di kelola dengan maksimal ketika aplikasinya sehingga esensi dari fungsi tiap ruang menjadi hilang.

Nah cara jitu kita yang ke empat ini akan menjadi solusinya, yaitu bagaimana kita mengelola ruang sempit menjadi lebih efektif dan fungsional. Kita tidak akan membahas mengenai keseluruhan pengefektifan ruang pada poin ini, beberapa di antaranya telah kita bahas pada penjelasan kita di 3 cara jitu sebelumnya. Nah disini kami hanya akan membahas pengektifan 3 jenis ruang yaitu dapur, kamar mandi dan balkon, dimana setiap topik memiliki pembahasan lengkapnya masing masing yang akan kita bagi link pembahasannya.

desain inspiratif terbaik dapur kecil pada rumah mungil minimalis
desain inspiratif terbaik dapur kecil pada rumah mungil minimalis

Yang pertama pengefektifan dapur, tidak di pungkiri bahwa dapur dengan eproduktifitas kerja tinggi dimana melayani lebih dari 7 orang penghuni sekali kerja maka butuh ruang ekstra pada dimensi dapurnya, atau bisa dengan dapur mungil tetapi butuh budaya disiplin yang baik bagi pengguna dapur ini.  Dapur dapur pada referensi kita ini cukup untuk mengelola aktifitas makan minun keluarga kecil setiap harinya dengan jumlah anggota keluarga 5-7 orang. Kuncinya dalam penataan dapur adalah mengetahui urutan kerja dalam dapur, misalnya saja pada gambar kita di atas bisa dipahami pola aktifitas di  dapur adalah kulkas, potong-cuci, atau cuci-potong, kemudian masak. Dengan meletakkan segala kebutuhan yang mewadahi aktifitas tadi pada urutan yang tepat maka kita telah mengurangi kebutuhan ruang akan sirkulasi. Tips lainnya adalah jangan sampai penataan menyebabkan sirkulasi silang, misalnya setelah kukas, langsung kompor, nah ini adalah urutan yang salah yang menyebabkan dapur akan terasa sempit walaupun pada dimensi ruang yang besar. Rekan sekalian bisa mengikuti pembahasan lengkap mengenai dapur ini pada artikel 13 desain inspiratif terbaik dapur kecil pada rumah mungil minimalis!

desain inspiratif terbaik kamar mandi mungil rumah minimalis
desain inspiratif terbaik kamar mandi mungil rumah minimalis

Yang kedua pengefektifan kamar mandi, metodenya tidak jauh beda dengan dapur yang juga bisa di aplikasikan pada ruang ruang lainnya. Hanya saja sebagai info tambahan saya secara pribadi memandang memisahkkan antara closet dan area untuk mandi memiliki efektifitas lebih baik pada ruang, dan pemaksimalan fungsinya, apalagi pada rumah kecil dengan satu kamar mandi, dimaklumi seseorang tidak bisa menggunakan 2 fasilitas tersebut secara bersamaan menggunakan kloset sekaligus mandi, di sisi lain pengguna lain di dalm rumah ingin menggunakan closet misalnya, jadi pada penataan seperti ini kita bisa meminimalkan kejadian antrian kamar mandi ini. Anda bisa melihat pada artikel kami  Inilah 29 ide inspiratif kamar mandi sempit paling bagus yang sempat kami kumpulkan! untuk referensi lengkap mengenai kamarmandi ini, atau pada mengklik pada kategori desain kamar mandi untuk artikel yang lebih banyak.

menata rumah kecil di lahan sempit
inspiratif transformasi balkon sempit menjadi ruang fungsional

yang ketiga pengekfetifan balkon, jadi saya ingin bercerita sedikit mengenai mengapa pengefektifan balkon ini menjadi bagian perhatian saya dalam referensi referensi ini. Di beberapa kesempatan saya melakukan perjalanan menyusuri jalan jalan perkotaan, saya melihat beberapa pertokoan, terutama ruko ruko di masa awal yah kemunculan ide ruko ini, umumnya mereka memiliki balkon memanjang pada bangunannya, kalau rukonya 3 lantai maka balkonnya ada 2, yaitu di lantai 2 dan 3. Belakangan balkon bakon ini tidak berfungsi efektif bahkan cenderung merubah wajah bangunan menjadi tidak menarik karena perubahan fungsi balkon yang kurang tepat. Dari sanalah saya mencoba mencari referensi tentang bagaimana merubah area ini menjadi lebih menarik dan fungsional dan  28 referensi inspiratif transformasi balkon sempit menjadi ruang fungsional! akan menjadi referensi yang sangat membahagiakan di share bersama rekan pembaca sekalian.

menata rumah kecil di lahan sempit
inspiratif transformasi balkon sempit menjadi ruang fungsional

Di sini sebagi catatan apa yang coba kami jelaskan adalah sebuah metode capaian desain, dan contoh contoh eksekusinya, sedang untuk optimasi biaya konstruksi ini sangat bergantung dengan penggunaan bahan dan material bangunan masing masing orang ketika merenovasi rumah mereka!

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2019 
  jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia  
  Hubungi WA:081241644892  
  untuk berbagai contoh desain lainnya: 


Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days