LINGKAR WARNA: Desain taman lebih unik dengan olahan bronjong batu Desain taman lebih unik dengan olahan bronjong batu ~ LINGKAR WARNA -->

Thursday, January 14, 2016

14 januari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Elemen desain taman dengan olahan gabion

Pada umumnya kita mengenali bronjong sebagai bahan pembentuk talud atau retaining wall untuk melindungi tanah dari terjadinya longsoran dan runtuhan. Namun pada perkembangannya bahan ini menjadi sangat luas di gunakan untuk berbagai keperluan tidak terkecuali sebagai elemen pembentuk taman. Penggunaan gabion pada taman memberikan warna karakteristik tersendiri.

Desain taman lebih unik dengan bronjong batu
desain taman dengan bronjong





Desain taman lebih unik dengan bronjong batu
sculpture gabion pada sebuah taman rumah
Pada gambar taman di atas misalnya gabion di gunakan sebagai sculpture pembentuk taman, berbentuk jajaran tower batu yang di isi dengan beberapa jenis batu berbeda, memberikan informasi fariatif kepada penikmatnya, ground cover dimana gabion gabion ini berdiri merupakan hamparan batu kerikil yang sejenis dengan sebagian dari batu yang terdapat pada gabion, tampak bahwa oleh desainernya  menginginkan adanya kesan terintergrasi antara cover taman dengan sculpturenya.

Desain taman lebih unik dengan bronjong batu
bronjong sebagai vocalpoint pada baground wall
Dalam contoh lain,aplikasi bronjong di terapkan sebagai vocalpoint baground wall pada taman, dimana umumnya bronjong inilah yang biasa di gunakan sebagai baground wall itu sendiri. Di bebera kasus bronjong bronjong pada taman di buat mengalirkan air pancuran menambah kesan alami pada tampilannya, maklum walaupun terbungkus kawat tetapi pada kasus bronjong karakter bebatuan lebih kuat terlihat di banding kawat itu sendiri.

Desain taman lebih unik dengan bronjong batu
pot tanaman dengan menggunakan bronjong
Pot tanaman yang juga merupakan elemen pembentuk tamanpun bisa di eksekusi dengan bahan ini, menggunakan jenis kawat wermes dengan jarak yang cukup rapat pot tanaman di bentuk dan di isi dengan batu batu kerikil, pada beberapa kasus bahkan bentuk yang lebih kecil seperti vas bunga bisa di capai dengan metode ini, adapaun untuk pewarnaan bergantung pada warna batu yang anda masukkan kedalam kawat gabionnya.


Desain taman lebih unik dengan bronjong batu
Pelengkung dengan bronjong atau gabion
Beberapa perusahaan yang berfokus pada pengembangan aplikasi ini, gabion bisa tampil kedalam berbagai bentuk,seperti manusia,bola, huruf raksasa yang membentuk tulisan dan sebagainya, contoh di atas hanyalah salah satu produknya.




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days