LINGKAR WARNA: Sistem warna, RGB dan CMYK Sistem warna, RGB dan CMYK ~ LINGKAR WARNA -->

Tuesday, January 19, 2016

20 Januari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sistem warna di gunakan oleh para pelaku seni dan ilmuwan secara keseluruhan sangat berbeda satu dengan yang lainnya. Seorang pelaku seni akan mencampurkan warna biru dan kuning untuk menghasilkan corak atau nuansa hijau, seorang ilmuwan akan mencampurkan hijau dan merah untuk menghasilkan warna kuning, set-up printer pada majalah juga memiliki sistem yang berbeda.

sistem warna
RGB. Image courtesy by aiolt





Ada dua jenis warna di dunia ini yang perlu anda ketahui agar dapat memahami sistem warna dengan baik. Yang pertama adalah warna warna yang dapat anda sentuh atau dapat anda lihat secara langsung seperti warna hijau pada apel atau sebuah warna pada dinding rumah anda, warna ini dapat dengan mudah di pahami sebagai warna yang melapisi permukaan sebuah objek. Berikutnya, ada warna warna yang tidak dapat anda sentuh secara langsung misalnya warna merah pada cahaya infra red, ata warna cahaya monitor komputer anda. Warna yang di hasilkan oleh cahaya adalah merupakan bagian dari sistem warna dan warna warna tanjibel seperti warna pada permukaan apel dan dinding merupakan bagian dari sistem warna yang lainnya.

Berikut adalah ilustrasi dan deskripsi yang menggambarkan perbedaan antara kedua sistem warna tersebut

sistem warna
Sistem Warna Adiktif, RGB
image courtesy by globalgamejam
Para ilmuwan memahami bahwa cahaya utama adalah red, green dan blue (merah, hijau dan biru). Ketika kita menyatukan cahaya merah dan hijau akan menghasilkan warna kuning, biru dan hijau akan menghasilkan warna biru langit (cyan), biru dan merah akan menghasilkan warna ungu (magenta). Dan penggabungan ketiganya merah, hijau dan biru akan menghasilkan warna putih (cahaya).

Model warna ini di gunakan pada monitor komputer, televisi dan pemutar film bioskop. Jika anda memperhatikan screen layar televisi anda pada jarak tertentu (dekat) anda mungkin akan melihat gambar seperti gambar ilustrasi berikut.

sistem warna
RGBtv
Titik titik merah, hijau dan biru membentuk sebuah gambar. Ketika merah dan hijau saling bertumpuk maka warna akan terlihat kuning. Sistem ini teraplikasi hanya pada perlengkapan yang menghasilkan atau menggunakan cahaya, seperti monitor komputer, televisi dan yang lainnya.

sistem warna

Sistem warna Subtraktif
Red-Green-Blue
Kebanyakan artist memahami bahwa merah, kuning dan biru adalah 3 warna dasar utama. 3 warna ini di anggap sebagai 3 warna utama yang tidak dapat di hasilkan dari percampuran warna apapun. Warna sekunder adalah warna yang di hasilkan dari percampuran dua warna primer dan warna tersier adalah warna yang di dapatkan dari mencampurkan dua warna sekunder. lihat juga teori dasar warna

sistem warna

Sistem warna CMYK

Pada industri percetakan digital printing, cyan, magenta, yellow dan black di gunakan sebagai warna utama. Ketika anda menggabungkan kesemuanya maka hasilnya akan menjadi abu abu. Jika anda memperhatikan hasil dari digital print menggunakan kaca pembesar maka anda akan mendapatkan pemandangan seperti ini.

sistem warna
CMYK




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days