LINGKAR WARNA: Inspirasi desain taman di depan rumah Inspirasi desain taman di depan rumah ~ LINGKAR WARNA

Sunday, October 23, 2016

24 oktober 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

inspirasi menata taman di depan rumah

Setiap cluster perumahan dewasa ini bisa di pastikan memiliki area taman di depan setiap unit rumah, bahkan rumah rumah umumnya di bangun dengan taman di depan rumah, hanya pada sedikit kasus saja area taman di depan rumah ini di hilangkan dan tergantikan dengan fungsi lainnya. Pada artikel kita kali ini kita akan membahas mengenai penataan area tersebut menjadi sebuah taman yang menarik, yang dapat memperkuat karakter fasade bangunan rumah.

taman minimalis di depan rumah
image courtesy by homeehome
Pada konteks pembahasan kita kali ini, taman taman ini juga memiliki fungsi fasade atau wajah hunian dimana dominasi pagar yang biasanya menghalangi taman didepan rumah dari pandangan seseorang itu tidak ada. Dalam konteks ini juga pembahasan mengenai taman tanpa pagar ini menjadi lebih spesifik artinya tidak bisa di samakan dengan taman di belakang atau di tengah rumah.






Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)


taman minimalis di depan rumah
image courtesy by carldrogo
Taman di depan rumah atau bisa kita sebut sebagai taman fasade di desain memiliki tautan komposisi dengan fasade bangunan secara umum, tidak hadir dengan komposisinya sendiri, seperti yang dapat di lakukan pada taman di belakang atau di tengah rumah. Sehingga memahami pola bentuk fasade bangunan bisa sangat membantu menata taman ini.

taman minimalis di depan rumah
image courtesy by 4homedecor
Dari sisi penggunaan elemen desain tidak ada perbedaan antara taman fasade ini dengan penataan taman umumnya, hanya saja yang membedakan keduanya adalah terjemahan setiap bentuk elemen desain tersebut kedalam desain taman yang sedikit berbeda. Dua gambar kita berturut turut  di atas merupakan dua contoh aplikasi desain taman ini yang cukup mudah di pahami

taman minimalis di depan rumah
image courtesy by mariposavalleyfarm
Selain memiliki tautan komposisi yang sesuai dengan fasade bangunan, kehadiran penggunaan tekstur atau finishing yang sama dengan fasade bangunannya  juga bisa di lakukan untuk mempeprkokoh karakter desain taman ini. Misalnya penggunaan batu tempel pada dinding  rumah bisa di hadirkan kembali pada tembok tembok taman.

taman minimalis di depan rumah
image courtesy by caponearth
Taman fasade ini desainnya bisa sangat berfungsi efektif pada kondisi dimana posisi rumah sedikit atau jauh lebih tinggi dari titik ketinggian jalan. Sehingga mata orang yang melihatnya akan cukup banyak menerpa taman fasade ini dan memahami intergrasi taman dengan kefasade bangunan menjadi jauh lebih mudah.

taman minimalis di depan rumah
image courtesy by greatindex
Namun sekali lagi bukan berarti ini tidak bisa di lakukan pada posisi taman umumnya yang selevel dengan titik jalan, hanya saja treatmennya menjadi sedikit berbeda dan butuh upaya lebih untuk menarik pandangan seseorang agar mampu melihat konektifitas antara taman dan fasade bangunan tersebut.

akses terus ribuan informasi arsitektur terupdate!
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG !!!!




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time