Inspirasi taman stylish di atap rumah ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Saturday, 22 October 2016

23 oktober 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Inspirasi taman stylish di atap rumah

Memanfaatkan area atap rumah sebagai taman mungkin tidak begitu populer di indonesia, persoalan iklim indonesia dengan curah hujan yang tinggi mungkin menjadi faktor utamanya, faktor lainnya adalah kebiasaan konstruktif yang tidak memungkinkan pengaplikasian taman di atas atap rumah. Namun hal ini bukan berarti tidak mungkin untuk memiliki taman rumah di atap rumah, dengan persiapan yang disiplin semuanya bisa di wujudkan.

taman di atap rumah minimalis
image courtesy by alleideen
Merubah kebiasaan konstruksi, kebanyakannya dalam proses konstruksi drainase area atap yang di persiapkan sebagai roof garden atau taman di atas atap tidak benar benar di perhatikan, selain tidak adanya drainase, lubang tempat air di salurkan atau di buangpun tidak memadai, dimensinya kecil dan jumlahnya sedikit, tidak berbanding dengan volume air yang akan di tampung oleh penampang atap. Dengan merubah kebiasaan konstruktif tersebut tentu potensi kebocoran akan sangat jauh berkurang.






Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

taman di atap rumah minimalis
image courtesy by houseandgarden
Hal hal yang bisa di lakukan adalah mempersiapkan drainase dengan baik, membagi folume air menuju pipa pipa pembuangan yang berimbang. Dak lantai beton dibuat cukup miring kearah drainase drainase yang kemudian mengarang ke saluran pipa pembuangan. Dimensi pipa pembuangan dihitung dengan baik dan benar benar mempertimbangkan volume air yang akan di tampungnya nanti ketika hujan terlebat datang.

taman di atap rumah minimalis
image courtesy by goodeck
Jika hal ini telah terselesaikan maka bisa dikatakan 60% dari pekerjaan taman di atap bangunan telah selesai. Penataan tanaman sebaiknya menggunakan pot, tidak bersinggunagn langsung dengan plat atap bangunan, hal ini jauh lebih baik untuk mencegah kebocoran dan keropos pada beton. Gunakan lantai kayu solid untuk menutup bidang plat lantai yang juga sekaligus akan menjadi lantai bagi taman diatas atap tersebut.

taman di atap rumah minimalis
image courtesy by gartenundbauen
Kami tidak menyarankan penggunaan tanah dan rumput sebagai lantai taman, hal ini lebih aman menurut kami, apalagi taman ini merupakan taman rumah yang perawatannya bersifat pribadi oleh pemilik rumah. Potensi kebocoran bisa saja meenjadi lebih besar, dan apabila kebocoran terjadi investasinya bisa jadi cukup maha untuk memperbaiki kebocoran tersebut.

taman di atap rumah minimalis
image courtesy by wsj
Untuk desain dan tema tamannya sendiri anda bisa kembali ke artikel artikel kami mengenai desain taman ini, ada cukup banyak inspirasi desain taman disana dengan penjelasan penjelasan yang akan sangat membantu anda untuk menentukan desain seperti apa yang cocok bagi roof garden anda. Untuk sirkulasi kearah taman anda dapat membuat taman anda dapat di akses dari luar bangunan seperti pada beberapa contoh kita ini atau dari dalam bangunan seperti umumnya telah kita ketahui.

taman di atap rumah minimalis
image courtesy by etangeco

akses terus ribuan informasi arsitektur terupdate!

GABUNG KOMUNITAS BERBAGI MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG !!!!




Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time