LINGKAR WARNA: Mengenal bentuk atap kerucut, bentuk atap rumah kastil Mengenal bentuk atap kerucut, bentuk atap rumah kastil ~ LINGKAR WARNA -->

Sunday, April 09, 2017

10 april  2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bentuk atap kerucut, bentuk atap kastil

Bentuk atap yang satu ini bukan merupakan bentuk atap yang lazim di gunakan di indonesia atau juga di negara negara lain umumnya. Bentuknya yang khas sering kali menjadikan atap ini di tempatkan sebagai vocal point pada sebuah bangunan. Karena bentuknya ini pula maka penerapan material atapnya juga menggunakan aplikasi khusus.

macam macam bentuk atap rumah
image courtesy by topsy and hirstarts
Atap kerucut atau cone roof dalam bahasa inggris memang lebih identik dengan atap kastil dalam film film holiwood. Komposisinya yang cenderung menjulang tinggi menyebabkan bangunan bangunan dengan atap ini terkesan megah dan monumental. Dalam pembahasan kita pda kategori desain atap tidak lengkap kiranya apabila tidak membahas mengenai atap yang satu ini.





Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

image courtesy by pinterest and weathervansoftmaine
Atap kerucut menjadi salah satu dari bentuk bentuk dasar atap yang bisa kemudian di kembangkan dan di transformasikan lagi, anda bisa kembali pada artikel kami berjuduk mengenal 9 bentuk dasar atap. Namun faktanya  perkembangan dan transformasi dari desain atap ini sangat terbatas bahkan cenderung begitu begitu saja atau tidak mengalami perkembangan.

image courtesy by mgprojekt
Atap kerucut hingga saat ini masih sangat lekat dengan desain desain rumah bergaya kastil, dengan sudut kemiringan atap yang cukup curam. Pada kasus atap yang memiliki kemiringan standar atau landai maka kami tidak menyarankan pengkombinasian desain atap dengan atap kerucut ini, hal ini akan menciptakan komposisi yang aneh dan tidak mudah di terima oleh mata sebagai sebuah informasi estetis.

image courtesy by vanbrouck
Kami tidak menemukan banyak referensi desain dengan tipikal atap ini, penggunaan atap kerucut sebagai atap utama bangunan sepeti pada contoh kita berikut ini merupakan kasus yang sangat jarang. Menggunakan kemiringan atap yang landai rumah dengan denah berbentuk lingkaran ini menggunakan atap kerucut sebagai atap utamanya. Cukup unik namum sangat butuh akan perhatian yang teliti untuk menemukan komposisi terbaik ketika dalam proses perencanaannya.

image courtesy by rainier
Anda bisa menggunakan satu atau dua buah atap kerucut dalam sebuah bangunan rumah, namun penggunaan lebih banyak dari itu tidak kami sarankan karena kompetisi bentuk atap akan memburamkan peran atap kerucut itu sendiri sebagai aksen pada bangunan.

image courtesy by canexel

akses terus ribuan informasi arsitektur terupdate!
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG !!!!





Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days