LINGKAR WARNA: Mengenal lebih dekat, desain atap datar atau flat roof Mengenal lebih dekat, desain atap datar atau flat roof ~ LINGKAR WARNA -->

Sunday, October 15, 2017

15 oktober  2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Mengenal lebih dekat, desain atap datar atau flat roof

Atap datar merujuk kepada model atap mendekati flat atau datar,  sebagaimana model-model atap sebelumnya atap datar juga memiliki kelebihan dan kekurangannya dan memiliki alasan-alasan mengapa menggunakannya, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa dari hal-hal yang berkaitan dengan atap datar sehingga kedepannya anda dapat menentukan dengan tepat Mengapa hendak menggunakan atap seperti ini.

desain atap datar atau flat roof
image courtesy by drfixit
Untuk bahannya sendiri dapat menggunakan beberapa jenis material diantara yang paling populer adalah dak atau pelat beton. Dak atau plat beton  kemudian  akan dilapisi dengan  bahan-bahan pelapis anti bocor  seperti  karpet pelapis  anti bocor,  cat pelapis  anti bocor,  aspal pelapis atap  dan atau  bahan-bahan sejenis  lainnya . Selain plat beton bahan atap datar  lainnya bisa berupa plat metal atau atap metal tanpa sambungan yang dibuat benar-benar hampir datar.  





Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

desain atap datar atau flat roof
image courtesy by roofingnewsweekly
Atap metal seperti spandek di pesan dalam lembaran panjang yang cukup untuk menutupi seluruh area yang akan di atapi dan overstage kelebihan atap. Diantara yang menjadi kekurangan dari penggunaan atap datar adalah proses pengerjaan atap harus benar-benar detail dan disiplin karena atap seperti ini sangat rentan dengan kebocoran.  Penggunaan bahan pelapis atap seperti karpet atap atau pelapis pelapis sejenis yang berfungsi untuk melindungi dak beton dari kebocoran sangat direkomendasikan adapun membiarkan dak beton tanpa lapisan anti bocor adalah sesuatu yang harus dihindarkan.
desain atap datar atau flat roof
image courtesy by ansgroupglobal
Untuk penggunaan atap metal tanpa sambungan sebagai bahan atap datar nya maka ini jauh lebih aman untuk digunakan dimana potensi kebocoran lebih mudah  untuk dihindari yang perlu diperhatikan adalah selokan dari buangan air atap agar benar-benar bisa menyalurkan air hujan yang menerpa atap dengan cepat dan baik,  untuk konstruksinya juga harus diperhatikan karena atap metal dengan konstruksi baja ringan ini cenderung tidak dipersiapkan untuk memikul beban yang besar sehingga akan rentan dengan kerusakan apabila berbenturan dengan benda benda berat yang menimpanya.

desain atap datar atau flat roof

desain atap datar atau flat roof
image courtesy by rooflock
Adapun yang menjadi kelebihan dari penggunaan atap datar adalah dari sisi model atau desain bentuknya dan dari sisi pemanfaatan bidang atapnya. Dari sisi bentuknya bentuk-bentuk modern minimalis lebih mudah didapatkan atau dicapai dengan penggunaan model atap seperti ini karena bentuk konvensional atap seperti prisma, kerucut  dan lainnya tidak akan kita dapatkan dan dari sisi pemanfaatan bidang atapnya, atap datar dengan plat beton bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan aktivitas atau fungsi lainnya  misalnya saja penggunaan roof Garden pada atap atau pemanfaatan sebagai ruang fungsional lainnya
desain atap datar atau flat roof
image courtesy by magazinedonov
Hal ini tentu sangat menggembirakan memiliki tambahan ekstra ruang di atas bangunan , namun kembali lagi bahwa aplikasi instalasi yang detail dan disiplin sangat dibutuhkan ketika menggunakan area area atap ini sebagai ruang fungsional, sehingga penggunaan atap ini tidak menjadi PR baru pemilik rumah hanya karena permasalahan klasik seperti kebocoran dan atau yang lainnya.

desain atap datar atau flat roof
image courtesy by trendhunter

akses terus info terbaru dari website ini dengan
JOIN GROUP NASIONAL MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG !!!!





Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days