LINGKAR WARNA: Rumah inspiratif di atas air, sebuah alternatif gaya hunian!!! Rumah inspiratif di atas air, sebuah alternatif gaya hunian!!! ~ LINGKAR WARNA -->

Friday, December 18, 2015

image courtesy by
Rumah di atas air secara umum terbagi atas dua yaitu yang pertama adalah Floating homes atau rumah ngambang, memang bisa di maknai juga rumah yang mengambang di udara tapi floating homes selalu saja lebih identik dengan rumah yang mengapung di air, atau rumah di atas air. Dan yang kedua adalah houseboat.






Perbedaan yang paling mencolok dari kedua jenis rumah di atas air ini adalah penggunaan mesin kapal pada rumahnya. Pada floating homes rumah tidak memiliki mesin kapal dan lebih condong untuk menempati satu area dermaga saja minimal dalam jangka waktu yang sangat panjang dan atau tidak sama sekali di sisi lain houseboat memiliki mesin kapal pada bagian rumahnya, sangat fleksibel dalam berpindah tempat dan memang memiliki kecenderungan untuk berpindah pindah.

floating homes image courtesy by homeadora

Floating homes berdasarkan sifatnya terbagi atas dua lagi, yaitu yang pertama rumah yang benar benar mengapung dengan tabung tabung udara di bawahnya, masih punya peluang untuk di pindahkan tapi lebih cenderung menetap pada lokasi yang sama dan yang kedua adalah rumah apung yang konstruksinya atau kaki kaki penyanggah rumahnya berada di dasar air, sifatnya permanen dan tidak bisa di pindahkan lagi, rumah jenis ini sering kali tetap di kenali sebagai rumah apung karena penampakkan visualnya yang seakan akan mengapung.

houseboat image courtesy by inspirationgreen
Sebagaimana floating homes, houseboat juga terbagi atas dua berdasarkan penampilan fisiknya, yang pertama houseboat secara keseluruhan terlihat seperti rumah pada umumnya dengan teras dan tanaman hanya saja bisa berpindah pindah dan bergerak di atas air seperti pada video di bawah, sebaliknya untuk yang kedua penampilannya dari luar tidak jauh beda dengan kapal kapal secara umum, namun fasilitas dan kebutuhan ruang di dalamnya telah memenuhi kebutuhan untuk sebuah hunian rumah seperti pada video di atas.





Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days