LINGKAR WARNA: 6 Desain meja unik berbahan bambu 6 Desain meja unik berbahan bambu ~ LINGKAR WARNA -->

Sunday, February 14, 2016

14 februari 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Meja didefinisikan sebagai sebuah bidang datar dengan kaki kaki dan daun mejanya sendiri, biasanya berpasangan dengan kursi kursi, namun kasus seperti ini sangat bergantung dengan fungsi meja itu sendiri. Berbeda dengan kursi yang memiliki fungsi absolut untuk di duduki pada kasus meja, meja memiliki fungsi yang lebih beragam. Namun pada pembahasan kita kali ini, kita membahas meja kaitannya dengan ruang ruang pada bangunan, seperti meja pada ruang santai, meja pada ruang tamu dan atau meja makan, dan di kaitkan lagi dengan material utamanya yang berbahan bambu.

Desain meja unik berbahan bambu
image courtesy by Ed van Engelen





Desain meja unik berbahan bambu
image courtesy by Elena Goray
Bambu sendiri merujuk kepada sebuah  tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas ruas pada batangnya. Berbeda dengan rumput rumputan lainnya bambu memiliki dimensi dan kekutan yang jauh lebih besar. Lebih umum di gunakan sebagai material bangunan baik bersifat konstruktif maupun artistik. Bambu memiliki dimensi fungsi yang sangat luas tidak terkecuali fungsinya sebagai meja pada pembahasan kita kali ini.

Desain meja unik berbahan bambu
image courtesy by susansilverantiques
Meja bambu biasanya memadukan material bambu dan bahan yang sudah umum di gunakan sebagai daun mejanya, meskipun tidak selalu yah. Maksudnya meja bambu biasanya bagian top table atau bidang datar mejanya ini menggunakan bahan lain yang lebih datar seperti kaca, papan kayu maupun multipleks. Maklum saja permukaan meja yang menggunakan bambu saja cenderung tida rata dan bergelombang.

Desain meja unik berbahan bambu
image courtesy by californiahomedesign
Dengan teknologi saat ini memang bambu dapat di pres dan menjadi lembaran papan papan yang sangat rata, namun akses terhadap teknologi ini belum merata, selain itu bambu dengan teknologi ini cenderung memiliki harga yang jauh lebih mahal. Dengan metode sederhana untuk membuat bidang yang lebih rata dengan tetap menggunakan bambu adalah dengan mensorti bambu menjadi bilah bilah yang lebih tipis dan kecil, kemudian bilah bilah ini di sulam hingga membentuk lembaran lembaran. Lembaran lembaran ini kemudian di gunakan sebagai alas bidang meja.


Desain meja unik berbahan bambu
image courtesy by tikamoon
Pada gambar meja bambu di bawah ini, menunjukan bagaimana perpaduan yang kontras antara bambu dan kaca menghasilkan sesuatu yang baru dan unik. Dimana bambu di himpun dengan susunan tertentu dan dengan jumlah tertentu untuk menghasilkan keseimbangan dan kekokohan pada meja, kaca sendiri menjadi daun meja, atau table top meja. Bersih, modern, baru dan sangat unik.

Desain meja unik berbahan bambu
image courtesy by carlmoreantiques





Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days