"Arsitektur tanpa kantung plastik" ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Monday, 25 April 2016



25 april 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Kayaknya benda yang satu ini adalah benda yang selalu hadir di setiap kegiatan kehidupan, wadah tempat menyimpan aneka barang berbahan plastik ini sudah begitu mendarah daging pada kehidupan kita, anda mungkin seharusnya tahu sejak oktober 2010 Kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik sudah dimulai, dengan nama kampanye Diet Kantong Plastik oleh Greeneration Indonesia di Bandung. Sebuah gerakan yang patut di apresiasi tentunya, hal ini pulalah yang mendorong kami untuk ikut menulis mengenai hal ini.

image courtesy by dietkantongplastik

Arkomjogja, Bertukar kebudayaan Indonesia-Myanmar
Desain sofa unik dari drum bekas
Yu sing, Semua manusia adalah pendatang
Kreasi lampu hias unik dari barang bekas
SAYEMBARA SHELTER BAMBU 2016

Didalam laman resminya juga dietkantongplastik.info menambahkan Di awal tahun 2013, lembaga-lembaga pegiat isu kantong plastik: Change.org, Ciliwung Institute, Earth Hour Indonesia, Greeneration Indonesia, Leaf Plus, Indorelawan, Si Dalang, The Body Shop, dan beberapa perwakilan individu, menginisiasi gerakan nasional bersama, bernama Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik. Tujuan kolaborasi menjadi gerakan bersama tersebut adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Indonesia baik secara personal maupun lembaga, dan juga menyatukan dampak dari seluruh kampanye yang dilaksanakan.


Sebagai arsitek yang juga berbicara mengenai topik topik yang serupa tentang hal ini, maka sudah selayaknya kita mendorong isu serupa dari sisi sisi arsitektur, tidak mesti selalu kaitannya dengan kantong plastik, tetapi juga produk produk lain serupa dari plastik, seperti mendesain kembali dengan botol plastik bekas, atau dan yang lainnya.

Mungkin anda juga seharusnya tahu, apasih bahayanya plastik? di jelaskan pula dalam official websitenya, bahaya kantong plastik antara lain

Memicu perubahan iklim
Dari proses produksi, konsumsi, hingga pembuangannya menghasilkan emisi karbon yang tinggi sehingga berkontribusi terhadap perubahan iklim karena kondisi bumi semakin memanas.

Berbahaya bagi manusia
Kantong plastik yang dibakar bisa menyebabkan pencemaran udara dan gangguan pernapasan. Selain itu, kantong plastik yang digunakan sebagai wadah makanan berpotensi mengganggu kesehatan manusia.

Mencemari lingkungan
Kantong plastik yang dibuang sembarangan bisa menyebabkan tersumbatnya selokan dan badan air, termakan oleh hewan dan rusaknya ekosistem di sungai dan laut.

Terurai sangat lama
Kantong plastik (dan jenis plastik lainnya) sulit terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang, sehingga sulit diurai oleh mikroorganisme. Kantong plastik akan terurai ratusan hingga ribuan tahun kemudian.

Nah ingin tahu lebih lengkap mengenai gerakan ini, langsung saja ke website resminya http://dietkantongplastik.info/



Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016

Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

rumah minimalis

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time