LINGKAR WARNA: Mobile bank dengan menggunakan container Mobile bank dengan menggunakan container ~ LINGKAR WARNA -->

Wednesday, May 11, 2016

12 mei 2016

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Desain rumah dengan menggunakan kontainer mungkin sudah biasa, bagaimana jadinya apabila bank di desain menggunakan container? tentu ini hal yang di luar kebiasaan. Bank bank yang telah kita ketahui biasanya bergedung megah menjadi begitu kecil berada dalam sebuah kontainer saja. Wajar saja mobile bank container ini sifatnya memang temporer atau di desain untuk mudah di pindah tempatkan pada kebutuhan tertentu.


bank dengan menggunakan container
image courtesy by archiexpo





bank dengan menggunakan container
image courtesy by addis
Jadi pada kantor bank ini sifatnya perpanjangan dari bank utama, di indonesia biasanya bank bank temporer ini di desain dalam bentuk mobil. Biasanya juga pelayanan pelayanannya bersifat umum seperti pengambilan uang via ATM, pembukaan rekening baru, dan lain sebagainya. Pada contoh kita kali ini kita tampilkan dua contoh mobile bank kontainer, yang pertama bersifat semi portable dan yang satunya lagi memang temporer, atau di persiapkan untuk berpindah dalam waktu yang singkat.

bank dengan menggunakan container
image courtesy by addis
Hal ini bisa kita pahami dari perbedaan capaian desain keduanya, yang semi portable atau semi permanen bisa di lihat berdiri di atas pondasi yang memang di persiapkan permanen sedang yang temporer justru sebaliknya hanya di letakkan di atas jalan dengan alas seadanya. Yang kedua yang semi permanent menggunakan kaca pada sebagian dinding dindingnya sedang yang sebaliknya tidak menggunakan kaca sama sekali.

bank dengan menggunakan container
image courtesy by addis
Tidak adanya penggunaan kaca pada dinding containernya di tujukan agar memudahkan mobile bank container mudah untuk di pindah tempatkan meskipun dengan intensitas perpindahan yang tinggi. Bisa kita saksikan juga dimensi Bank semi permanent lebih besar karena merupakan penggabungan dua kontainer, sedang yang sebaliknya hanya terdiri dari satu kontainer.

bank dengan menggunakan container
image courtesy by addis
Bagaimana? cukup menarik bukan, artikel ini memberikan gambaran bahwa penggunaan kontainer tidak perlu selalu kita batasi dengan fungsi fungsi seperti rumah dan cafe, tetapi bangunan bangunan yang memiliki fungsi formal juga bisa kita implementasikan dengan kontainer ini. Prinsipnya adalah bagaimana penggunaan kontainer pada desain, bisa menjadi sebuah solusi bagi fungsi dan kebutuhan yang di inginkan.

bank dengan menggunakan container
image courtesy by addis




Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days