12 transformasi bentuk atap melengkung ~ 1000+ Inspirasi Desain Arsitektur Teknologi Konstruksi dan Kreasi Seni

Saturday, 11 February 2017


12 februari 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

12 transformasi bentuk atap melengkung


Atap lengkung memilki karakter bentuk yang sederhana namun juga tetap memiliki sisi dinamisnya, dalam beberapa kasus atap lengkung bisa menjadi sangat atraktif ketika di olah dengan pola kombinasi yang dinamis. Berikut kami tampilkan 12 bentuk transformasi atap lengkung yang bisa anda aplikasikan pada bangunan anda.

1. Lengkungan atap di landaikan

Lengkungan atap di landaikan atau menggunakan satu per empat bagian dari kurva lingkaran, orientasi atau fasade bangunan pada contoh kita kali ini berada pada penampang kurva lengkungnya, komposisi ini memang lebih cocok pada kondisi ini, pada kasus kita lainnya mungkin bisa berbeda. Bidang dinding sebaiknya di isi dengan material yang transparan seperti kaca, karena pada posisi lengkungan atap bukaan bisa jadi menjdai sangat sedikit bahkan tidak ada. Sehingga sumber cahaya di siang hari hanya bisa di maksimalkan melalui bidang dinding atau dengan penggunaan lampu.


image courtesy by hotelroomsearch
2. Lengkungan atap di tinggikan

Lengkung atap di tinggikan dan di gandakan melingkar sehingga menyerupai pola bunga, transformasi seperti ini juga bisa anda lakukan khususnya pada bangunan bangunan yang bersifat monumental seperti gedung konvensi atau gedung pertemuan, gedung pertunjukan seni dan lainnya. Kami tidak menyarankan penggunaan atap lengkung yang ditinggikan secara tunggal atau tidak di gandakan karena sulitnya mendapatkan komposisi terbaiknya, sebaiknya anda menggunakan jasa arsitek ketika memiliki keinginan menggunakan model atap seperti ini.





Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

image courtesy by palformarquitectura
3. Lengkungan atap di teruskan

Anda juga dapat meneruskan lengkungan atap hingga ke dinding bangunan seperti pada contoh kita di bawah ini. Sebaiknya menggunakan finishing material yang sama antara atap dan dinding agar kesan atap lengkung yang di teruskan bisa di rasakan oleh penikmat desainnya. Karena kecenderungan bentuknya yang sederhana, penggunaan teksture berkarakter khusus sangat di rekomendasikan pada aplikasi desain ini.

image courtesy by dezeen
4. Atap mengikuti arah denah

Atap lengkung mengikuti arah denah, sebagai konsekuensi dari metode transformasi ini adalah tampak bersusun susun-nya atap lengkung. Kombinasi searah antara bidang bidang atap sangat di rekomendasikan pada kasus ini dan hindari kombinasi berlawanan dari bidang bidang  atap. Kombinasi berlawanan pada beberapa kasus desain akan menyebabkan adanya space ruang terbuang atau tidak funsional.

image courtesy by gatech
5. Atap di susun sempurna

Atap lengkung di susun sempurna dalam susunan yang simetris dan teratur, hal ini juga bisa anda lakukan dalam mentransformasikan bentuk atap yang melengkung, dalam kasus ini pastikan panjang bentangan atap utama menciptakan busur lengkungan yang memungkinkan atap disusun, dengan komposisi jarak antara busur atap cukup tinggi sehingga bentuk atap bisa dirasakan oleh penikmat desainnya.

image courtesy by archinomy
6. Atap di susun sebahagian

Atap di susun sebahagiannya, sedikit berbeda dengan pembahasan sebelumnya pada poin lima, kali ini transformasi atap disusun sebahagiannya, maksudnya sebahagian dari bentang busurnya dengan pijakan atap yang sama di salah satu sisinya, tidak berpola simetris ( asimetris ). Pada contoh kita di bawah ini lengkung atap hanya sekitar 120 derajat saja namun aplikasi ini juga masih sangat mungkin di lakukan pada kondisi lengkung atap 180 derajat.

image courtesy by motherearthnews
7. Lengkungan atap di balik

Lengkungan atap di balik, bersifat dekontruktif, hal yang perlu di perhatikan dalam aplikasi transformasi atap lengkung seperti ini adalah drainase atap, bagaimana drainase atap bisa mengalirkan air dengan cepat tidak menciptakan genangan yang cukup lama yang dapat menyebabkan kebocoran atau rembesan air pada bangunan.

image courtesy by behac
8. Atap di sambung zigzag

Atap di sambung zigzag dan dicerminkan, pola transformasi ini akan menghadirkan bentang gelombang bangunan yang simetris, di eksekusi dengan dinding berdesain minimalis ternyata ide seperti ini sangat keren untuk di aplikasikan. Hal yang perlu anda perhatikan ketika memutuskan menggunakan ide ini dalam bangunan anda adalah komposisi perbandingan antara tinggi bangunan dan lebar gelombang sebaiknya menghasilkan kesan bangunan melebar.

image courtesy by decoist
9. Atap di kombinasikan

Atap lengkung di kombinasikan dengan atap lainnya, atap lengkung tentunya tidak di batasi pengkombinasiannya dengan atap datar saja seperti pada contoh kita di bawah ini. Pengkombinasian dengan model atap lainnya masih sangat di mungkinkan, anda bisa kembali kepada artikel kami sebelumnya berjudul mengenal 9 bentuk dasar atap. untuk melihat pembahasan selengkapnya.

image courtesy by behac
10. Atap melengkung sempurna

Atap melengkung sempurna 180 derajat atau setengah lingkaran, seperti umumnya bangunan dengan atap atap melengkung lainnya orientasi bangunan yang menggunakan atap lengkung lebih di utamakan menjadikan penampang busurnya sebagai fasade utama bangunan yang kemudian di olah secara artistik menjadi bangunan dengan tampilan modern atau minimalis.

image courtesy by steelbuildingzelik
11. Atap melengkung sempurna dengan kolom

Atap melengkung sempurna dengan kolom, sengaja kami tampilkan desain atap lengkung yang menjadikan bidang atapnya sebagai fasade utamanya sebagai perbandingan dengan desain desain atap lengkung lainnya dan juga sebagai referensi ketika kita menginginkan aplikasi seperti ini untuk di terapkan pada bangunan kita. Benar penggunaan kolom kolom bisa di lakukan untuk menghadirkan kesan atraktif pada bangunan dan menghilangkan kesan monoton dari penampang atap.

image courtesy by gensteel
12. Atap melengkung sebahagian dengan kolom

Model implementasi lain dari poin 11 kita sebelumnya adalah seperti pada contoh kita di bawah ini, telah lebih jauh di eksplorasi dan di kombinasikan dengan bahan bahan lainnya sehingga tampilan dan desainnyapun menjadi jauh lebih baik, meskipun metoda capaian bentuk secara hakikatnya adalah sama saja dengan poin kita sebelumnya.

image courtesy by tonoz-cati
Jika anda menyenangi artikel artikel kami, donasikan sedikit waktu like FP kami di bawah ini, dan share artikel artikel kami. setiap sharing dari anda adalah semangat baru buat kami untuk terus berkarya. Semoga bermanfaat!!!!



Berbagai inspirasi desain dari pallet bekas
Aneka kerajinan tangan dari barang bekas 
Membangun portofolio desain arsitektur
Desain inspiratif dari bronjong batu 
Prinsip prinsip desain warna
Desain furniture inspiratif dari kardus bekas 
Desain masjid minimalis
SIPTB
Perumahan modern minimalis di kota makassar
Kumpulan sayembara arsitektur 2016

Labels

Lingkar Media. Powered by Blogger.

rumah minimalis

Popular Posts 7 days

Popular Posts all time