LINGKAR WARNA: 12 transformasi bentuk atap melengkung 12 transformasi bentuk atap melengkung ~ LINGKAR WARNA -->

Saturday, February 11, 2017

12 februari 2017

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

12 transformasi bentuk atap melengkung

Atap lengkung memilki karakter bentuk yang sederhana namun juga tetap memiliki sisi dinamisnya, dalam beberapa kasus atap lengkung bisa menjadi sangat atraktif ketika di olah dengan pola kombinasi yang dinamis. Berikut kami tampilkan 12 bentuk transformasi atap lengkung yang bisa anda aplikasikan pada bangunan anda.


1. Lengkungan atap di landaikan


Lengkungan atap di landaikan atau menggunakan satu per empat bagian dari kurva lingkaran, orientasi atau fasade bangunan pada contoh kita kali ini berada pada penampang kurva lengkungnya, komposisi ini memang lebih cocok pada kondisi ini, pada kasus kita lainnya mungkin bisa berbeda. Bidang dinding sebaiknya di isi dengan material yang transparan seperti kaca, karena pada posisi lengkungan atap bukaan bisa jadi menjdai sangat sedikit bahkan tidak ada. Sehingga sumber cahaya di siang hari hanya bisa di maksimalkan melalui bidang dinding atau dengan penggunaan lampu.

akses terus info terbaru dari website ini dengan
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI  MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 UNTUK JOIN !!!!

macam macam bentuk atap melengkung
macam bentuk atap melengkung

2. Lengkungan atap di tinggikan


Lengkung atap di tinggikan dan di gandakan melingkar sehingga menyerupai pola bunga, transformasi seperti ini juga bisa anda lakukan khususnya pada bangunan bangunan yang bersifat monumental seperti gedung konvensi atau gedung pertemuan, gedung pertunjukan seni dan lainnya. Kami tidak menyarankan penggunaan atap lengkung yang ditinggikan secara tunggal atau tidak di gandakan karena sulitnya mendapatkan komposisi terbaiknya, sebaiknya anda menggunakan jasa arsitek ketika memiliki keinginan menggunakan model atap seperti ini.





Mencari artikel arsitektur, di sini saja!!! Gunakan kolom search di kanan atas untuk menemukan informasi yang anda butuhkan, ketikkan kata kunci anda dan klik search. atau gunakan pencarian dengan kategori di kiri kanan website ini, dan atau skrol untuk melanjutkan membaca artikel. Selamat berselancar =)

macam macam bentuk atap melengkung
macam bentuk atap melengkung

3. Lengkungan atap di teruskan


Anda juga dapat meneruskan lengkungan atap hingga ke dinding bangunan seperti pada contoh kita di bawah ini. Sebaiknya menggunakan finishing material yang sama antara atap dan dinding agar kesan atap lengkung yang di teruskan bisa di rasakan oleh penikmat desainnya. Karena kecenderungan bentuknya yang sederhana, penggunaan teksture berkarakter khusus sangat di rekomendasikan pada aplikasi desain ini.

macam macam bentuk atap melengkung
macam bentuk atap melengkung

4. Atap mengikuti arah denah


Atap lengkung mengikuti arah denah, sebagai konsekuensi dari metode transformasi ini adalah tampak bersusun susun-nya atap lengkung. Kombinasi searah antara bidang bidang atap sangat di rekomendasikan pada kasus ini dan hindari kombinasi berlawanan dari bidang bidang  atap. Kombinasi berlawanan pada beberapa kasus desain akan menyebabkan adanya space ruang terbuang atau tidak funsional.

macam macam bentuk atap melengkung
macam bentuk atap melengkung

5. Atap di susun sempurna


Atap lengkung di susun sempurna dalam susunan yang simetris dan teratur, hal ini juga bisa anda lakukan dalam mentransformasikan bentuk atap yang melengkung, dalam kasus ini pastikan panjang bentangan atap utama menciptakan busur lengkungan yang memungkinkan atap disusun, dengan komposisi jarak antara busur atap cukup tinggi sehingga bentuk atap bisa dirasakan oleh penikmat desainnya.

macam macam bentuk atap melengkung
macam bentuk atap melengkung

6. Atap di susun sebahagian


Atap di susun sebahagiannya, sedikit berbeda dengan pembahasan sebelumnya pada poin lima, kali ini transformasi atap disusun sebahagiannya, maksudnya sebahagian dari bentang busurnya dengan pijakan atap yang sama di salah satu sisinya, tidak berpola simetris ( asimetris ). Pada contoh kita di bawah ini lengkung atap hanya sekitar 120 derajat saja namun aplikasi ini juga masih sangat mungkin di lakukan pada kondisi lengkung atap 180 derajat.

macam macam bentuk atap melengkung
macam bentuk atap melengkung

7. Lengkungan atap di balik


Lengkungan atap di balik, bersifat dekontruktif, hal yang perlu di perhatikan dalam aplikasi transformasi atap lengkung seperti ini adalah drainase atap, bagaimana drainase atap bisa mengalirkan air dengan cepat tidak menciptakan genangan yang cukup lama yang dapat menyebabkan kebocoran atau rembesan air pada bangunan.

macam macam bentuk atap melengkung
macam bentuk atap melengkung

8. Atap di sambung zigzag


Atap di sambung zigzag dan dicerminkan, pola transformasi ini akan menghadirkan bentang gelombang bangunan yang simetris, di eksekusi dengan dinding berdesain minimalis ternyata ide seperti ini sangat keren untuk di aplikasikan. Hal yang perlu anda perhatikan ketika memutuskan menggunakan ide ini dalam bangunan anda adalah komposisi perbandingan antara tinggi bangunan dan lebar gelombang sebaiknya menghasilkan kesan bangunan melebar.

macam macam bentuk atap melengkung
macam bentuk atap melengkung

9. Atap di kombinasikan


Atap lengkung di kombinasikan dengan atap lainnya, atap lengkung tentunya tidak di batasi pengkombinasiannya dengan atap datar saja seperti pada contoh kita di bawah ini. Pengkombinasian dengan model atap lainnya masih sangat di mungkinkan, anda bisa kembali kepada artikel kami sebelumnya berjudul mengenal 9 bentuk dasar atap. untuk melihat pembahasan selengkapnya.

macam macam bentuk atap melengkung
macam bentuk atap melengkung

10. Atap melengkung sempurna


Atap melengkung sempurna 180 derajat atau setengah lingkaran, seperti umumnya bangunan dengan atap atap melengkung lainnya orientasi bangunan yang menggunakan atap lengkung lebih di utamakan menjadikan penampang busurnya sebagai fasade utama bangunan yang kemudian di olah secara artistik menjadi bangunan dengan tampilan modern atau minimalis.

macam macam bentuk atap melengkung
macam bentuk atap melengkung

11. Atap melengkung sempurna dengan kolom


Atap melengkung sempurna dengan kolom, sengaja kami tampilkan desain atap lengkung yang menjadikan bidang atapnya sebagai fasade utamanya sebagai perbandingan dengan desain desain atap lengkung lainnya dan juga sebagai referensi ketika kita menginginkan aplikasi seperti ini untuk di terapkan pada bangunan kita. Benar penggunaan kolom kolom bisa di lakukan untuk menghadirkan kesan atraktif pada bangunan dan menghilangkan kesan monoton dari penampang atap.

macam macam bentuk atap melengkung
macam bentuk atap melengkung

12. Atap melengkung sebahagian dengan kolom


Model implementasi lain dari poin 11 kita sebelumnya adalah seperti pada contoh kita di bawah ini, telah lebih jauh di eksplorasi dan di kombinasikan dengan bahan bahan lainnya sehingga tampilan dan desainnyapun menjadi jauh lebih baik, meskipun metoda capaian bentuk secara hakikatnya adalah sama saja dengan poin kita sebelumnya.

macam macam bentuk atap melengkung
macam bentuk atap melengkung

LIHAT SEMUA KATEGORI ARTIKEL DI SINI

Model rumah minimalis 2019
jasa arsitek dan kontraktor Makassar 
Melayani seluruh indonesia 
Hubungi WA:081241644892 
untuk berbagai contoh desain lainnya:
DAFTAR LENGKAP DESAIN RUMAH MINIMALIS TERBARU


Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days