LINGKAR WARNA: Teknik " penyajian " portofolio desain arsitektur yang efektif dan informatif Teknik " penyajian " portofolio desain arsitektur yang efektif dan informatif ~ LINGKAR WARNA

Tuesday, October 20, 2015

20 oktober 2015

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

If you have a good portofolio you will easily stand out

Pada pembahasan ini " penyajian " yang di maksud pada tag judul tidak merujuk pada teknik layout-nya tetapi lebih kepada konten seperti apa yang sebaiknya kita tampilkan dalam portofolio arsitek kita dan bagaimana sebuah gambar bisa mewakili beberapa informasi yang ingin kita sampaikan.






Adapun informasi yang kami rekomendasikan ada dalam portofolio antara lain adalah

Yang pertama. Software skills- lebih kepada pemahaman tentang software, fungsi fungsi yang ada di dalam sebuah software, bisa di bilang objektifitas tentang sofware lah atau pengetahuan pengetahuan tentang fungsi tools yang ada di dalam interface sebuah software. Contohnya:
Adobe photoshop, Adobe ilustrator, Autodesk autocad, Autodesk revit, Autodesk BIM, Autodesk ecotec , Autodesk 3ds max, mentalray, vray, google skecthup dll

Yang kedua. Graphic skills- kalau pada point pertama tadi kita berbicara mengenai pengetahuan tools software maka pada poin kedua ini maksudnya lebih ke pada ilmunya, kepahaman tentang seluk beluk teknik menggambar, maping,membuat konsep diagram, hand sketching, pemahaman rendering, pengkomposisian, pemahaman 3d modeling, fotography dll

Yang ketiga. Technical understading- merujuk kepada pengetahuan teknis seperti, struktur, detail, mekanikal elektrikal, plumbing, lighting, material dan lainnya

Yang keempat. Design interest- lebih kepada spesifikasi desain yang anda geluti misalnya, housing, masshousing, rumah sakit, hotel, resort, cafe and resto, green arsitektur, substainability,  kompetisi dan lain sebagainya.

Yang kelima. Others- yang lainnya semisal contoh desain anda yang telah terbangun, penghargaan award yang mungkin pernah anda terima, atau pekerjaan anda yang pernah di publikasikan di media seperti televisi dan surat kabar.

Berikutnya bagaimana informasi informasi di atas di tampilkan dalam sebuah portofolio? berikut contoh gambar portofolio yang peratama. ( lihat juga artikel populer lainnya Contoh desain curriculum vitae cv kreatif dan Mengenal diagram konsep desain arsitektur )

Teknik penyajian portofolio desain arsitektur
Alex hogrefe_visualizingarchitecture
Gambar di atas menunjukkan kepahaman sang arsitek dalam skala macro, skala yang lebih luas, kemampuan menganalisa "lingkungan" dan hal ini juga menunjukkan kemampuan yang lebih kompleks.

Teknik penyajian portofolio desain arsitektur
Alex hogrefe_visualizingarchitecture
Gambar di atas menunjukkan ke kokohan pemahaman terhadap komposisi bangunan dalam skala site atau tapaknya. Memberikan informasi yang jelas tentang desain yang di usung yaitu neoplastisime, fakta ini menunjukkan sang arsitek tidak hanya memahami sejarah arsitektur dan teori teori yang berkenaan dengannya tetapi juga mampu meng implementasikannya.

Teknik penyajian portofolio desain arsitektur
Alex hogrefe_visualizingarchitecture
Gambar di atas menginformasikan setidaknya yang pertama pemahan akan desain interior, teknik fotografi, 3d software, kemampuan rendering sampai dengan pemahaman struktur dan detail sang arsitek.

Teknik penyajian portofolio desain arsitektur
Alex hogrefe_visualizingarchitecture

Terkadang menampilkan sketsa tangan, juga memberikan informasi yang baik mengenai kemampuan dan skil yang kita miliki. Dan sering kali sketsa tangan di gunakan sebagai alat ukur yang tepat kepada pemahaman desain seseorang arsitek.

Demikin untuk saat ini, semoga bermanfaat. (cnk)


akses terus ribuan informasi arsitektur terupdate!
GABUNG KOMUNITAS BERBAGI MODEL RUMAH MINIMALIS 2019 KLIK DI SINI UNTUK BERGABUNG !!!!



Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days

Popular Posts All time