LINGKAR WARNA: Mengukir sejarah, 3d printing for construction pertama di dunia!!! Mengukir sejarah, 3d printing for construction pertama di dunia!!! ~ LINGKAR WARNA -->

Wednesday, November 11, 2015

11 november 2015

Bismillahirrahmanirrahim

 - بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

3d printing construction technology

3d printing adalah hal yang sangat baru di bidang konstruksi tetapi bukanlah hal baru di bidang lainnya, teknologi ini telah lama digunakan dalam industri penerbangan, otomotif, arsitektur bahkan fashion. Didalam industri penerbangan 3d printing digunakan untuk membuat mokap modeling dengan skala nyata untuk sebuah bagian model pesawat dan bahkan bagian dari pesawat itu sendiri.

3d printing for construction pertama di dunia
printed house: image courtesy by slashgear







Dalam bidang otomotif teknologi ini juga terus di kembangkan untuk bisa menjawab kebutuhan produksi yang lebih efisien namun tetap efektif dan fungsional. Adalah Oak Ridge National Laboratory yang berbasis di U.S America sangat berfokus mengembangkan teknologi ini di bidang otomotif, adapun dalam bidang arsitektur teknologi ini telah ramai di gunakan untuk pembuatan miniatur bangunan dan yang sejenisnya.


Barulah sekitar awal tahun 2014  lalu beberapa negara merilis tentang pengembangan teknologi ini untuk kebutuhan  konstruksi dan di antara yang paling maju dalam bidang ini adalah cina. Pada 29 maret 2014 lalu sebuah perusahaan konstruksi bernama WinSun Decoration Design Engineering Co. telah menyelesaikan 10 rumah 3d printing, dimana masing masing rumah berluasan kurang lebih 200 m2, terletak di shanghai china. Bangunan bangunan tersebut di kerjakan secara keseluruhan berbahan beton dengan menggunakan sebuah 3d printing raksasa, dan masing masing rumah membutuhkan biaya sekitar 4800 dolar.



Hanya berselang 10 bulan lamanya di atas tanah seluas 11,840 kaki persegi perusahaan yang sama yaitu WinSun Decoration Design Engineering Co mengumumkan bahwa mereka  telah menyelesaikan sebuah apartemen 5 lantai yang merupakan bangunan 3d printing tertinggi pertama di dunia dan sebuah villa yang juga merupakan sebuah villa 3d printing pertama di dunia.

apartment dan villa: image courtesy by 3ders



Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days