LINGKAR WARNA: Mengenal sang arsitek Mahmoud Bodo Rasch!!! Mengenal sang arsitek Mahmoud Bodo Rasch!!! ~ LINGKAR WARNA -->

Monday, December 21, 2015

Mahmoud Bodo Rasch image courtesy by skyscrapercity

Mahmoud Bodo Rasch lahir 12 mey 1943 adalah seorang arsitek yang berasal dari jerman,  iya sangat ahli pada bidang konstruksi, terutama konstruksi payung raksasa dan struktur ringan. Iya adalah pendiri dan pemilik dari SL Rasch GmbH Special and Lightweight Structures yang kantor cabangnya berada di beberapa kota seperti Leinfelden,Echterdingen, Jeddah, Mecca and Medina. 





Ada cerita yang unik mengenai Mahmoud Bodo Rasch yaitu kisah praktek arsitekturnya, di ceritakan gaya tipikal beliau dalam mendesain adalah dengan menggabungkan dua referensi literature dalam satu desain yaitu literature modern dan literature classic atau kuno, dan salah satu rujukan beliau untuk literature kuno adalah al-quran, ia menemukan bahwa di dalam al-quran banyak kisah kisah terdahulu yang di ceritakan dimana iya berusaha menarik kisah kisah tersebut kedalam sisi arsitekturnya, misalnya saja adanya kaum di masa terdahulu yang membangun rumahnya dengan mengukir tebing tebing batu.

rumah kaum tsamud image courtesy by kompasiana


Pada suatu waktu dia menginginkan sesuatu yang lebih berbeda, dan menemukan ayat ayat yang menceritakan tentang surga di dalam al quran, dimana di dalam al quran sering kali di ceritakan bahwa terdapat sungai sungai yang mengalir di bawah surga, hal ini memancing ide beliau untuk mendesain sebuah bangunan rumah di mana iya mengganti seluruh lantai keramiknya dengan kaca, lalu meletakkan air yang mengalir di bawahnya.


ilustrasi image courtesy by vustudents
Setelah tiga bulan mengerjakan projek tersebut di jerman, 2 bulan lamanya iya berkeliling eropa untuk memperkenalkan ide tersebut dan hasinya orang orang mulai menerimanya, lelah setelah dua bulan perjalanan iya kembali ke jerman, setibanya di bandara iya tak langsung ke rumahnya tetapi menyempatkan diri untuk singgah ke rumah contoh tersebut, menyalakan semua lampu termaksud kontrol terhadap air mengalir di bawah lantai bangunan tersebut, duduk menghadap dinding ruang tamu iya merasakan kelelahan panjangnya berangsur angsur pulih.

Mahmoud Bodo Rasch image courtesy by skyscrapercity

Sangat tertarik dengan kejadian tersebut iya pun memperhatikan desain ruangan tersebut, apa gerangan yang membuatnya berbeda, iya mendapatkan seluruh desain biasa saja sama dengan yang lainnya kecuali lantai dan air yang mengalir di bawahnya, diapun akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang muslim karena kejadian ini, masya allah!!! dan mau tau arsitek yang bertanggung atas pembangunan makkah dan madinah? dialah orangnya! semoga bermanfaat!!!



Author

My photo
Ali Said, ST
ali said adalah lulusan arsitektur universitas hasanuddin tahun 2010, sehari hari bekerja sebagai profesional arsitek, lebih khusus mendesain rumah dan perumahan, di sela sela kesibukannya juga aktif menulis sebagai blogger desain dan arsitektur

Daftar Isi

Lingkar Media. Powered by Blogger.

Popular Posts 7 days